Sukses

Rahasia Mata Sehat dan Cerah Bagaikan Mata Najwa Shihab

Anda ingin memiliki mata sehat dan indah seperti mata Najwa Shihab? Coba lakukan tips berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Nama Najwa Shihab belakangan menjadi perbincangan hangat setelah diproyeksikan menjadi moderator debat calon presiden putaran kedua pada 17 Februari. Akan tetapi, hal ini menuai polemik karena salah satu kubu menilai dirinya tidak memiliki independensi. Ngomong-ngomong soal Najwa Shihab, selain dikagumi karena kepintarannya, wanita 41 tahun kelahiran Makassar ini juga memiliki fitur mata yang sehat, cemerlang dan indah. Tak mengherankan jika akhirnya keindahan mata wanita ini diabadikan sebagai judul acara bincang-bincang yang dipandunya, Mata Najwa.

Ya, kecantikan Najwa yang paling kentara dan membuatnya dengan mudah diingat adalah matanya yang indah. Anda yang sering menonton acaranya tentu tahu pasti, matanya yang tajam bersinar menyorot narasumber, berusaha mengulik lebih dalam. Siapa pun yang melihatnya mungkin bisa “tersihir”.

Nah, jika Anda ingin memiliki mata yang sehat nan cerah seperti mata Najwa, lakukan tips berikut:

1. Rutin memeriksa mata

Cara paling utama - tapi biasanya malas dilakukan - adalah dengan memeriksakan mata secara rutin. Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, lakukan pemeriksaan mata setiap 6 bulan sekali. Tidak semua penyakit mata memiliki keluhan, seperti glaukoma yang sering kali tidak menimbulkan gejala. Dengan pemeriksaan mata rutin, penyakit mata dapat terdeteksi sejak dini.

2. Istirahatkan mata

Jika Anda setiap hari harus bekerja di depan laptop atau komputer, Anda harus mengistirahatkan mata lebih sering. Seperti yang dianjurkan oleh American Academy of Dermatology, lakukan aturan 20/20/20, yakni setiap 20 menit alihkan pandangan Anda sejauh 20 kaki (sekitar sejauh 6 meter) selama paling tidak 20 detik.

Selain itu, jangan terlalu lama bermain gadget. Saat bermain gadget, atur cahayanya dengan meredupkan layar agar tidak terlalu terang.

3. Atur pola makan

Mengatur pola makan untuk menunjang kesehatan juga penting. Menurut dr. Nadia, pastikan piring makan Anda terisi dengan makanan yang mengandung asam lemak omega-3, lutein, zink, vitamin C, dan vitamin E agar Anda terhindar dari berbagai penyakit mata.

Anda bisa mendapatkan zat-zat tersebut dari sayuran hijau (seperti bayam, kangkung), ikan yang tinggi omega-3 (seperti salmon dan tuna), telur, kacang-kacangan, serta buah-buahan (seperti lemon, jeruk, atau stroberi).

4. Pakai kacamata hitam

Bukan untuk sok-sokan, kacamata hitam ternyata penting juga, terutama saat kondisi matahari sangat terik. Menurut dr. Jessica Florencia dari KlikDokter, radiasi sinar matahari dapat menyebabkan katarak pada mata berkembang lebih cepat. Untuk itu, jika Anda berada di luar ruangan, gunakanlah kacamata anti UV yang melindungi diri dari UVA dan UVB.

5. Berhenti merokok

Bagi Anda para perokok, hentikan kebiasaan tersebut, supaya mata Anda sehat dan terlihat cerah. Merokok dapat mempercepat terjadinya katarak dan menyebabkan keluhan mata kering serta tidak nyaman. Pengaruh asap rokok  juga membahayakan pembuluh darah retina sehingga dapat mengakibatkan kebutaan.

6. Jangan sepelekan keluhan mata

Jika ada masalah dengan mata, meskipun ringan, jangan disepelekan. Misalnya, keluhan mata gatal dan merah yang berlangsung lama. Hindari menggosok-gosok mata jika keluhan terus mengganggu, dan segeralah ke dokter mata untuk didiagnosis.

7. Gunakan kacamata pelindung

Bagi Anda yang pekerjaannya bersentuhan dengan bahan-bahan kimia atau alat-alat yang membahayakan mata, gunakanlah kacamata pelindung untuk menghindari trauma fisik atau kimia yang dapat menyebabkan kebutaan. Bahkan ketika sedang memotong kayu di rumah dengan gergaji sekalipun, sangat disarankan untuk mengenakan kacamata pelindung.

Selain beberapa cara di atas, pastikan juga waktu tidur Anda cukup supaya mata tidak kelihatan layu. Itulah beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata agar Anda bisa mendapatkan mata sehat dan cerah bagaikan mata Najwa Shihab. Jika ada merasakan keluhan mata yang mengganggu konsultasikan ke dokter mata sesegera mungkin untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar