Sukses

4 Makanan Sehat Ini Efektif Mencegah Kanker Usus

Mencegah kanker usus bisa lewat apa yang Anda konsumsi. Jadi, pastikan Anda mengonsumsi makanan sehat, seperti deretan makanan berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Kanker usus belakangan kembali menjadi perbincangan setelah istri Ustaz Maulana meninggal karena penyakit tersebut pada Minggu (20/1). Tapi tahukah Anda, dalam memerangi penyakit ini, makan lebih sedikit lemak jenuh dan mengonsumsi makanan sehat adalah kuncinya.

Hingga kini memang belum diketahui secara pasti apa penyebab utama kanker usus. Menurut dr. Atika dari KlikDokter, kanker usus bisa disebabkan oleh banyak faktor, tapi faktor utama yang paling mungkin memicunya adalah faktor genetik.

Selain faktor genetik atau keturunan, faktor lingkungan juga berperan sangat besar, dalam hal ini adalah pola makan. Anda yang sering mengonsumsi daging merah dan lemak hewani, serta kurang mendapatkan serat lewat asupan sayuran maupun buah-buahan akan sangat rentan terkena kanker usus.

Terkait daging merah, makanan ini memang merupakan salah satu penyebab tersering kanker usus. Perlu Anda ketahui, daging merah memiliki kandungan lemak yang tinggi.

Jenis lemak ini dapat meningkatkan jumlah zat asam empedu yang dilepaskan ke saluran pencernaan. Akibatnya, zat asam empedu yang seharusnya bertugas membantu memecah lemak pun tidak dapat menjalankan tugasnya.

Dalam usus besar, kemudian asam empedu dapat dikonversi menjadi asam empedu sekunder, yang akhirnya dapat meningkatkan pertumbuhan tumor, terutama pada sel-sel yang melapisi usus besar.

Dengan berbagai bahaya dari konsumsi daging merah tersebut, ada baiknya mulai sekarang Anda mengurangi konsumsi makanan tersebut, dan beralih pada makanan sehat yang dapat menjauhkan Anda dari risiko kanker usus.

1 dari 3 halaman

Makanan pencegah kanker usus

Seperti disebutkan di atas, pedoman nutrisi yang baik akan membuat Anda terhindar dari kanker usus. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan sehat yang bisa jadi acuan Anda untuk memperbaiki pola makan dan menghalau kanker usus.

  1. Makanan mengandung antioksidan

Antioksidan bekerja dalam tubuh untuk memperkuat pertahanan tubuh terhadap radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh melalui oksidasi. Bahayanya lagi, oksidasi juga terbukti berkontribusi terhadap penyakit jantung, katarak, penuaan, dan infeksi.

Pada dasarnya, sel-sel tubuh memiliki strategi pertahanan alami melawan radikal bebas dan mampu memperbaiki kerusakan yang terjadi. Namun, antioksidan seperti selenium dan beta-karoten dapat membantu memperkuat perlindungan ini.

Hanya saja, dalam uji klinis, baik selenium maupun beta-karoten tidak terbukti mengurangi perkembangan kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan terbaik berasal dari apa yang Anda makan, bukan dari suplemen.

Beberapa contoh antioksidan adalah karoten, beta-karoten, dan lutein. Makanan yang merupakan sumber antioksidan yang baik termasuk buah-buahan, sayuran, teh hijau dan teh hitam.

  1. Sumber vitamin dan mineral

Salah satu jenis makanan yang baik untuk menghalau kanker usus adalah yang mengandung asam folat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asam folat mungkin berperan dalam memerangi kanker.

Meski studi yang ada masih membutuhkan penelitian lanjutan, asam folat sejak lama diketahui sangat penting dalam membentuk sel dan jaringan baru serta menjaga sel darah merah tetap sehat. Sumber asam folat yang paling umum adalah buah jeruk dan sayuran berdaun hijau gelap, terutama bayam.

Selain asam folat, Anda juga harus mengonsumsi makanan mengandung kalsium dan vitamin D. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kedua zat ini tidak hanya memperkuat tulang, tetapi juga dapat membantu melawan kanker usus besar.

Sumber kalsium yang baik meliputi susu, keju, yoghurt, salmon, sarden, dan sayuran berdaun hijau gelap seperti kangkung serta sawi hijau. Sementara, sumber vitamin D yang baik termasuk salmon, sarden, kuning telur, dan hati ayam.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

  1. Makanan berserat tinggi

Serat telah dianggap sebagai senjata ampuh melawan kanker. Meskipun ada penelitian yang bertentangan mengenai apakah serat memiliki efek perlindungan terhadap kanker usus, di sisi lain ada bukti bahwa asupan serat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Sumber serat yang baik adalah gandum, roti, buah plum, beri, kacang merah dan kacang-kacangan lainnya. Lalu, serat bisa dihasilkan dari konsumsi buah-buahan,  sayuran segar dan beras merah.

Meskipun cara terbaik untuk mendapatkan serat adalah lewat makanan, suplemen serat seperti psyllium dan metilselulosa bisa Anda jadikan alternatif untuk memenuhi kebutuhan serat harian dalam tubuh. Untuk mengimbanginya, jangan lupa cukup mengonsumsi air minum.

  1. Makanan yang mengandung fitokimia

Baru-baru ini ditemukan zat yang dapat membantu dalam memerangi kanker, yakni fitokimia. Zat ini adalah zat non-nutrisi seperti flavonoid, polifenol, dan terpena yang ditemukan dalam tomat, buah jeruk, buah beri, paprika, wortel, brokoli, kubis, dan kacang kedelai.

Pedoman makan sehat untuk cegah kanker usus

Selain memasukkan berbagai makanan di atas sebagai menu harian Anda, ada yang tak kalah penting untuk diperhatikan, yakni bagaimana Anda menjaga asupan ke dalam tubuh. Secara mudah, kanker usus sebenarnya bisa dicegah dengan pedoman makan sehat yang dibuat oleh American Cancer Society berikut ini:

  • Mengonsumsi makanan yang merupakan sumber nabati
  • Makanlah jenis biji-bijian utuh daripada biji-bijian halus
  • Batasi daging merah dan daging olahan
  • Tetap aktif secara fisik guna mencapai dan mempertahankan berat badan yang ideal
  • Batasi konsumsi minuman beralkohol

Kanker usus memang amat berbahaya dan mematikan. Namun, Anda bisa mencegahnya dengan mengonsumsi beragam jenis makanan sehat seperti yang telah dipaparkan di atas. Selain itu, terapkan hidup sehat dan pedoman makan sehat dari American Cancer Society untuk semakin menjauhkan Anda dari risiko kanker usus.

[NP/ RVS]

1 Komentar