Sukses

Lakukan 5 Hal Ini Saat Gejala Flu Mulai Terasa

Mulai tak enak badan dan merasakan gejala flu? Segera lakukan tindakan ini supaya penyakit tak menetap dan menyebabkan gangguan!

Klikdokter.com, Jakarta Badan lemas, bersin-bersin, keluar lendir dari hidung, pusing, dan tubuh terasa pegal sehingga tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasa? Awas, bisa jadi Anda sedang mengalami gejala flu. Ya, penyakit tersebut memang lebih rentan terjadi saat musim hujan tiba.

Menurut dr. Atika dari KlikDokter, flu merupakan penyakit yang umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu dua atau tiga hari, namun tak menutup kemungkinan untuk berlanjut dan berlangsung lebih dari waktu tersebut.

Kendati demikian, flu tetap tidak bisa dianggap sepele. Sebab penyakit ini bisa benar-benar menganggu aktivitas hingga menurunkan kualitas hidup penderitanya. Oleh karena itu, agar Anda tak mengalami gangguan berkepanjangan gara-gara penyakit yang satu ini, berikut beberapa upaya yang bisa dilakukan saat gejala flu sudah mulai dirasakan:

1. Segera istirahat

Hentikan aktivitas sejenak. Jangan pernah paksakan diri untuk mengerjakan sesuatu saat gejala flu mulai dirasakan. Hal tersebut hanya akan membuat tubuh kelelahan dan bikin gejala flu semakin parah dan tak kunjung hilang.

2. Cuci tangan

Jika Anda mulai merasakan gejala flu, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dapat mengurangi risiko penyebaran virus ke orang lain. Sebuah penelitian menemukan bahwa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir mampu mengurangi risiko penyakit saluran napas hingga 16 persen.

“Mencuci tangan adalah kunci penting dalam pencegahan segala penyakit, termasuk flu. Dengan menjaga kebersihan dan mencuci tangan, rantai penularan penyakit dapat diputus,” kata dr. Atika.

3. Penuhi kebutuhan tidur

Tidur yang cukup mampu membantu Anda pulih lebih cepat. Sebuah studi yang dipublikasikan di Brain, Behavior, and Immunity menemukan bahwa protein yang diproduksi otak selama tidur membantu mempercepat proses penyembuhan tikus yang terserang influenza. Hal ini kemungkinan besar juga berlaku pada manusia.

4. Konsumsi makanan bergizi

Makanan sehat dan bergizi seimbang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa jenis makanan yang dimaksud, meliputi yoghurt, buah-buahan seperti bluberi, dan sayuran seperti brokoli.

Bagi Anda yang merasa mual akibat flu, sup ayam adalah pilihan yang mampu mengurangi peradangan, membersihkan lendir, dan mengatasi hidung mampet.

5. Hindari kontak dengan orang lain

Anda yang terkena gejala flu berisiko menularkan virus tersebut pada orang lain. Jadi, beristirahat di rumah adalah yang terbaik. Selain memulikan kondisi tubuh, hal tersebut juga sekaligus menurunkan risiko Anda untuk menularkan penyakit yang sama kepada orang lain.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan agar Anda yang mengalami gejala flu tidak berkontak dengan orang lain setidaknya selama 24 jam setelah demam hilang. Gejala flu dapat dimulai dari satu hingga dua hari setelah virus masuk ke dalam tubuh. Ini artinya, penyakit tersebut dapat Anda tularkan kepada orang lain tanpa disadari.

Selain yang telah disebutkan, beberapa hal lain seperti memperbanyak minum air putih, menjauhi minuman mengandung kafein, hingga berusaha untuk menghindari konsumsi obat sebelum waktu yang ditentukan dapat menjadi solusi saat terkena gejala flu. Selain itu, penting juga untuk memahami ciri dari gejala penyakit tersebut agar dapat melakukan antisipasi sejak awal.

“Segera periksakan diri ke dokter umum atau dokter spesialis THT agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, memastikan penyebab keluhan Anda, serta pengobatan optimal,” tutur dr. Atika.

Segera lakukan tindakan saat gejala flu mulai dirasakan. Dengan begitu, penyakit ini tak akan singgah di tubuh Anda dan menyebabkan berbagai gangguan. Anda tak ingin mengalami gangguan aktivitas atau penurunan kualitas hidup gara-gara flu, bukan?

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar