Sukses

Kenali 6 Penyakit yang Rentan Diwariskan Ayah pada Anak

Beberapa penyakit yang diderita anak bisa jadi merupakan warisan dari ayah kepada anaknya. Berikut ini adalah diantaranya.

Klikdokter.com, Jakarta Beragam penyakit yang diderita oleh anak-anak ternyata tak terlepas dari peran orang tua, termasuk ayah. Sebab, penyakit tertentu memang secara genetik dapat diturunkan dari ayah kepada anaknya. Hal inilah yang kemudian membuat gaya hidup ayah berpengaruh terhadap kesehatan anak.

Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, selain warna kulit, bentuk hidung, jenis rambut, dan sifat fisik lainnya, orang tua juga dapat menurunkan penyakit dan kelainan fisik tertentu. Dalam hal ini, mari ketahui lebih lanjut masalah kesehatan apa saja yang bisa diturunkan seorang ayah pada buah hatinya.

Dijelaskan oleh dr. Karin, apabila di antara kromosom X atau Y pada tubuh seorang ayah terdapat kelainan atau penyakit genetik, maka penyakit tersebut sangat mungkin akan diturunkan kepada anak-anaknya.

Di sisi lain, ada juga deretan penyakit yang bisa ditularkan karena kebiasaan buruk atau gaya hidup ayah. Biasanya penyakit ini muncul karena kebiasaan merokok, minum alkohol, atau malas cuci tangan. Berikut ini adalah deretan penyakit yang mungkin ditularkan atau diwariskan ayah kepada anak:

1. Infeksi saluran pernapasan

Penyakit ini bisa muncul akibat ayah yang punya kebiasaan merokok. Anak-anak bisa mendapatkan penyakit ini sebagai dampak dari paparan asap rokok secara langsung atau ampas rokok yang menempel di tangan serta baju mereka.

Pada anak, menghirup ampas atau asap rokok dapat menyebabkan asma, batuk dan pilek berkepanjangan yang susah sembuh, serta infeksi saluran pernapasan. Di sisi lain, anak-anak juga bisa mengalami infeksi telinga, kerusakan gigi, dan sindrom kematian bayi mendadak atau sudden infant death syndrome (SIDS).

2. Masalah kesehatan karena minum alkohol

Menurut sebuah penelitian pada 2016, seorang bayi yang dilahirkan dari ayah yang gemar mengonsumsi alkohol bisa mengalami gangguan kesehatan. Penelitian, yang diterbitkan dalam American Journal of Stem Cells merinci bagaimana gaya hidup seorang ayah dapat memiliki pengaruh yang tak terduga pada kesehatan anaknya.

Dari jurnal tersebut ditemukan bahwa ayah yang suka minum alkohol akan memiliki anak yang lahir dengan berat badan rendah, mengalami pengurangan ukuran otak, serta gangguan fungsi kognitif.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Hemofilia

Jika sebelumnya dikaitkan karena gaya hidup, penyakit ini berhubungan dengan faktor genetik. Menurut dr. Karin, hemofilia adalah penyakit genetik yang terjadi karena kekurangan faktor pembekuan darah (XIII dan IX). Sehingga, pembekuan darah sulit terjadi dan jika mengalami pendarahan akan sangat lama pulih.

Dalam kondisi ini, seseorang dengan hemofilia akan mengalami mimisan dalam waktu yang lebih lama, pendarahan pada gusi yang sulit terhenti, kulit mudah memar, serta pendarahan pada area sekitar sendi.

Pembekuan darah ini ada pada kromosom X. Pria atau ayah adalah orang yang seyogyanya paling bertanggung jawab untuk hal ini.

Untuk wanita sendiri dianggap sebagai faktor pembawa. Perlu Anda ketahui, penyakit ini sulit dicegah karena anak sudah pasti akan memiliki kromosom dari ibu dan ayah, yang bisa saja membawa bibit penyakit hemophilia.

4. Kanker prostat

Kanker yang hanya dimiliki laki-laki ini sangat bisa diwariskan oleh ayah atau saudara kandung laki-laki yang terkena kanker prostat. Anak dari ayah yang terkena kanker prostat dua kali lebih berisiko terkena pada saat dewasa.

5. Penyakit Parkinson

Penyakit yang merupakan kelainan sistem saraf pusat ini dapat menyebabkan terjadinya getaran (tremor) atau kekakuan yang tidak terkontrol pada tubuh. Penyakit ini sangat terkenal ketika mantan petinju dunia, Muhammad Ali mengalaminya.

Gejala lain penyakit ini adalah kelainan gaya berjalan (lambat dan kasar), serta muncul keluhan tangan yang bergetar saat tidak melakukan aktivitas. Menurut dr. Karin, penderita Parkinson biasanya tidak sadar bahwa riwayat keluarga memengaruhi terjadinya penyakit ini.

Faktanya, mutasi dari gen PARK1, PARK5, PARK3, dan PARK8 ditemukan pada penderita yang memiliki orang tua penderita Parkinson.

6. Talasemia

Satu lagi penyakit yang diturunkan oleh ayah yakni talasemia. Penyakit ini menyebabkan ketidakmampuan dalam memproduksi hemoglobin, yakni protein pada sel darah merah yang membawa oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh. Penyakit ini mengakibatkan seseorang kekurangan darah atau anemia.

Kelainan ini bisa membuat anak tampak pucat dan harus sering mendapatkan transfusi darah agar kadar hemoglobinnya normal kembali. Ada 2 jenis talasemia, yakni alfa dan beta. Keduanya diturunkan secara genetik oleh orang tua yang membawa gen mutasi talasemia.

Demikianlah deretan penyakit yang mungkin ditularkan atau diwariskan oleh ayah kepada anaknya. Penyakitnya bisa karena genetik atau gaya hidup ayah yang tidak baik. Pada dasarnya, meski ada riwayat tertentu dalam keluarga, belum tentu anak pasti mengalami penyakit yang serupa. Kuncinya adalah menjalankan pola makan dan gaya hidup sehat.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar