Ginjal dan Saluran Kemih

Mencegah Infeksi Saluran Kemih dengan Cukup Minum Air

dr. Sara Elise Wijono MRes, 28 Jun 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Minum air putih terbukti memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah untuk mencegah infeksi saluran kemih. Benarkah?

Mencegah Infeksi Saluran Kemih dengan Cukup Minum Air

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi yang terjadi di salah satu atau lebih bagian dari sistem berkemih, yakni ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. ISK lebih banyak dialami wanita daripada laki-laki. Alasannya, uretra wanita lebih pendek, serta jarak anus-uretra wanita lebih dekat.

Penyakit saluran kencing tersebut ditandai dengan rasa nyeri atau panas pada saat buang air kecil, anyang-anyangan, buang air kecil yang tidak lancar, dan sebagainya, yang tentunya tak nyaman.

Lantas, adakah cara untuk mencegahnya? Tentu saja ada! Bahkan, caranya sangat mudah, yaitu dengan dengan cukup minum air putih.

Benarkah Minum Air Cegah Infeksi Saluran Kemih?

Berdasarkan penelitian klinis yang dipublikasikan di jurnal kedokteran “JAMA Internal Medicine” tahun 2018, minum air dalam jumlah yang cukup  dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih berulang pada wanita.

Penelitian mengambil responden 140 wanita pramenopause yang mengalami infeksi saluran kemih berulang. Seluruh responden diketahui memiliki riwayat konsumsi air minum kurang dari 1,5 liter setiap harinya.

Artikel Lainnya: Waspada, Infeksi Saluran Kemih Juga Terjadi pada Anak

Pada wanita yang mengonsumsi air dalam jumlah yang lebih selama 12 bulan, angka kejadian infeksi saluran kemih pada kelompok tersebut menurun secara drastis. Angka rata-rata terjadinya infeksi saluran kemih pada semua wanita tersebut adalah 3,3 sebelum penelitian. 

Namun, setelah 12 bulan, angka rata-rata tersebut menurun menjadi 1,7 pada kelompok yang minum air lebih banyak; dan 3,2 pada kelompok yang tidak menambah asupan air.

Peneliti berpendapat wanita pramenopause dengan asupan cairan yang rendah dan mengalami ISK berulang dapat mengurangi angka kejadian dari infeksi tersebut hingga 50% dengan mengonsumsi air tambahan. Tak banyak, yaitu sebanyak 2 gelas setiap makan.

Itu sebabnya, jangan lewatkan konsumsi air putih yang cukup untuk mencegah infeksi saluran kemih sekaligus sebagai cara melancarkan buang air kecil. Pahami juga kebutuhan cairan harian orang dewasa agar mendapatkan manfaat air putih secara optimal.

Menurut Angka Kecukupan Gizi yang dikeluarkan tahun 2019, wanita berusia 19-64 tahun membutuhkan 2.350 mL air per hari. Mereka yang hamil membutuhkan tambahan 600 mL air dan ibu menyusui perlu tambahan 650-800 mL per harinya.Selanjutnya, wanita berusia 65-80 tahun butuh 1.550 mL air per hari dan mereka yang di atas 80 tahun membutuhkan 1.400 mL/hari.

Sementara itu, laki-laki berusia 19-64 tahun membutuhkan 2.500 mL air/hari. Saat berusia 65-80 tahun, kebutuhan ini akan berkurang menjadi 1.800 mL/hari dan setelah 80 tahun ke atas “hanya” membutuhkan 1.600 mL/hari.

Artikel Lainnya: 8 Tanda Infeksi Saluran Kencing pada Wanita

Cara Lain Cegah Infeksi Saluran Kemih

Tak hanya melalui  minum air putih, ada beberapa asupan lain yang bermanfaat untuk mencegah penyakit saluran kencing, yaitu sebagai berikut ini.

  1. Minum Jus Cranberry

Beberapa penelitian dilakukan untuk mencari tahu pengaruh jus buah cranberry dalam mencegah infeksi saluran kemih. 

Walaupun penelitian awal menunjukkan terdapatnya manfaat, beberapa uji klinis acak menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan pada angka kejadian ISK dengan konsumsi jus buah cranberry.

Namun demikian, bagi individu yang tidak memiliki penyakit lain, seperti diabetes, mengonsumsi jus cranberry tidak menyebabkan masalah kesehatan.

Konsumsi jus tersebut juga bisa mencegah infeksi saluran kemih. Hal tersebut karena pada dasarnya minum jus bisa membuat tubuh tetap terhidrasi.

  1. Sering-Sering BAK 

Minum air putih yang banyak juga sebagai cara untuk melancarkan buang air kecil sehingga membantu pengeluaran bakteri dari saluran kemih. Dengan begitu, infeksi bisa lebih cepat ditangani.

Jadi, jangan biasakan menahan kencing. Lebih lanjut, setelah berhubungan intim sebaiknya usahakan untuk BAK.

  1. Menjaga Kebersihan Area Kemaluan

Infeksi saluran kemih umumnya terjadi akibat bakteri E. coli yang masuk ke saluran uretra dari saluran pencernaan. 

Jadi, cegah infeksi saluran kemih dengan menjaga selalu kebersihan area organ intim, khususnya usai buang air kecil dan buang air besar. 

Biasakan untuk membasuh dari arah depan (vagina dan uretra) ke arah belakang (anus).

Penyakit saluran kencing yang berulang bisa menyebabkan penurunan kualitas hidup dan komplikasi lain. Yuk, kita cegah dengan minum air putih yang cukup setiap hari. Mencegah lebih mudah daripada mengobati infeksi saluran kencing, bukan?

Jangan lewatkan informasi seputar kesehatan dan tips gaya hidup sehat dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

(HNS/AYU)

Air PutihInfeksi Saluran Kemih

Konsultasi Dokter Terkait