Sukses

Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan Tubuh Anda

Tak hanya dapat menambah rasa pada kue, baking soda ternyata juga berkhasiat. Yuk, cari tahu apa saja manfaat baking soda untuk kesehatan!

Suka membuat kue? Jika ya, Anda pasti sudah tidak asing dengan baking soda. Bubuk ini sering digunakan untuk mengembangkan adonan. Tidak hanya itu, baking soda ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan, lho!

Mineral sodium bikarbonat alami yang sering disebut sebagai baking soda telah lama digunakan untuk membersihkan perabot rumah tangga dan memutihkan gigi. 

Di samping itu, baking soda juga dapat menyehatkan tubuh Anda apabila dicampur dengan air putih.

Berikut ini beberapa manfaat baking soda apabila dikonsumsi dengan campuran air putih:

1. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Punya masalah perut pada pagi hari? Anda dapat meredakan keluhan tersebut dengan mencampurkan 1 sendok teh baking soda dengan 1 gelas air setiap pagi. 

Larutan tersebut akan menjaga pH (keasaman) yang sehat pada sistem pencernaan, meminimalkan gas lambung, serta menunjang pergerakan usus yang lebih baik.

Artikel Lainnya: Apa Benar Baking Soda Bisa Atasi Bau Mulut?

1 dari 4 halaman

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Fungsi jantung yang terganggu dapat menyebabkan berbagai keluhan pada tubuh, salah satunya cepat lelah. Pada kasus yang parah, kondisi tersebut juga dapat menyebabkan penyakit jantung.

Guna menurunkan risiko kondisi tersebut, Anda dapat mengonsumsi baking soda yang dicampur air putih. Caranya, campurkan 1 sendok teh baking soda dengan 1 gelas air. Konsumsi secara rutin dan teratur untuk mendetoksifikasi dan mengoptimalkan sirkulasi darah.

3. Mengurangi Rasa Kembung

Sering mengalami perut kembung? Jangan buru-buru minum obat. Anda dapat mengatasi kondisi tersebut mengonsumsi ramuan baking soda. Caranya, campurkan 1 sendok teh baking baking soda dengan tiga per empat gelas air putih. 

Artikel Lainnya: Fakta Penggunaan Baking Soda untuk Hilangkan Jerawat

2 dari 4 halaman

4. Memelihara Kesehatan Ginjal

Sebuah studi di Royal London Hospital melakukan uji coba terhadap 134 pasien yang dirawat karena penyakit ginjal kronis. Pasien tersebut diberikan racikan baking soda secara rutin setiap hari. 

Hasilnya, pasien gangguan ginjal kronis mengalami penurunan keparahan penyakit setelah diberikan racikan baking soda

Manfaat tersebut dirasakan berkat mencampurkan 1 sendok teh baking soda dengan segelas air, yang disebut dapat menjaga keseimbangan hormon, mengatur pH tubuh, meningkatkan asupan nutrisi, dan kualitas aliran darah,

5. Menjadi Obat Kumur

Sudah banyak orang yang menggunakan baking soda sebagai obat kumur, karena dapat menyegarkan mulut sekaligus bersifat antibakteri dan antimikroba. 

Jika tertarik dengan khasiatnya sebagai obat kumur, Anda dapat mencampurkan setengah sendok teh baking soda dengan setengah gelas air hangat. Aduk hingga merata, dan gunakan untuk berkumur.

Artikel Lainnya: Mau Obati GERD dengan Baking Soda, Cek Dulu Keamanannya

3 dari 4 halaman

6. Meredakan Sariawan

Penelitian menunjukkan, berkumur dengan baking soda dapat meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh sariawan.

Manfaat tersebut bisa Anda rasakan dengan mencampurkan setengah sendok teh baking soda dengan setengah gelas air hangat. Aduk hingga larut, dan gunakan sebagai cairan berkumur. Lakukan sehari sekali hingga sariawan sembuh.

7. Memutihkan Gigi

Studi menunjukkan, pasta gigi yang mengandung baking soda dapat memutihkan sekaligus membersihkan plak gigi.

Hal tersebut karena baking soda memiliki sifat abrasif ringan yang dapat memecah molekul pigmentasi pada gigi. 

Baking soda juga bersifat antibakteri dan antimikroba, yang dapat melawan kuman berbahaya dalam mulut.

8. Meningkatkan Stamina

Saat berolahraga intensitas tinggi, otot memproduksi asam laktat yang menjadi penyebab munculnya sensasi terbakar. Asam laktat ini akan menurunkan kadar pH dalam sel dan menyebabkan otot menjadi letih. 

Nah, baking soda memiliki pH yang tinggi sehingga dapat menunda keletihan otot akibat hal tersebut.

9. Menghambat Progres Gagal Ginjal Kronis

Ginjal merupakan organ tubuh yang penting, karena berfungsi untuk membuang "limbah" dan sisa cairan dari darah. Pada orang-orang dengan gagal ginjal kronis, fungsi tersebut mengalami gangguan. 

Salah satu cara yang disebut dapat membantu mengembalikan fungsi tersebut adalah dengan memanfaatkan baking soda, karena disinyalir dapat menghambat perkembangan penyakit gagal ginjal kronis. 

Tertarik dengan fungsi baking soda untuk menyehatkan tubuh? Cobalah berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter agar Anda mengetahui takaran yang tepat dalam meraciknya. Anda dapat memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter untuk bisa berkonsultasi langsung dengan dokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar