Sukses

Cegah Obesitas dan Diabetes dengan Olahraga Lari

Obesitas dan diabetes bisa menimpa siapa saja. Anda bisa mencegah keduanya sejak dini dengan olahraga lari.

Klikdokter.com, Jakarta Sun Life menepati janji mereka untuk terus menggemakan kampanye hidup sehat. Terbaru, mereka akan mengadakan lomba lari bertemakan 'Sun Life Resolution Run 2019' untuk memulai resolusi hidup sehat lebih baik. Ini juga sebagai pencegahan obesitas dan penyakit diabetes pada anak muda.

Sebagai informasi, prevalensi obesitas berdasarkan data riset kesehatan dasar (Riskesdas) 2018 meningkat cukup signifikan dari 14,8 persen pada 2013 menjadi 21,8 persen pada 2018. Obesitas sangat berbahaya karena akan meningkatkan beragam penyakit di masa depan. Salah satu penyakit yang paling mungkin adalah diabetes.

Obesitas dan diabetes seperti dua hal yang tidak terpisahkan. Ini sangat berkaitan erat. Di sisi lain, baik obesitas dan diabetes tidak hanya menimpa orang dengan usia tua, tapi juga anak-anak muda.

Ini terjadi karena anak-anak muda tidak menaruh perhatian besar terhadap gaya hidup sehat. Anak muda sekarang ini bisa dibilang sebagai "Generasi O", yakni generasi terlalu banyak bekerja (overworked), terlalu banyak makan (overeating), dan hidup makin kewalahan (overwhelmed).

"Berangkat dari kepedulian akan kesehatan generasi saat ini, Sun Life menggelar ‘Sun Life Resolution Run 2019’ yang mengajak masyarakat untuk mengambil langkah pertama dalam menerapkan gaya hidup sehat, sebagai resolusi penting dalam mengawali tahun yang baru. Kegiatan ini sekaligus mempertegas komitmen perusahaan dalam mendukung terciptanya generasi Indonesia yang lebih sehat," ujar Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia.

Dalam pemaparannya, Elin lalu menunjukkan hasil riset Sun Life Financial Asia Health Index pada 2016-2017. Hasil penelitian itu mencatat bahwa sebagian besar generasi muda Indonesia belum rutin berolahraga (51%), tidur kurang dari 6 jam per hari (34%) serta memiliki kebiasaan makan yang tidak sehat (32%).

1 dari 2 halaman

Sehat dengan olahraga lari

Alasan Sun Life menggelar lomba lari yang akan dilaksanakan pada Minggu 20 Januari di ICE BSD ini bukan tanpa sebab. Olahraga lari sedang digandrungi sekarang di Indonesia. Apalagi, olahraga lari memang mudah dilakukan.

Lari merupakan aktivitas fisik yang bisa dijalankan untuk membuat Anda sehat. Aktivitas fisik ini paling berpeluang dijalankan secara konsisten yang akhirnya membuat Anda terhindar dari risiko penyakit.

“Aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur dapat membantu mengurangi risiko terhadap beberapa penyakit, meningkatkan kondisi kesehatan, serta kualitas hidup secara menyeluruh," ujar dr. Grace Joselini, mantan dokter timnas sepak bola wanita

Indonesia di Asian Games 2018.

Maka dari itu, ajang-ajang lomba lari pun semakin banyak di Indonesia. Bahkan, tahun lalu, ada sekitar 340 ajang lomba lari di seluruh Indonesia. Ini menunjukkan antusiasme banyak orang terkait olahraga lari. Faktanya, minat masyarakat terhadap olahraga lari juga sangat tinggi. Berdasarkan hasil riset Sun Life Financial Asia Health Index di 2016/17, 60% responden memilih melakukan olahraga lari, dibanding jenis olahraga lainnya.

“Ajang kompetisi lari seperti ini dapat dimanfaatkan untuk memupuk semangat dan motivasi berolahraga karena dilakukan secara bersama-sama, serta dapat membantu memacu diri untuk terus berlatih. Bagi para peserta kompetisi lari, tiga hal penting yang perlu diperhatikan untuk meraih hasil yang maksimal pada saat berkompetisi dan di luar kompetisi, antara lain: menjaga asupan yang sesuai, mengenali kondisi diri, serta melakukan latihan secara rutin," kara dr. Grace Joselini.

"Namun perlu diingat, menjalani pola hidup sehat bukan sekedar mampu menyelesaikan kompetisi dengan baik, namun merupakan komitmen berkelanjutan yang membutuhkan kesinambungan antara aktivitas fisik rutin, dengan aspek kesehatan lain seperti pola makan yang sehat, serta istirahat yang cukup," ucap dr. Grace.

Digelar di awal tahun, ‘Sun Life Resolution Run 2019’ menjadi momentum yang pas untuk memulai resolusi hidup yang lebih sehat. Melalui kegiatan ini, anak-anak muda diharapkan bisa termotivasi untuk mencapai resolusi yang mereka tetapkan, karena resolusi lebih dari sekedar komitmen, dan ini bisa membantu Anda melakukan aksi nyata.

Ya, tidak ada salahnya untuk mulai memperhatikan kesehatan Anda dan keluarga dengan aktivitas fisik yang menyehatkan seperti olahraga lari. Lari merupakan olahraga mudah dan murah tapi memiliki manfaat luar biasa. Manfaat olahraga sederhana ini mampu menghindarkan Anda dan keluarga dari obesitas dan diabetes.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar