Sukses

Ini Dia 6 Sarapan Sehat di Minggu Pagi

Bingung mau bikin sarapan sehat apa di hari minggu pagi? Yuk, lihat referensinya di sini. Siapa tahu bisa menginspirasi!

Klikdokter.com, Jakarta Senin sampai Jumat adalah waktu “gagal sarapan” bagi sebagian orang. Kalaupun sempat, makanan yang dikonsumsi umumnya tidak bergizi dan asal kenyang saja. Lantas, ketika coba memperbaikinya di hari Sabtu, sering kali juga gagal. Untuk itulah, Anda perlu memilih hari minggu sebagai hari sarapan sehat untuk Anda dan keluarga.

Jika tidak tahu menu apa yang akan Anda pilih, tak perlu bingung. Berikut 6 makanan sehat untuk sarapan di Minggu pagi yang bisa Anda jadikan pilihan:

1. Oatmeal

Untuk mengontrol kadar kolesterol akibat mengonsumsi makanan berlemak beberapa hari lalu, kini saatnya Anda membuat semangkuk oatmeal sebagai menu sarapan.

Dilansir dari Healthline, oatmeal mengandung serat unik yang disebut dengan beta-glukan. Jenis serat tersebut bermanfaat untuk mengurangi kadar lemak jahat dalam darah. Antioksidan yang terkandung dalam oat juga berfungsi untuk memelihara kesehatan jantung dan mengontrol tekanan darah. Bagi Anda yang memiliki masalah celiac atau sensitivitas terhadap gluten, mengonsumsi oatmeal bisa jadi solusinya.

2. Protein shake

Bubuk protein ini bisa Anda campurkan di dalam smoothies ataupun diseduh lalu dikocok. Beberapa jenis bubuk protein yang dapat Anda konsumsi adalah protein whey, telur, kedelai, dan kacang polong. Namun, di antara yang lainnya, protein whey adalah yang paling cepat diserap oleh tubuh dan ampuh mengurangi nafsu makan berlebih.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Smoothies buah beri

Bila Anda ingin mengonsumsi smoothies di pagi hari, sebaiknya buat saja smoothies buah beri. Adapun beberapa pilihan buah beri yang bisa Anda gunakan, antara lain stroberi, bluberi, raspberry, dan blackberry.

Meski rasanya sedikit asam dan bentuknya kecil, tetapi aneka beri tersebut mengandung banyak antioksidan serta serat yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan sekaligus mencegah peradangan di dalam tubuh.

4. Greek yogurt

Bila Anda ingin mendapatkan pasokan bakteri baik, khususnya Bifidobacteria yang berfungsi untuk menyehatkan saluran cerna, pilihlah Greek yogurt. Jenis yoghurt ini juga dapat membantu dalam mengontrol berat badan dengan cara meningkatkan kadar hormon yang berkaitan dengan pengaturan nafsu makan.

Anda dapat coba mencampurkan Greek yogurt dengan potongan aneka buah untuk meningkatkan kandungan vitamin dan mineralnya.

5. Telur

Dalam sebuah penelitian, orang yang makan telur saat sarapan merasakan kenyang lebih lama dan mengonsumsi lebih sedikit kalori selama sisa harinya ketimbang mereka yang mengonsumsi banyak karbohidrat di pagi hari.

Selain itu, telur juga merupakan sumber kolin yang sangat penting untuk menutrisi hati dan otak. Meski pada sebagian orang telur bisa meningkatkan kadar kolesterol, tetapi manfaatnya dalam mempertahankan kadar gula darah juga patut diperhatikan. Itu berarti, Anda tinggal mengatur porsi serta jangan terlalu banyak mengonsumsi bagian kuning telurnya, supaya risiko penumpukan lemak juga bisa diperkecil.

6. Buah-buahan potong

Semua jenis buah mengandung vitamin, kalium, serat, dan relatif rendah kalori. Satu cangkir buah yang dipotong dadu hanya mengandung sekitar 80–130 kalori, dan itu pun tergantung pada jenisnya. Misalnya saja, buah jeruk. Buah tersebut kaya akan vitamin C. Bahkan, satu jeruk besar dapat memenuhi 100% asupan harian yang direkomendasikan untuk vitamin C.

Bagi Anda kurang suka minum air putih, mengonsumsi buah-buahan juga dapat membantu memenuhi cairan tubuh. Selain itu, buah juga sangat mengenyangkan karena kandungan serat serta airnya yang tinggi.

Supaya tidak cepat bosan, campurkan sarapan buah Anda dengan oatmeal, yoghurt, dan keju.

Itu dia 6 makanan sehat yang bisa Anda pilih sebagai menu sarapan sehat di hari minggu. Sebenarnya, alangkah lebih baik bila makanan di atas bisa Anda santap secara rutin setiap hari sebelum memulai aktivitas. Toh, untuk membuat menu sarapan sehat tersebut juga tidak memerlukan waktu yang lama, bahan atau bumbu yang rumit. Jadi, ketimbang mengonsumsi gorengan ataupun makanan bersantan ketika sarapan, lebih baik pilih saja salah satu menu sarapan sehat yang disarankan di atas.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar