Sukses

Rahasia Makanan Panjang Umur Wanita Berusia 114 Tahun

Wanita yang diyakini sebagai orang tertua di Amerika Serikat meninggal dunia pada usia 114 tahun. Terungkap rahasia makanan panjang umurnya.

Klikdokter.com, Jakarta Lessie Brown, seorang wanita asal Amerika Serikat diyakini sebagai orang paling berumur panjang di negeri Paman Sam, sebelum ia meninggal dunia pada usia 114 tahun pada 8 Januari lalu. Pihak keluarga pun mengungkapkan salah satu rahasia panjang umur mendiang lewat konsumsi makanan tertentu. Penasaran?

Kepada Prevention, pihak keluarga mengungkapkan bahwa rahasia makanan panjang umur Lessie adalah ubi jalar.

Menyingkap berbagai khasiat ubi jalar

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu ubi jalar berukuran sedang mengandung 103 kalori tanpa lemak, 2 gram protein, 24 gram karbohidrat, 4 gram serat, dan 7 gram gula. Meski kandungan karbohidratnya cukup tinggi, tapi ini merupakan karbohidrat kompleks yang dicerna secara lambat oleh tubuh. Artinya, Anda akan kenyang lebih lama dan tak cepat kehabisan energi.

Jangan khawatir juga dengan kandungan gula pada ubi jalar karena pada dasarnya umbi-umbian mengandung serat, sehingga memperlambat pelepasan glukosa ke dalam sistem tubuh. Bahkan American Diabetes Associaton merekomendasikan konsumsi ubi jalar karena makanan tersebut tidak akan meningkatkan kadar gula Anda. Serat juga akan membantu mengontrol berat badan. Ini karena ubi jalar tak hanya membuat Anda merasa kenyang, tetapi juga menurunkan kadar kolesterol.

Ubi jalar juga mengandung hingga enam kali lipat nilai vitamin A harian (hampir 22.000 IU) untuk menunjang kesehatan mata, pertumbuhan tulang, dan pendorong fungsi kekebalan tubuh.

Selain itu, ubi jalar juga mengandung 43 mg kalsium, 62 mg fosfor, 31 mg magnesium, 542 mg potasium, dan 22 mg vitamin C. Potasium akan mengurangi dampak natrium pada tubuh serta membantu merelaksasi dinding pembuluh darah, sehingga dapat mengurangi tekanan darah. Kandungan magnesium dapat membantu transportasi potasium ke seluruh sel tubuh.

1 dari 2 halaman

Wanita lebih panjang umur dibandingkan pria?

Merujuk dari laporan Gerontology Research Group (GRG), organisasi yang mencatat keberadaan supercentenarian, yaitu orang-orang yang berumur panjang di atas 110 tahun, tampaknya wanita memang berumur lebih panjang daripada pria. Berdasarkan laporan GRG, rekor manusia tertua saat ini dipegang oleh Nabi Tajima, 117 Tahun asal Jepang (sudah meninggal dunia tahun lalu). Wanita yang lahir pada tahun 1900 ini juga memegang rekor orang Jepang dan Asia tertua yang pernah hidup di muka bumi.

Selain GRG, data statistik organisasi lainnya, misalnya Badan Kesehatan Dunia (WHO), juga memperlihatkan bahwa wanita lebih panjang umur daripada pria.

Dikatakan oleh dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, meski kebanyakan wanita mengalami tingkat stres lebih tinggi, penyakit kronis lebih banyak, tingkat depresi lebih tinggi, angka kecemasan lebih tinggi, namun nyatanya tingkat harapan hidup wanita lebih tinggi dibanding pria.

Makanan lain yang juga bisa bikin panjang umur

Selain ubi jalar, Anda juga bisa mengombinasikannya dengan makanan lain yang khasiat panjang umurnya tak kalah. Misalnya dengan konsumsi ikan dan sayuran.

Kandungan asam lemak DHA dan EPA dalam ikan dapat membantu otak dan sistem saraf Anda bekerja secara optimal. Selain itu, lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan berlemak seperti salmon dan trout dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida.

Ketangguhan sayuran tak bisa terbantahkan. Kandungan serat, antioksidan, serta berbagai vitamin dan mineral ampuh untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis.

Selain makan makanan sehat, dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc, dari KlikDokter menyarankan Anda untuk melakukan ini jika ingin panjang umur:

  • Tidak merokok
  • Menjaga berat badan tetap stabil
  • Rutin berolahraga dengan intensitas sedang, dengan durasi setidaknya 30 menit setiap hari
  • Membatasi asupan alkohol

Jika Anda terinspirasi oleh Lessie, konsumsilah ubi jalar untuk menggantikan nasi putih. Imbangi juga dengan sumber makanan sehat dan bergizi lengkap lainnya, tetap bergerak aktif, istirahat cukup, dapat mengelola stres dengan baik, dan berbagai kesehatan sehat lainnya. Ingat, faktor gaya hidup akan sangat berpengaruh. Jika ingin usia mencapai 100 tahun atau lebih, biasakan untuk menerapkan gaya hidup sehat sedini mungkin!

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar