Sukses

Antara Latihan TRX dan Boxing, Mana yang Lebih Cepat Bakar Lemak?

Dua aktivitas olahraga yang kini sedang digemari, yakni TRX dan boxing, sama-sama baik untuk membakar lemak tubuh.

Klikdokter.com, Jakarta Dua aktivitas olahraga, yaitu TRX dan boxing, saat ini sedang populer. Kedua olahraga ini sama-sama menuntut Anda bergerak, mengerahkan tenaga, sekaligus membakar kalori. Akan tetapi, di antara dua olahraga ini, mana yang paling cepat membakar lemak?

TRX, olahraga dengan prinsip suspensi

TRX merupakan aktivitas fisik dengan prinsip suspensi, yakni menggunakan daya gravitasi dan berat tubuh untuk membuat latihan fisik menjadi semakin menantang. Dengan menggunakan peralatan sederhana berupa dua strap atau penyangga, TRX dapat dilakukan dengan berbagai pose dan gerakan. Aktivitas TRX sendiri diketahui dapat melatih berbagai otot tubuh, termasuk otot perut, lengan, tungkai, dan punggung.

Olahraga TRX melibatkan keseimbangan yang tepat antara aktivitas aerobik, menguatkan otot, dan melatih fleksibilitas. Berbagai manfaat kesehatan bisa didapat saat Anda melakukan TRX. Salah satunya adalah meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran lemak tubuh. Dengan rutin melakukan TRX, penurunan berat badan dapat terjadi bila diimbangi pula dengan konsumsi diet yang sesuai.

Melakukan TRX dengan pose yang tepat dan berturut-turut dapat membuatnya menjadi salah satu jenis aktivitas high intensity interval training (HIIT). Olahraga HIIT merupakan aktivitas fisik kardio yang diatur sesuai dengan interval-interval tertentu, untuk melatih pemulihan tubuh sambil tetap menjaga denyut jantung tetap tinggi dan aliran darah agar tetap berlangsung. Aktivitas HIIT diketahui dapat membakar kalori dengan lebih cepat dibandingkan olahraga tradisional.

Boxing, olahraga yang melatih kekuatan otot

Di sisi lain, juga terdapat aktivitas boxing, atau tinju, yang juga merupakan salah satu jenis olahraga yang kini menjadi semakin populer. Boxing merupakan aktivitas fisik yang tidak hanya melatih kekuatan otot lengan atas saja, tapi juga dapat merupakan suatu aktivitas fisik yang holistik untuk seluruh tubuh.

Selain baik untuk melatih kekuatan otot, boxing juga dapat membantu mempercepat pembakaran kalori. Artinya, olahraga boxing juga membantu menurunkan berat badan.

Sebagai aktivitas olahraga yang seru, menantang, dan efektif untuk membantu menurunkan berat badan, boxing melibatkan gerakan-gerakan tubuh yang cepat. Boxing juga membantu seorang individu untuk melatih ketahanan otot saat melakukannya. Kekuatan otot perut juga memiliki peranan yang penting untuk mendapatkan tenaga saat merotasi tubuh untuk melakukan tinjuan.

TRX dan boxing adalah olahraga yang sama-sama membakar kalori. Dilansir dari Health, pada TRX misalnya, Anda melakukan gerakan berdiri tegak, jongkok serendah mungkin, lalu kembali berdiri tegak sambil memegang pegangan TRX. Dengan mengulangi gerakan ini selama 12 sampai 15 kali dalam 30 menit, Anda dapat membakar  200 hingga 250 kalori.

Sementara itu, boxing yang dilakukan selama 45 menit dapat membakar sekitar 600 hingga 1.000 kalori. Dengan tingginya jumlah kalori yang dibakar, boxing dapat menjadi salah satu pilihan olahraga yang ideal untuk membantu Anda menurunkan berat badan yang berlebih.

Boxing memang dapat membakar lemak lebih banyak dibanding TRX. Namun, olahraga bukan sekadar mana yang dapat membakar lemak lebih banyak. Yang terpenting adalah Anda bisa menikmati sekaligus rutin melakukan olahraga tersebut. Dan, TRX maupun boxing adalah dua jenis olahraga yang baik untuk membantu membakar kalori bila dilakukan dengan tepat. Karena itu, jangan ragu-ragu untuk mencoba TRX dan boxing sebagai pilihan olahraga untuk Anda ya.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar