Sukses

Manfaat Meditasi Saat Hamil Trimester Akhir seperti Meghan Markle

Memasuki kehamilan trimester akhir seperti Meghan Markle, ibu hamil bisa menjaga kondisi dengan meditasi. Itu bisa membantu saat persalinan.

Klikdokter.com, Jakarta Kehamilan Meghan Markle kini sudah memasuki trimester akhir. Di usia kandungan itu, Meghan tetap rajin bermeditasi. Nah, jika kehamilan Anda sudah memasuki trimester ketiga, tidak ada salahnya meniru kebiasaan istri Pangeran Harry ini. Sebab, manfaat meditasi bagi ibu hamil cukup luar biasa.

Trimester ketiga berarti waktu kelahiran bayi Anda sudah dekat. Dalam fase ini, ibu hamil harus lebih tenang menjalani kehamilan agar pada saat persalinan semua bisa berjalan dengan lancar. Dan, meditasi adalah cara yang bagus ketika ingin menenangkan pikiran dan membuat tubuh lebih rileks. Fokus utama dalam melakukan meditasi adalah metode pernapasan yang benar.

Manfaat Meditasi bagi ibu hamil trimester akhir

Dengan segala tantangan dan kenyataan yang harus dihadapi saat hamil trimester ketiga, meditasi diperlukan untuk bisa membuat ibu menjadi lebih tenang, apalagi menjelang persalinan. Berikut manfaat meditasi bagi ibu hamil trimester akhir.

1. Mengurangi gejala cemas

Seperti disebutkan di atas, kecemasan akan meningkat ketika memasuki hari kelahiran bayi. Namun, para ibu hamil diharapkan semakin tenang menjelang proses persalinan supaya semua berjalan lancar dan meditasi bisa membantu itu.

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, meditasi dinyatakan sebagai kegiatan yang sangat efektif untuk memperbaiki gejala gangguan cemas dan depresi yang melanda.

2. Emosi lebih stabil

Menurut dr. Nadia, meditasi bisa membantu orang mendapatkan emosi yang lebih baik, tak terkecuali ibu hamil. Dengan demikian, ibu hamil akan memiliki perspektif baru dalam melihat situasi, merasa lebih waspada, dapat menangkal energi negatif, lebih sabar, dan tenang. Bahkan, meditasi yang dilakukan secara rutin dan teratur juga disebut mampu meningkatkan imajinasi dan kreativitas.

3. Mengurangi faktor risiko

Penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres dan kecemasan yang tinggi meningkatkan faktor risiko selama kehamilan. Dengan menjaga tingkat stres rendah, Anda dapat memberi bayi Anda lingkungan yang lebih baik untuk tumbuh. Berlatih meditasi teratur dan perhatian penuh selama kehamilan dapat secara signifikan mengurangi stres.

4. Lebih tahan terhadap rasa sakit

Ibu hamil trimester ketiga rentan mengalami berbagai macam rasa sakit akibat kehamilan itu sendiri. Memang meditasi tidak menghilangkan rasa sakit. Akan tetapi, menurut Prevention, meditasi dapat mengurangi aktivitas otak di area yang berhubungan dengan sensasi. Hal tersebut dapat membantu otak Anda untuk lebih toleran terhadap rasa sakit dan mengurangi reaksi negatif, seperti marah, akibat rasa tersebut.

5. Mencegah dan mengatasi stres

Sebuah riset dilakukan University of Wisconsin, Amerika Serikat, mengenai meditasi untuk mencegah dan mengatasi stres. Hasilnya, orang yang melakukan meditasi selama delapan minggu secara rutin mengalami penurunan tingkat stres dan cenderung lebih optimistis. Ibu hamil yang melakukan ini tentu bisa terhindar stres dan pada akhirnya dapat memperlancar proses persalinan.

6. Tidur lebih berkualitas

Saat hamil trimester ketiga, gangguan tidur adalah hal yang wajar, tapi itu bisa sangat mengganggu. Ibu hamil tidur saja sudah susah, apalagi untuk nyenyak. Namun, meditasi bisa membantu hal itu. Meditasi memainkan peran penting untuk mendapatkan istirahat yang lebih baik di malam hari.

7. Mengurangi nyeri selama persalinan

Rasa sakit adalah hal yang tidak bisa dihindarkan saat proses persalinan. Akan tetapi, meditasi dapat membantu mengurangi intensitas stimulus menyakitkan hingga 40 persen!

Itu adalah deretan manfaat meditasi saat kehamilan memasuki trimester akhir seperti Meghan Markle. Selain itu, lakukan meditasi dengan arahan dari pelatih profesional yang tahu kebutuhan dan kondisi Anda. Ingat, hamil adalah kondisi khusus yang butuh penanganan khusus pula. Jadi, bagi para ibu hamil, Anda tertarik untuk bermeditasi?

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar