Sukses

Hobi Konsumsi Makanan Pedas? Ini Manfaat Sehat yang Anda Dapat

Tak hanya bikin nafsu makan makin besar, makanan pedas ternyata juga mendatangkan beragam manfaat sehat, lo!

Klikdokter.com, Jakarta Makanan pedas menjadi primadona yang terus diburu oleh masyarakat beberapa waktu belakangan. Hal itu dapat dibuktikan dari munculnya beragam toko maupun restoran yang menawarkan berbagai menu dengan cita rasa pedas. Apakah Anda salah satu penikmatnya?

Jika memang Anda hobi menyantap makanan pedas yang memiliki bahan dasar cabai, beruntunglah. Sebab, cabai yang digunakan pada makanan favorit Anda telah dibuktikan oleh beberapa penelitian bisa mendatangkan beragam manfaat bagi kesehatan. Apa saja?

  • Berat badan berkurang

Rasa pedas pada cabai berasal dari kandungan capsaicin di dalamnya. Penelitian menyebut, capsaicin bisa berperan dalam membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena capsaicin disebut mampu membantu menekan nafsu makan dan mengoptimalkan proses pembakaran lemak di dalam tubuh.

Melansir Healthline, studi mengungkap bahwa cabai merah sebanyak 10 gram bisa membantu proses pembakaran lemak secara signifikan pada pria maupun wanita. Jadi, jika dikombinasikan dengan olahraga secara rutin dan teratur, penurunan berat badan yang Anda rasakan akan lebih optimal.

  • Obat nyeri alami

Ketika terasa nyeri di bagian tubuh tertentu, Anda sebaiknya jangan buru-buru minum obat antinyeri. Hal ini karena cabai dapat menjadi solusi dari masalah yang Anda alami.

Faktanya, capsaicin yang ada di dalam cabai dapat “mengikat” reseptor nyeri, sehingga keluhan nyeri yang Anda rasakan bisa berkurang.

  • Berpotensi melawan kanker

Kanker adalah suatu penyakit mematikan yang terjadi akibat pertumbuhan sel yang tidak normal. Keadaan yang juga sering disebut sebagai “keganasan” ini dapat terjadi pada siapa saja, dan telah berhasil merenggut nyawa sebagian besar penderitanya.

Nah, bagi Anda yang hobi makan pedas, cabai yang menjadi campuran makanan tersebut disebut oleh beberapa ahli memiliki potensi untuk menurunkan risiko jenis kanker tertentu. Bahkan, salah satu studi menyebut bahwa capsaicin dan capsanthin pada cabai mampu menghambat pertumbuhan sel kanker prostat pada tikus tanpa memberikan pengaruh pada sel-sel lainnya.

  • Mengurangi risiko penyakit jantung

Tak melulu karena kandungan capsaicin di dalamnya, cabai juga memiliki manfaat lain berkat beragam vitamin dan mineral lain yang dikandungnya. Sebut saja vitamin K1 yang mampu mencegah pembekuan darah, dan potasium yang telah dibuktikan mampu menekan risiko penyakit jantnung.

  • Manfaat lainnya

Cabai mengandung beragam vitamin dan mineral lain, termasuk vitamin C, vitamin B6, vitamin A, dan tembaga. Kombinasi kesemuanya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mempercepat proses penyembuhan luka, metabolisme lebih optimal, menyehatkan mata, serta menjaga keutuhan tulang maupun ginjal Anda.

Meski menawarkan beragam manfaat di atas, Anda harus tetap ingat untuk tidak berlebihan dalam menyantap makanan pedas yang mengandung cabai. Di samping itu, jika Anda memiliki masalah pada saluran cerna atau alergi, sebaiknya urungkan niat untuk mengonsumsi makanan pedas jenis apa pun.

Jangan lupa untuk menyandingkan konsumsi makanan pedas yang mengandung cabai dengan penerapan gaya hidup sehat, berolahraga secara rutin dan teratur, cukup istirahat, kelola stres dengan baik, serta jauhi rokok maupun alkohol. Dengan itu semua, niscaya Anda akan mendapatkan semua kebaikan cabai yang ada di makanan pedas favorit Anda.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar