Sukses

Wujudkan Pencernaan Sehat dengan 5 Makanan Ini

Pencernaan sehat dapat diwujudkan dengan mengonsumsi makanan sehat yang tepat. Berikut ini adalah pemaparannya.

Klikdokter.com, Jakarta Menjaga pencernaan agar tetap sehat adalah hal yang penting. Secara garis besar, organ-organ tubuh dalam sistem pencernaan berfungsi mengolah segala asupan makanan dan membuang sisanya. Bila kinerjanya tidak seimbang, maka pencernaan dapat terganggu hingga menimbulkan gangguan kesehatan seperti sakit perut. Oleh karenanya sangat penting bagi Anda untuk menjaga pencernaan selalu sehat.

Dijelaskan oleh dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, kunci menjaga kesehatan pencernaan yang paling utama adalah menerapkan pola makan yang teratur. Hal ini juga berkaitan dengan produksi asam lambung di dalam tubuh.

“Lambung setiap harinya memproduksi asam lambung yang dipergunakan untuk mencerna makanan menjadi lebih kecil. Dengan pola makan yang baik, Anda akan terhindar dari berbagai gangguan pencernaan,” ucapnya.

Merujuk pada penjelasan dr. Vita tersebut, salah satu kiat tepat menjaga kesehatan pencernaan adalah memilih makanan yang tepat.

Seperti dilansir dari Men’s Journal, berikut adalah sederet asupan sehat dari bahan alami yang dapat membuat pencernaan Anda menjadi lebih sehat:

  1. Pepaya

Buah pepaya mengandung papain dan chymopapain, enzim pencernaan yang mendukung kinerja sistem pencernaan dengan membantu memecah protein. Meskipun masih diperlukan lebih banyak penelitian, konsumsi pepaya bisa menjadi pilihan tepat untuk mengisi kebutuhan serat harian Anda.

“Pepaya adalah salah satu buah-buahan khas daerah tropis yang sering dijadikan pilihan menu dalam pola makan sehat. Setengah kilogram pepaya mengandung lebih kurang 200 kalori,” kata dr. Atika dari KlikDokter.

  1. Daun mint

Daun mint dapat meredakan gangguan pencernaan dan ampuh membantu beberapa gejala yang berkaitan dengan sindrom iritasi usus. Ramuan ini membantu memperlambat kinerja otot perut atau mengurangi risiko kejang yang dapat memicu rasa mual.

Anda dapat menyeduh mint segar dalam teh dan bisa dinikmati dalam kondisi panas ataupun dingin. Bila ingin lebih praktis, kini telah banyak dijual teh yang menggunakan daun mint dengan berbagai merek.

Khasiat lain daun mint adalah ampuh melancarkan pergerakan udara yang terakumulasi di saluran pencernaan, dimana udara tersebut adalah penyebab dari rasa kembung, kram perut dan lainnya. Selain itu, daun mint juga memiliki efek memperlancar pergerakan usus dan meningkatkan kelancaran saluran empedu.

  1. Jahe

Jahe membantu menghalau mual dan membantu menenangkan perut, sehingga sering disarankan untuk dikonsumsi mereka yang mengalami mual saat kehamilan, usai pembedahan, dan setelah menjalani kemoterapi.

Tambahkan jahe kering ke teh, bumbu, makanan yang dipanggang, atau parut jahe segar ke dalam saus salad dan smoothie Anda. Khasiatnya dapat menghangatkan tubuh secara ampuh.

Tak hanya itu, jahe juga dapat mengurangi keluhan akibat produksi gas berlebihan dalam saluran cerna.

  1. Kacang almond

Satu porsi kacang almond mampu menyediakan 4 gram serat yang merupakan komponen utama kesehatan pencernaan. Sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi almond dapat mengubah mikrobiota yang hidup di usus, yang dapat menyehatkan pencernaan.

Meskipun penelitian lebih lanjut perlu dilakukan tentang topik ini, hasilnya penelitian ini amat menjanjikan sebagai korelasi antara almond dan kesehatan pencernaan.

  1. Kiwi

Buah kiwi amat berkhasiat karena mengandung enzim yang membantu kinerja pencernaan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Advance in Food and Nutrition Research menemukan bahwa kandungan enzim actinidin dalam kiwi dapat membantu mencerna makanan, sehingga memperlancar kinerja sistem pencernaan.

Menyehatkan pencernaan ternyata tidak sulit. Cukup dengan mengonsumsi berbagai asupan sehat di atas, Anda akan mendapatkan pencernaan yang lebih sehat. Namun, bila Anda mengalami gangguan pencernaan seperti sakit perut, sembelit atau diare dalam jangka panjang, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar