Sukses

Cara Unik Anne Hathaway dalam Menghadapi Stres

Aktris Anne Hathaway punya cara sendiri dalam menghadapi stres. Yuk, intip kiatnya dalam memerangi penyebab depresi.

Klikdokter.com, Jakarta Saat stres datang, pikiran akan terasa runyam dan akhirnya menghambat aktivitas sehari-hari. Penyebab stres bisa beragam, mulai dari padatnya tugas kantor, perselisihan dengan orang sekitar, hingga kondisi lain yang bikin suasana hati memburuk. Nah, aktris peraih piala Oscar, Anne Hathaway, punya trik untuk menghadapi stres yang bisa Anda sontek.

Stres dikaitkan dengan penurunan kadar hormon serotonin dalam tubuh, yang seharusnya berperan mengatur suasana hati. Tak heran jika seseorang bisa mendadak sedih, kecewa dan emosi meledak saat stres datang.

Bicara soal kondisi ini, dr. Nadia Octavia dari KlikDokter turut memberikan penjelasan.

“Merupakan hal yang normal ketika seseorang sedang berada di bawah tekanan kemudian mengalami stres. Namun jika tidak diatasi, stres tak hanya dapat mengancam kesehatan, tetapi juga pekerjaan Anda,” ujarnya.

Agar terhindar dari stres yang juga dapat berujung pada depresi, temukan cara yang cocok bagi Anda untuk menghilangkan kekalutan dan membuat suasana hati tenang kembali.

Cara Anne Hathaway mengusir stres

Beberapa orang memiliki cara tersendiri dalam mengatasi stres. Bahkan, aktris Hollywood sekelas Anne Hathaway saja punya kiat khusus untuk meredamnya ketimbang harus mengonsumsi obat penenang.

Sama seperti manusia pada umumnya, Anne tak lepas dari kondisi sehari-hari yang bikin dia stres. Oleh sebab itu, ia berupaya mengembangkan metode kreatif tersendiri guna menghadapi stres.

Dilansir dari Prevention, Anne yang pernah berperan dalam film The Devil Wears Prada (2006) ini punya cara yang cukup unik dalam mengontrol diri ketika stres melanda. Ketika merasa panik, Anne akan mengambil pena, secarik kertas, lilin dan korek api, lalu menulis dalam pencahayaan terbatas menggunakan lilin tersebut.

Aktivitas ini menghabiskan waktu sekitar 12 menit dengan menuliskan kejadian apapun yang Anne alami saat melewati hari-hari berat nan melelahkan. Baginya, menuliskan segala hal yang membuat pikirannya penat bisa meredam stres yang tengah dialaminya.

1 dari 2 halaman

Media sosial jadi tempat untuk mengusir stres

Selain menulis dalam terang cahaya lilin, media sosial juga turut membantu Anne dalam menghalau stres. Menurutnya, banyak orang beranggapan bahwa salah satu sumber penyebab stres adalah media sosial. Namun baginya, media sosial justru sangat membantunya sebagai sarana untuk bersuara secara publik, yang juga dapat menenangkan dirinya.

"Memiliki kehendak untuk melakukan segala sesuatu dengan cara sendiri, mungkin adalah hal yang baik bagi saya. Menulis dalam pencahayaan terbatas dan berbicara di media sosial dapat menciptakan rasa tenang dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara lebih jelas," ujarnya.

Bisa jadi, cara yang yang dilakukan istri dari aktor Adam Shulman ini berbeda dengan sebagian orang. Namun satu hal yang mesti Anda pahami, stres dapat diredam oleh diri sendiri lewat penanganan secara tepat. Yang terkadang cara tersebut bisa ditemukan oleh masing-masing orang yang mengalaminya.

Coba atasi stres dengan cara ini

Ada banyak cara untuk meredam rasa stres agar tidak berlarut-larut dalam kekalutan dan berujung depresi. Berdasarkan anjuran dr. Nadia, Anda bisa melakukan berbagai hal berikut ini:

  1. Memelihara ikan

Lewat studi yang dipublikasikan di jurnal Environment and Behavior, melihat ikan yang berenang di akuarium atau kolam dapat menciptakan perasaan nyaman dan tenang. Reaksi psikologis responden pada penelitian ini dicek setelah melihat ikan yang berenang di akuarium. Hasilnya, usai 5 menit, para partisipan studi mengalami penurunan tekanan darah dan suasana hati mereka pun membaik.

  1. Berkebun

Berdasarkan penelitian dalam jurnal Complementary Therapies in Medicine pada tahun 2017, ditemukan bahwa wanita yang menatap bunga mawar segar selama 3 menit dapat mengalami peningkatan suasana hati menjadi lebih bahagia, serta berkurang kadar stresnya.

  1. Makan cokelat

Siapa bilang makan cokelat hanya berdampak negatif? Selama dikonsumsi secara tidak berlebihan, menurut dr. Nadia, cokelat dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan mental Anda.

“Kandungan antioksidan polifenol yang terkandung dalam cokelat memiliki berbagai manfaat kesehatan, yang salah satunya adalah mengurangi stres. Para ahli merekomendasikan konsumsi cokelat yang kandungannya minimal 70 persen,” jelas dr. Nadia.

Stres tak boleh dianggap sepele. Bila Anda memiliki beban pikiran, salah satu cara termudah untuk menghindari stres akibat hal tersebut adalah dengan menyampaikan keluh kesah Anda pada orang terdekat yang terpercaya. Meskipun tak langsung menemukan solusi, setidaknya Anda dapat merasa lebih tenang.

Bagaimana, unik bukan cara Anne Hathaway untuk menghadapi stres? Anda boleh mencobanya, siapa tahu cara tersebut cocok bagi Anda untuk meredam stres. Namun, bila stres tak kunjung hilang dalam hitungan hari, atau bahkan berdampak pada kondisi tubuh seperti pusing, badan lemas dan suasana hati menurun, segera temui psikolog untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar