Sukses

Kiat Memilih Diet yang Cocok untuk Anda

Bingung memilih diet yang cocok untuk diri sendiri? Ini beberapa tips yang mungkin dapat membantu.

Klikdokter.com, Jakarta Sudah mencoba banyak diet untuk mendapatkan tubuh ideal, tapi berat badan tak juga berkurang? Anda tak sendirian mengalami hal itu.

Jika ditanya, apa yang harus dilakukan untuk menurunkan berat badan? Kebanyakan orang pasti akan menjawabnya dengan “diet”. Namun, tak selamanya diet tersebut berjalan dengan baik. Sebagian besar diet bukanlah untuk jangka panjang, dan keberhasilannya bagi tiap orang juga berbeda-beda.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus memperhatikan berbagai aspek dalam diet tersebut. Dilansir WebMD, pastikan Anda mempertimbangkan hal-hal berikut saat merencanakan diet yang tepat untuk diri Anda:

  • Apakah diet ini mengharuskan Anda untuk menghindari banyak makanan (dan semuanya adalah makanan favorit Anda)?

Jika Anda melakukan diet dengan cara menghindari semua makanan favorit, sudah pasti akan cepat gagal karena menyiksa diri sendiri. Diet seperti ini umumnya ditemukan pada jenis diet Whole30 dan keto. Selain itu, Anda mungkin tak cocok diet vegan jika sehari-hari Anda masih sangat tergantung pada daging, susu, dan telur.

  • Apakah Anda siap menghitung jumlah kalori dalam makanan Anda setiap hari?

Ada beberapa diet yang mengharuskan Anda untuk disiplin menghitung kalori setiap hari. Jika hal tersebut membuat Anda bosan atau tidak nyaman, maka Anda tak butuh diet tersebut. Cara diet yang rumit seperti ini membuat orang akan mudah melanggar aturan diet.

  • Apakah Anda pernah berhasil dalam melakukan diet?

Jika ya, coba ingat-ingat apa jenis diet tersebut dan mengapa bisa cocok untuk Anda? Apabila belum pernah berhasil diet, apa kendala yang Anda hadapi selama ini?

Dilansir Harvard Health Publishing, para ahli kesehatan menyarankan Anda untuk memenuhi persentase asupan harian (dari jumlah total kalori yang dikonsumsi) dengan rekomendasi sebagai berikut:

  • Protein: 10% sampai 35%
  • Karbohidrat: 45% sampai 65%
  • Lemak: 20% sampai 35%

Perlu diketahui bahwa diet yang kurang dari 45% karbohidrat atau lebih dari 35% protein cenderung sulit untuk dijalani, dan tidak lebih efektif dari diet lainnya. Selain kemungkinan meningkatkan risiko penyakit jantung, diet rendah karbohidrat memiliki efek negatif pada suasana hati Anda.

Untuk menemukan diet yang cocok, tak ada salahnya untuk bereksperimen dengan berbagai pola makan. Jika diet yang Anda coba tidak berhasil, mungkin memang itu bukan yang tepat untuk Anda, metabolisme Anda, atau kondisi Anda saat itu. Jangan terlalu berkecil hati atau menyalahkan diri sendiri. Cobalah diet yang lain, dan lihat apakah itu berhasil buat Anda.

Jenis diet apa pun yang diambil, janganlah menganggapnya sebagai sebuah hukuman. Jika diet tersebut membebani Anda, sudah saatnya mencoba metode yang berbeda. Dan terakhir, lupakan keinginan untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat. 

Pasalnya, menurunkan berat badan dalam waktu singkat dapat berpotensi menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Penurunan berat badan yang wajar adalah sekitar 0,5 kg/minggu atau 2-2,5 kg per bulan.

Menurunkan berat badan butuh waktu, kesabaran, dan kedisiplinan ekstra. Anda mungkin juga harus bereksperimen dengan berbagai pola makan sebelum menemukan yang benar-benar cocok. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter guna memilih metode diet yang tepat untuk diri Anda.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar