Sukses

Trik Sukses Olahraga TRX Sendiri di Rumah

Olahraga TRX semakin digandrungi. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya sendiri di rumah? Ini triknya!

Klikdokter.com, Jakarta Olahraga TRX merupakan salah satu jenis aktivitas fisik masa kini yang semakin populer di berbagai kalangan. Olahraga yang menggunakan prinsip suspensi dan instabilitas itu memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari melatih kekuatan, membakar kalori, meningkatkan kesehatan jantung, dan menjaga berat badan agar tetap stabil.

Salah satu hal yang paling disukai dari olahraga TRX adalah kesederhanaannya. Olahraga ini hanya menggunakan peralatan sangat terbatas, yang setelah penggunaannya dapat disimpan dengan tidak “memakan tempat”.

Selain itu, olahraga TRX juga dapat disesuaikan dengan taraf kebugaran, dengan memulai sedikit demi sedikit hingga pada akhirnya dapat mencapai posisi penuh. Kendati demikian, pada individu yang memiliki masalah kesehatan, nyeri, atau gangguan keseimbangan, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga TRX.

Olahraga TRX di rumah

Prinsip dasar dari olahraga TRX adalah suspensi dengan menggunakan dua strap atau penyangga. Dengan memiliki alat yang sesuai, Anda dapat memasang penyangga tersebut pada tempat yang pas di tempat berlatih di rumah.

Namun, sebelum melakukannya sendiri, sangat penting bagi Anda untuk mencobanya di pusat kebugaran (gym) terlebih dahulu dengan bantuan pelatih. Apabila sudah terbiasa dan bisa mandiri, barulah Anda dapat mencobanya sendiri di rumah.

Lalu, bagaimana trik yang baik untuk melakukan latihan TRX di rumah? Berikut adalah beberapa pose TRX yang dapat dilakukan:

1. Pose mendorong

Genggam kedua handle strap TRX dengan masing-masing tangan, lalu posisikan tubuh dalam posisi condong ke depan dengan kaki menjinjit. Kemudian, gerakkan seluruh tubuh untuk mendorong ke depan dan ke belakang.

2. Pose menarik

Genggam kedua handle strap TRX dengan masing-masing tangan. Posisikan tubuh dalam posisi mundur ke belakang dengan kaki bertumpu pada tumit. Lalu, lipat kedua siku dan arahkan tangan mendekati wajah, dan gerakkan tubuh untuk menarik ke belakang dan ke depan.

3. Pose plank

Letakkan kedua kaki pada handle strap TRX, dengan posisi tubuh horizontal dan miring menghadap ke satu sisi. Tumpukan tubuh pada lengan bawah salah satu tangan, dan posisikan tubuh pada posisi plank. Lalu, gerakkan tubuh ke atas dan ke bawah.

4. Pose rotasi

Genggam kedua handle strap TRX dengan masing-masing tangan. Letakkan satu kaki maju ke depan dan satu kaki mundur ke belakang, dengan kaki yang di belakang berada pada posisi jinjit. Miringkan tubuh ke kiri dan ke kanan seolah-olah sedang berotasi.

5. Pose lunge

Letakkan satu kaki pada handle strap TRX, dengan satu kaki yang terbebas pada posisi berlutut. Setelahnya, angkat tubuh naik dan turun untuk melatih kekuatan otot kaki.

Dengan banyaknya variasi posisi yang dapat diterapkan secara sederhana, olahraga TRX dapat menjadi pilihan yang praktis bagi Anda yang ingin melakukannya di rumah. Namun, ingat, Anda harus terlebih dahulu tahu tentang dasar-dasar TRX sebelum memutuskan untuk melakukannya sendiri.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar