Sukses

Kiat Simpel untuk Hidup Sehat ala Shezy Idris

Hidup sehat itu simpel. Shezy Idris membagi tiga rahasia simpel hidup sehat dan bahagianya untuk Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Menjadi presenter, bintang tamu beberapa acara on air dan off air, membintangi berbagai film televisi (FTV), serta peran utamanya sebagai ibu yang membesarkan dua anak, menjadikan hari-hari model dan aktris Shezy Idris super sibuk. Meski demikian, ada beberapa kebiasaan sehat sederhana yang tetap ia upayakan demi menjaga kesehatannya. Apa saja?

Menjaga pola tidur sebaik mungkin

“Bukannya tak punya waktu, tapi dari dulu saya memang tak pernah melakukan diet ketat tertentu atau olahraga untuk membentuk tubuh. Mengingat kesibukan, prioritas saya adalah untuk bisa istirahat cukup,” ungkap wanita kelahiran 6 Oktober 1981 ini kepada KlikDokter beberapa waktu lalu.

“Kalau misalnya waktu tidur di rumah kurang, saya sebisa mungkin akan mencari waktu untuk tidur di lokasi syuting. Hanya tidur selama 5 menit nyender tembok, itu sudah berarti untuk saya,” aku ibu dari Kayana dan Keisha ini.

Sekadar mengingatkan, dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter mengatakan bahwa pola tidur yang baik durasinya adalah 6-8 jam sehari.

“Istirahat siang (nap) selama beberapa menit di sela kegiatan juga bisa membantu memulihkan tubuh kembali,” kata dokter yang akrab disapa dr. Sepri ini.

Konsumsi jus rutin

Selain menjaga kesehatan dengan pola tidur yang diusahakannya teratur dan berkualitas, Shezy juga mengaku mengonsumsi jus untuk menjaga kebugaran tubuhnya.

Uniknya, jus yang dimaksud Shezy bukanlah jus stroberi, jus melon, jus alpukat, atau jus buah biasa lainnya, tapi spesifiknya adalah slimming juice. Dengan mengonsumsi jus ini secara teratur, Shezy merasakan manfaatnya bagi kesehatan.

Bahkan, setelah bertahun-tahun membuat sendiri, konsumsi, dan merasakan manfaatnya, Shezy memberanikan diri untuk mengomersilkan slimming juice yang ia produksi sendiri.

Wanita bernama lengkap Shilya Patrice Kirana Idris ini mengaku memang sejak dulu menyenangi minuman tradisional. Bahkan sampai sekarang ia suka sekali dengan minuman tradisional seperti kunyit sirih. Kesukaan akan minuman tradisional inilah yang mengilhami slimming juice buatannya.

“Setelah melahirkan anak pertama sampai sekarang sudah punya anak dua, saya membuat jus sendiri, konsumsi sendiri. Saya merasakan manfaatnya,” kata Shezy.

Hingga akhirnya orang-orang terdekat Shezy pun dibuat penasaran dengan jus pelangsing itu dan ingin mencobanya.

“Ternyata mereka suka! Setelah beberapa waktu dan berbagai proses, akhirnya saya dan seorang teman berani untuk memproduksi dan memasarkan slimming juice ini,” cerita Shezy sambil tersenyum bangga.

1 dari 2 halaman

Berhasil memangkas berat badan

Bahan-bahan andalan slimming juice ala Shezy terdiri dari kayu manis, lemon, cuka apel, madu, cengkeh, dan jahe merah. Beberapa di antara bahan makanan tersebut memang diketahui dapat menurunkan berat badan, seperti jahe dan cuka apel. Terdapat berbagai penelitian yang menunjukkan adanya efek positif dari konsumsi cuka apel dan jahe dalam hal penurunan berat badan.

Meski demikian, menurut dr. Sepri, penelitian-penelitian tersebut belum secara konsisten menunjukkan efek yang sama. “Jadi, boleh saja memakai bahan-bahan tersebut dalam upaya menurunkan berat badan, tetapi pada dasarnya tetap harus melakukan pola diet yang benar,” katanya.

Berdasarkan pengalamannya sendiri, Shezy sudah berhasil memangkas 10 kg berat badannya setelah mengonsumsi jus buatannya tersebut selama lebih dari setahun. Ini tentu memuaskan, mengingat Shezy tidak melakukan diet spesifik atau berolahraga secara rutin. Jika demikian, apakah berarti slimming juice seefektif itu untuk menurunkan berat badan?

Diungkapkan oleh dr. Sepri, bahwa sejauh ini belum ada literatur mencantumkan dengan jelas seberapa efektif slimming juice dalam menurunkan berat badan. Ia mengingatkan untuk tidak hanya mengandalkan jus pelangsing atau minuman tertentu lainnya.

“Tubuh membutuhkan zat gizi lain seperti karbohidrat, protein, dan lemak sehat. Pola diet yang baik adalah makan makanan bergizi lengkap dan seimbang, serta diimbangi aktivitas fisik rutin,” dr. Sepri mengingatkan.

Mengelola stres dengan baik

Stres bisa datang dari mana saja. Mulai dari pekerjaan, macetnya jalanan, kesulitan dalam hidup, dan lain-lain. Bagi Shezy, stres juga bisa muncul dari proses perceraian plus sorotan media yang menyertainya, yang pernah dilaluinya. Namun, ia berusaha sekuat mungkin untuk tak terlalu memusingkannya.

“Yang penting menikmati hidup. Apa pun masalahnya, nikmati saja. Kalau stres, biasanya saya ngobrol dengan teman-teman, tertawa. Jangan menambah stres yang sudah ada, apalagi memendamnya. Setelah stres sudah mereda, barulah berusaha untuk menyelesaikannya,” katanya bijak.

Bagi Shezy, kedua anaknya juga menjadi tempatnya berpaling dari stres dan rasa penat. Berkumpul dengan mereka, Shezy merasakan kedamaian yang tidak bisa  didapatnya di tempat lain.

“Tak perlu pergi ke mal. Cukup bermain bersama mereka di rumah, melihat perilaku anak-anak sudah bisa memperbaiki suasana hati dan membuat saya bahagia. Hidup saya simpel banget, ya?” pungkas Shezy.

Ya, kadang memang kesederhanaan dibutuhkan sebagai penyeimbang jika Anda selalu dikelilingi kesibukan. Agar semakin komplet, lengkapi keseimbangan hidup tersebut dengan menjalankan kebiasaan hidup sehat. Dan itu bisa dimulai dari hal-hal sederhana seperti yang dilakukan Shezy Idris.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar