Sukses

Efektifkah Konsumsi Angkak untuk Sembuhkan Demam Berdarah?

Angkak dipercaya bisa mengobati demam berdarah. Tapi, seberapa efektif angkak menyembuhkan penyakit akibat gigitan nyamuk Aedes aegypti ini?

Klikdokter.com, Jakarta Saat musim hujan seperti sekarang ini, kasus penyakit demam berdarah dengue (DBD) kembali banyak terjadi. Soal demam berdarah, di Indonesia masih banyak orang yang percaya dengan pengobatan menggunakan angkak. Tapi, seberapa efektif sebenarnya pemanfaatan bahan alami ini untuk mengatasi demam berdarah?

Pemanfaatan angkak merupakan pengobatan tradisional dari Tiongkok. Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, angkak berasal dari beras yang difermentasi dengan ragi merah. Obat ini sudah lama digunakan untuk pengobatan demam berdarah.

Bahkan, untuk sekarang, Anda tidak perlu repot-repot membuatnya sendiri. Sudah banyak produsen yang membuat angkak dalam kemasan, sehingga Anda tinggal merebus atau menyeduhnya untuk diminum.

Dengan memfermentasikan beras menggunakan ragi merah, angkak menjadi obat yang diharapkan bisa membantu menurunkan kolesterol, meningkatkan kelancaran peredaran darah, dan memperlancar pencernaan.

Akan tetapi, orang juga menggunakannya sebagai pengobatan terhadap penyakit demam berdarah. Kira-kira, seberapa efektifkah angkak ini untuk sembuhkan penyakit demam berdarah?

Penelitian membuktikan khasiat angkak untuk demam berdarah

Meski sudah lama digunakan untuk sembuhkan demam berdarah, tidak ada yang tahu pasti apakah angkak benar-benar bisa menyembuhkan atau tidak. Akan tetapi, penelitian dilakukan oleh Diansyah MN dari Universitas Airlangga Surabaya beberapa tahun lalu.

Diansyah dan rekan peneliti lainnya melakukan riset terhadap 30 orang pasien yang terdiagnosa demam berdarah. Kemudian, mereka memberikan 15 pasien angkak sebagai pengobatan, sementara sisanya tidak diberikan angkak sebagai bagian dari terapi hariannya.

Hasilnya, terjadi penurunan nilai thrombopoiesis pada kelompok yang diberikan angkak dibandingkan dengan pasien yang tidak mendapatkannya. Penurunan nilai tersebut mencerminkan peningkatan jumlah trombosit mendekati jumlah normalnya.

Secara teori, semakin nilai trombosit mendekat ke arah normal, artinya komplikasi demam berdarah berupa pendarahan semakin bisa diminimalisir. Beberapa penelitian lain juga menunjukkan efek angkak dalam menekan reaksi peradangan yang umumnya terjadi dalam demam berdarah.

Hasil penelitian yang dilakukan Diansyah dan teman-temannya sejalan dengan penelitian lainnya yang lebih dulu dilakukan oleh Rombe A dari Institut Pertanian Bogor (IPB). Pada penelitian itu, Rombe menggunakan tikus sebagai objeknya.

Hasilnya,  tikus yang diberikan terapi angkak mengalami peningkatan jumlah trombosit sebanyak 152,2 persen dibandingkan dengan tikus yang tidak diberikan angkak.

Bahkan pada penelitian lain yang dilakukan oleh S. I. Wiyasihati, K. W. Wigati, T, obat angkak terbukti mampu meningkatkan jumlah trombosit lebih besar dibandingkan dengan ekstrak kurma dan daun jambu biji.

Pentingnya meningkatkan trombosit saat terkena demam berdarah

Khasiat angkak yang sangat baik untuk meningkatkan trombosit ini sangat baik bagi penderita demam berdarah. Pasalnya, pada penderita demam berdarah, trombosit kerap turun terus, dan bila tak segera diatasi bisa fatal akibatnya.

Trombosit sangat penting untuk menghentikan pendarahan saat tubuh mengalami luka. Bila kadar trombosit sangat jauh di bawah normal, luka kecil yang dialami tubuh dapat menyebabkan pendarahan hebat dan mengancam nyawa seseorang.

Selain perihal trombosit, pengobatan demam berdarah yang paling krusial adalah tercukupinya kebutuhan cairan. Biasanya, cairan dapat diberikan dalam bentuk minuman pada demam berdarah tahap awal. Namun, pada tahap lanjut kebutuhan akan cairan ini harus dipenuhi dengan melakukan pemberian cairan lewat pembuluh darah.

Berdasarkan berbagai penelitian di atas, angkak memang terbukti dapat meningkatkan jumlah trombosit, yang merupakan poin penting dalam upaya penyembuhan pasien demam berdarah. Namun, pengobatan menggunakan angkak bukan satu-satunya jalan untuk mengobati demam berdarah dengue. Untuk dapat sembuh secara optimal, periksalah ke  dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar