Sukses

Membiarkan Ayah Mengasuh Bayi Baru Lahir, Amankah?

Mengasuh bayi juga menjadi tugas seorang ayah. Tapi, amankah membiarkan ayah mengurus bayi yang baru lahir?

Klikdokter.com, Jakarta Bayi yang baru lahir perlu mendapat perlakuan khusus, yaitu dengan dengan pola asuh yang baik dan benar. Pengetahuan tentang hal tersebut biasanya sudah dimiliki oleh seorang ibu, bahkan sejak bayi masih berada di dalam kandungannya. Lantas, apa jadinya bila sang ayah yang harus mengasuh bayi baru lahir?

Berdasarkan penjelasan dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, pengasuhan bayi baru lahir oleh ayah sebenarnya aman-aman saja, asalkan sang ayah sudah memiliki pengetahuan dasar tentang hal tersebut.

"Jika misalnya si ayah sudah terlatih, itu seharusnya aman-aman saja. Misalnya, terlatih dalam arti tahu cara gendong yang benar, terus kalau ganti popok apa yang harus diperhatikan,” kata dr. Sepri

“Lalu, saat memberikan ASI perah atau susu, apa yang harus diperhatikan, misalnya posisi dan seberapa banyak, serta tanda kecukupan ASI. Kalau secara umum sudah tahu hal-hal itu, seharusnya aman," lengkapnya.

Di sisi lain, dr. Sepri juga mengatakan, jika sang ayah tidak memiliki pengetahuan dasar tentang cara mengasuh bayi yang benar, maka hal itu akan menjadi sesuatu yang berbahaya.

"Disarankan bagi ayah, lebih baik pada trimester ketiga kehamilan istrinya si ayah ikut kelas perawatan bayi," jelas dr. Sepri.

Tips menjadi ayah zaman now

Dengan terbukanya akses internet dan jejaring informasi yang begitu luas, seorang pria yang akan menjadi ayah seharusnya bisa mengetahui dasar-dasar mengasuh bayi. Ayah "zaman now" bisa melihat dari media sosial, seperti youtube, atau dengan membuka media-media kesehatan yang membahas mengenai cara mengasuh bayi yang tepat.

Tak cuma itu, calon ayah juga perlu menanamkan keberanian yang lebih tinggi. Hal ini bertujuan agar nantinya sang ayah berani menggendong bayi dan menggantikan popoknya.

Selain itu, para ayah baru juga perlu tahu teknik mengajak buah hati berbicara dan bercanda, membacakan buku cerita, serta memandikannya. Kemudian, mengingatkan untuk kontrol rutin, mengingatkan jadwal vaksin, hingga terus mendukung dan mendampingi serta menyemangati sang istri saat menyusui.

Jika dalam prosesnya sang ayah mengalami satu atau dua kali kesalahan, hal itu tidaklah menjadi persoalan besar. Namanya belajar, Anda pasti akan melakukan kesalahan, yang nantinya bisa dikoreksi sehingga bisa tepat dan benar.

Satu hal yang perlu diingat dan diperhatikan, pengasuhan bayi adalah tanggung jawab kedua belah pihak: ayah dan ibu. Jadi, meski lebih dibebankan pada ibu, bukan berarti sang ayah tidak memberikan kontribusi sama sekali terkait dengan mengasuh si Kecil.

Jika Anda adalah pria yang baru saja menjadi ayah dan tak punya dasar-dasar pengetahuan tentang cara mengasuh bayi, segeralah untuk belajar dari mereka yang lebih berpengalaman ditambah dengan mencari informasi secara mandiri tentang hal tersebut. Dengan cara ini, Anda juga bisa memberikan kontribusi penuh dalam proses pertumbuhan bayi hingga ia dewasa nanti. Ingat, mengasuh bayi dengan benar adalah salah satu cara yang bisa ayah lakukan untuk meningkatkan ikatan dengan sang buah hati.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar