Sukses

Agar Makin Bugar, Ahok Bisa Lakukan 5 Olahraga Ini

Setelah bebas dari penjara, Ahok bisa meneruskan kebiasaan berolahraga. Ini deretan olahraga yang bisa ia lakukan agar makin bugar.

Klikdokter.com, Jakarta Hari Kamis ini (24/1) mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau akrab disapa Ahok, resmi keluar dari rumah tahanan Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, setelah menjalani masa tahanan hampir 2 tahun. Selama masa tahanan tersebut, Ahok diketahui memiliki kebiasaan melakukan olahraga favoritnya.

Pernyataan bahwa Ahok menghabiskan masa tahanan dengan rutin berolahraga dilontarkan oleh kakak angkatnya, Nana Riwayatie.

"Tambah keren sekarang badannya. Sudah enggak ada perutnya. Rajin olahraga. Apalagi dia kan tinggi ya. Keren jadinya," ujar Nana kepada Liputan6.com beberapa waktu silam.

Setelah bebas dan bisa menghirup udara segar, kebiasaan sehat Ahok kala di penjara tentu bisa diteruskan. Bahkan, ia akan semakin bugar dan fit karena bisa melakukan beragam olahraga kesukaannya.

Adapun beberapa pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh pria berusia 53 tahun ini, agar tubuhnya makin sehat dan bugar, yaitu:

  1. Jalan kaki

Olahraga yang murah dan mudah ini banyak digemari, terutama oleh mereka yang berusia lebih tua. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa berjalan kaki selama 1 jam mampu meningkatkan usia harapan hidup hingga 2 jam.

Selain itu, berjalan kaki juga merupakan bentuk olahraga aerobik sehingga bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran, khususnya ketahanan jantung dan paru. Olahraga sederhana ini bahkan bisa membantu mengurangi nyeri sendi.

  1. Bersepeda

Aktivitas sehat ini bisa dilakukan Ahok sambil keliling Jakarta, sambil menikmati hasil kerja kerasnya saat masih menjabat menjadi gubernur. Bersepeda itu sendiri, menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, bisa membantu menurunkan berat badan, menekan risiko penyakit jantung, meningkatkan kualitas tidur dan kesehatan otak, serta mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Yoga

Jenis olahraga relaksasi yang satu ini juga dirasa cocok untuk Ahok. Yoga memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh bagian luar maupun dalam. Menurut penelitian, yoga bisa membantu menurunkan berat badan, mengencangkan otot, memperbaiki stamina dan kesehatan tulang, serta mengatasi nyeri punggung kronis. Di samping itu, yoga juga bisa membantu mengusir stres. Dengan melakukan yoga, keseimbangan antara tubuh dan pikiran bisa dicapai.

  1. Meditasi

Aktivitas yang dilakukan dengan duduk diam, memusatkan pikiran dan perasaan ini ternyata juga mendatangkan sederet manfaat bagi kesehatan tubuh. Menurut dr. Nadia, salah satu manfaat meditasi rutin yang paling kelihatan adalah menurunkan tekanan darah.

Lebih dari itu, berdasarkan tinjauan the American Heart Association (AHA), meditasi juga dapat menjadi terapi tambahan untuk pasien hipertensi alias tekanan darah tinggi.

  1. Berenang

Berenang mungkin menjadi salah satu olahraga yang tidak bisa dilakukan Ahok ketika berada di dalam penjara. Setelah bebas, ia mungkin akan segera melakukan olahraga air ini.

Selain menyenangkan, berenang juga memiliki segudang manfaat sehat. Berdasarkan keterangan dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, olahraga air ini dapat membantu menangani penyakit kronis, misalnya peradangan sendi yang biasanya menyerang pria dan wanita berusia di atas 55 tahun.

Tak sekadar itu, berenang juga bisa menguatkan tulang, menurunkan risiko penyakit jantung koroner, mengurangi risiko diabetes, meningkatkan kapasitas serta volume paru-paru, dan memperpanjang usia.

Itulah beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan Ahok dalam menyambut hidup barunya setelah selama beberapa waktu dipenjarakan. Kebiasaan olahraga yang juga sudah rutin dilakukannya selama dalam penjara, tentu tidak boleh berhenti. Kini, dengan waktu yang lebih fleksibel, mantan Bupati Belitung Timur itu bisa lebih leluasa memilih jenis olahraga yang dilakukannya agar tubuhnya terus sehat dan bugar.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar