Sukses

Tips Atasi Nyeri Payudara Saat Hamil

Anda mengalami nyeri payudara saat hamil? Lakukan kiat berikut agar nyeri berkurang dan Anda merasa lebih nyaman.

Klikdokter.com, Jakarta Anda mengalami nyeri payudara saat hamil? Jika ya, Anda tak sendirian. Payudara terasa nyeri merupakan salah satu keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil. Sebuah survei menemukan bahwa satu dari tiga ibu hamil menyatakan pernah merasakan payudaranya sakit selama kehamilan.

Nyeri payudara bisa mulai terjadi sejak kehamilan minggu pertama atau kedua. Hal ini berarti keluhan nyeri tersebut bisa dirasakan mulai dari sebelum Anda mengetahui diri Anda sedang mengandung. Keluhan tersebut mirip dengan nyeri payudara yang kadang dialami wanita jelang menstruasi.

Beda nyeri payudara saat hamil dan sebelum haid

Namun, nyeri payudara saat hamil dan sebelum haid berbeda. Yang membedakan keduanya adalah intensitas dan durasi nyeri. Rasa sakit di payudara saat hamil umumnya memiliki intensitas yang lebih tinggi dibandingkan saat menjelang haid. Selain itu, durasi nyerinya tak hanya berlangsung selama 2-3 hari seperti saat premenstrual syndrome (PMS).

Durasi nyeri payudara saat hamil berbeda-beda pada tiap orang. Sebagian ibu hamil mengalaminya hingga kehamilan 7-8 minggu. Namun, ada pula ibu hamil yang mengalaminya secara hilang timbul hingga pada kehamilan trimester tiga.

Keluhan payudara nyeri saat hamil terjadi akibat peningkatan hormon estrogen dan progesteron yang dimulai sejak awal kehamilan. Meski kadang nyeri itu agak mengganggu, sebetulnya hal yang baik sedang terjadi. Payudara Anda sedang dipersiapkan untuk dapat menyusui bayi saat sudah lahir. Aliran darah yang menuju ke payudara bertambah, lapisan lemak di payudara menjadi lebih tebal, saluran air susu ibu menjadi lebih banyak dan lebih lebar.

1 dari 2 halaman

Kiat mengurangi nyeri payudara

Namun demikian, jika Anda merasa sangat tidak nyaman dengan keluhan nyeri di payudara saat hamil, ada beberapa kiat yang dapat dilakukan untuk meringankan keluhan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Ganti ukuran bra secara berkala saat hamil

Saat hamil, payudara akan bertambah besar dari waktu ke waktu. Agar payudara Anda tersangga dengan baik, gantilah ukuran bra secara berkala seiring bertambahnya ukuran payudara. Saat mengukur bra yang baru, bukan hanya lingkar dadanya yang harus diperhatikan, melainkan cup payudaranya juga. Pilihlah bra dengan ukuran lingkar dada dan cup yang tepat. Dengan demikian, payudara tersangga dengan baik dan nyeri akan terasa lebih ringan.

  1. Hindari bra yang menggunakan kawat

Bra yang menggunakan kawat memang cenderung bisa membentuk payudara dengan lebih indah dipandang. Namun kawat tersebut menyebabkan bra menjadi kurang lentur. Ini dapat memperberat rasa sakit pada payudara saat hamil. Jadi sebaiknya hindari penggunaan bra berkawat. Lebih baik gunakan sport bra karena memberikan topangan yang baik pada payudara dalam berbagai aktivitas.

  1. Tetap gunakan bra saat tidur

Saat tidak hamil, ahli merekomendasikan untuk tidak menggunakan bra saat tidur agar memberikan kesempatan bagi payudara dan kulit mendapatkan sirkulasi udara dan darah yang lebih baik. Hal ini tidak berlaku bagi ibu hamil. Saat hamil, justru sebaiknya bra tetap digunakan saat tidur untuk mengurangi gesekan pada payudara jika Anda berpindah posisi saat tidur.

  1. Kompres dengan air hangat

Untuk membuat diri Anda lebih nyaman, Anda dapat mengompres payudara dengan air hangat jika nyeri terasa sangat mengganggu. Alternatif lain, Anda juga bisa berendam atau mandi air hangat untuk meredakan nyeri.

  1. Bicarakan cara hubungan intim dengan pasangan

Jika hubungan intim yang melibatkan sentuhan atau kontak dengan payudara membuat Anda semakin merasa nyeri atau tidak nyaman, bicarakan hal tersebut dengan pasangan Anda. Diskusikan bersama-sama mengenai hal yang nyaman untuk dilakukan oleh kedua belah pihak selama proses kehamilan berlangsung.

  1. Gunakan breast pad

Terkadang, nyeri payudara terjadi akibat iritasi puting susu atau kulit payudara akibat ASI yang merembes. Jika ini yang terjadi, tempelkan breast pad di bagian dalam bra Anda untuk menyerap ASI dan membuat kulit payudara tidak menjadi terlalu lembap.

Nyeri payudara saat hamil bisa dibilang hal yang tak dapat dihindari karena merupakan proses alamiah selama kehamilan. Namun, Anda dapat melakukan kiat di atas agar nyeri payudara selama hamil tak terlalu mengganggu aktivitas Anda.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar