Sukses

Harga Anjlok, Manfaat Buah Naga Tetap Selangit

Petani buah naga di Banyuwangi, Jawa Timur, meradang karena harga buah ini di pasaran anjlok. Meski begitu manfaat buah naga tetap selangit!

Klikdokter.com, Jakarta Petani buah naga di Banyuwangi, Jawa Timur, merugi hingga puluhan juta rupiah akibat harga buah yang anjlok di pasaran. Ada lima kecamatan yang sedang panen raya secara bersamaan. Menurut data dari Dinas Pertanian Banyuwangi, produksi buah naga memang terus meningkat. Akibat panen besar ini, harga pun terjun bebas.

Dilansir dari berbagai sumber, buah tersebut di tingkat petani hanya dihargai sebesar Rp1.500-Rp.2.000 per kilogram. Padahal, menurut pengakuan dari petani, mereka baru bisa untung jika pengepul berani membeli seharga Rp.6.500 per kilogram.

Sebagai bentuk protes, petani membuang buah naga panenannya ke sungai. Tak hanya itu, mereka pun menjadikan buah naga yang “tidak berharga” sebagai pakan sapi. Namun di luar harganya yang tengah anjlok, nutrisi dan manfaat buah naga tak pernah anjlok. Tetap selangit!

Meski harga anjlok, tapi manfaat buah naga tetap selangit!

Di luar dari anjloknya harga buah naga, sebagai konsumen, Anda mungkin bisa memanfaatkan kesempatan ini. Anda bisa menyetok banyak buah naga di rumah karena harganya yang sedang murah dan dijual di mana-mana seperti di pasar, swalayan, hingga tukang buah pinggir jalan. Pasalnya, buah naga memiliki manfaat yang banyak sekali untuk kesehatan.

Manfaat Buah Naga

Dipaparkan oleh dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, berikut ini adalah manfaat buah naga yang bisa Anda petik.

1. Sumber antioksidan

Buah dengan kulit merah ini merupakan sumber antioksidan alami yang baik untuk menangkal radikal bebas. Kandungan karoten buah naga punya fungsi sebagai antikarsinogen, yang berarti bisa membantu mencegah terjadinya kanker.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sama seperti jeruk, buah naga mengandung kadar vitamin C yang cukup tinggi. Hasilnya, buah naga dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Kekebalan tubuh yang baik tentu akan membuat orang-orang yang mengonsumsi buah naga terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Tak hanya vitamin C, buah naga juga mengandung beberapa vitamin lainnya, seperti vitamin B1, B2, dan B3 yang bermanfaat untuk kesehatan kulit, menjaga kadar kolesterol, tekanan darah dan fungsi tiroid.

3. Meningkatkan fungsi pencernaan

Buah naga kaya akan serat yang bermanfaat untuk pencernaan. Serat berfungsi untuk melancarkan pencernaan, merangsang gerakan peristaltik usus, dan melancarkan buang air besar.

4. Meningkatkan metabolisme tubuh

Buah naga termasuk dalam jajaran buah yang kaya akan protein. Protein merupakan salah satu nutrisi esensial yang diperlukan oleh tubuh.

Jika biasanya protein didapatkan dari telur atau sumber makanan hewani lainnya, ternyata buah naga menyediakan protein yang baik. Protein yang dimetabolisme oleh tubuh dapat mempercepat perbaikan sel dan metabolisme, serta meningkatkan massa otot. Tak hanya itu, protein juga bermanfaat untuk kesehatan gigi, rambut, tulang, pembuluh darah, dan jaringan tubuh.

5. Antibakteri dan antijamur

Jika kekebalan tubuh Anda meningkat, maka Anda pun dapat terhindar dari infeksi bakteri dan jamur. Selain itu, buah naga juga dapat berfungsi untuk meregenerasi sel dan mempercepat penyembuhan luka.

Anjloknya harga buah naga di kalangan petani akibat panen raya memang membuat banyak petani di Banyuwangi merugi. Namun, di sisi lain, dengan harganya yang sedang turun, Anda bisa menyetok buah naga sebanyak-banyaknya untuk dimasukkan ke dalam menu sehat harian Anda dan keluarga. Mungkin saja, dengan permintaan konsumen yang tinggi, harga buah naga akan kembali stabil. Jangan lupa untuk mengombinasikannya dengan makanan sehat bergizi seimbang lainnya, ya!

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar