Sukses

Dongkrak Semangat dengan 6 Langkah Ini

Merasa tidak semangat, badan lemas, dan tidak termotivasi untuk menjalani hari? Lakukan ini supaya kondisi Anda kembali seperti sedia kala!

Klikdokter.com, Jakarta Merasa sehat dan tidak didiagnosis mengalami penyakit mental? Anda tetap harus waspada dengan stres yang dialami dari hari ke hari. Itu karena stres dapat dengan mudah berujung pada depresi, yang akan membuat Anda berakhir pada keadaan tidak semangat untuk menjalani hari-hari.

Nah, supaya Anda tak mengalami keadaan tersebut, ada strategi yang disebut dengan istilah “positive psychology”. Tindakan ini dapat membantu meningkatkan mood, sehingga Anda dapat terhindar dari stres, depresi dan berbagai dampak buruk yang ada di baliknya.

Positive psychology sebenarnya sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu. Dalam penerapannya, ada beberapa langkah yang dirangkum dalam 6 langkah. Anda hanya perlu meluangkan waktu sekitar 10 menit untuk mengeksplorasi 6 langkah tersebut. Langkah-langkah tersebut adalah dengan menanyakan hal berikut kepada diri Anda sendiri:

  1. Apa pengalaman, walaupun pengalaman biasa, yang bisa membuat Anda merasa bahagia?
  2. Apa pujian atau feedback yang pernah Anda terima?
  3. Apa saja pengalaman-pengalaman keberuntungan yang pernah Anda dapatkan?
  4. Apa saja prestasi atau keberhasilan yang pernah Anda dapatkan, sekalipun itu hal kecil?
  5. Apa yang membuat Anda merasa bersyukur?
  6. Bagaimana Anda mengekspresikan kebaikan?

Dengan mengetahui 6 langkah tersebut, Anda lebih mengenal diri sendiri dan secara perlahan mengubah pola pikir. Dengan demikian, Anda dapat menemukan kebahagiaan dalam hidup serta mendongkrak semangat untuk menjalani hidup sehari-hari.

Dengan mengkaji langkah-langkah tersebut, Anda juga akan lebih dapat menghargai diri sendiri karena sebagian besar orang selalu melihat kesuksesan dan kebahagiaan dari hal-hal besar. Padahal, kebahagiaan yang sesungguhnya didapat dari hal-hal kecil penuh makna dan kebaikan yang dilakukan sehari-hari.

Dengan mengoreksi diri berdasarkan 6 hal di atas, Anda tak akan melulu menganggap bahwa kelebihan harta, kemewahan, atau popularitas yang disaksikan di televisi maupun jejaring sosial sebagai patokan untuk merasa bahagia. Anda pun akan memiliki paham bahwa kebahagiaan yang terlihat di luar belum tentu dirasakan di dalam (perasaan).

Kebaikan kecil, pengalaman sederhana, perilaku sepele yang membuat tertawa, serta mengingat kembali keberuntungan yang pernah didapat adalah hal nyata yang bisa membuat Anda mendapatkan kebahagian yang sesungguhnya. Jadi, sebenarnya, Anda adalah orang yang membuat kebahagian dan semangat bagi diri sendiri, yaitu dengan melakukan dan menerapkan hal-hal positif tersebut.

Dari 6 langkah positive psychology, Anda juga akan mempelajari bahwa untuk mendapatkan kebahagian dan semangat tidak hanya harus memerhatikan diri sendiri, namun juga orang lain yang ada di sekitar. Ya, kebahagiaan juga bisa diperoleh dengan memberikan kebahagiaan kepada orang lain. Karena pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain.

Dengan mendalami dan mengoreksi berulang kali jawaban yang dilontarkan untuk menjawab 6 pertanyaan positive psychology, Anda akan lebih termotivasi untuk memperbaiki diri.

Bila orang lain memberikan feedback, masukan, atau pendapat tentang sesuatu yang berhubungan dengan diri Anda, jangan terlalu diambil pusing. Jadikanlah itu sebagai pembelajaran, bukan sebagai beban atau sesuatu yang harus difokuskan. Anda pun tidak perlu membuat semua orang senang atau berusaha terlihat sempurna di mata semua orang. Lakukanlah hal-hal positif yang sesuai dengan nilai-nilai yang Anda miliki, dan hal-hal yang dapat membuat Anda bahagia.

Sekali lagi, mulailah kebahagiaan dari diri Anda sendiri. Sebarkan kepada orang lain jika memang Anda mumpuni. Dengan demikian, rasa stres atau depresi tidak akan datang menghampiri, sehingga Anda akan terus semangat dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar