Sukses

Kiat Aman Belanja Bahan Makanan secara Online

Berbelanja secara online sangat praktis bagi Anda yang punya aktivitas padat. Namun, bagaimana dengan belanja bahan makanan secara online?

Klikdokter.com, Jakarta Belanja bahan makanan secara online memang belum terlalu populer dibanding beberapa barang tertentu, seperti pakaian atau tas. Kebanyakan orang terbiasa berbelanja bahan makanan di pasar atau swalayan. Aktivitas berbelanja dengan mendatangi lokasi tersebut dapat menghabiskan waktu, serta menambah biaya transportasi dan parkir. Karena itu, membeli bahan makanan secara online dianggap dapat membawa kemudahan bagi konsumen.  

Seperti berbelanja online pada umumnya, Anda cukup mengunduh aplikasi atau membuka website tertentu untuk melihat produk yang ditawarkan. Setelah memilih bahan makanan yang diinginkan, Anda tinggal membelinya. Umumnya, belanjaan Anda akan dikirimkan ke rumah sesuai jangka waktu pengiriman yang disepakati.

Yang perlu diperhatikan saat belanja online

Metode belanja bahan makanan secara online ini, meski mungkin belum menjadi kebiasaan kebanyakan orang, namun dirasa cukup bermanfaat. Yang pertama adalah hemat dalam waktu berbelanja karena Anda tidak perlu menghabiskan waktu perjalanan serta memilih-milih barang secara langsung.

Kemudian, terdapat kemudahan berbelanja dari mana saja. Selain itu, bahan makanan Anda akan langsung diantarkan ke rumah, sehingga Anda tidak perlu mengangkutnya dari toko.

Namun, saat akan membeli bahan makanan secara online, sebaiknya ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Pertama, rencanakan dengan baik masakan apa saja yang akan Anda buat. Karena itu, menyusun daftar belanja akan sangat tepat dilakukan. Anda pun akan terhindar dari membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Terkadang, toko dapat memberikan promo atau penawaran khusus yang membuat Anda tergiur memesan, meski tidak terlalu dibutuhkan.

Ketika Anda memutuskan untuk berbelanja secara online, daftar pesanan yang Anda buat harus detail mengenai jenis produk yang Anda inginkan, misalnya, rasa, berat dan kemasan serta tanggal kedaluwarsa yang perlu dicek. Cara ini untuk meminimalkan kesalahan saat pembelian bahan makanan yang dilakukan oleh kurir.

  • Kedua, selalu periksa dan pastikan tanggal kedaluwarsa bahan makanan yang akan Anda beli. Dengan demikian, Anda dapat memastikan apakah bahan makanan tersebut masih sempat Anda masak atau tidak, sehingga tidak akan terbuang sia-sia.

Saat Anda belanja bahan makanan secara online, Anda bisa mencantumkan catatan pada si kurir untuk mengecek tanggal kedaluwarsa pada kemasan.

  • Ketiga, biasakan diri dengan unit pengukuran bahan makanan yang ditawarkan. Misalnya, bahan makanan tertentu akan dijual per potong, sementara bahan makanan lain mungkin dijual per kg. Unit pengukuran ini mungkin membingungkan bagi yang tidak terbiasa. Cantumkan dengan jelas dalam pesanan online Anda agar si kurir tidak salah mengambil produk.
  • Keempat, saat berbelanja secara online, pastikan Anda meneliti kembali semua bahan makanan yang Anda terima dari kurir sebelum membayarnya. Sering kali, terjadi kesalahan dalam memilih produk terutama ukuran, merek, atau varian rasa produk tersebut.  Untuk meminimalkan kesalahan Anda perlu memperjelas daftar belanja online Anda sejak awal.
  • Kelima, Anda juga mungkin perlu memperkirakan waktu pengantaran bahan makanan yang Anda beli. Pastikan ada orang yang dapat menerima bahan makanan tersebut saat diantarkan, serta langsung menyimpan bahan makanan tersebut di tempat yang sesuai.

Ini penting untuk menjamin kesegaran produk bahan makanan yang dibeli. Jika membeli bahan yang mudah rusak, seperti daging, pastikan waktu pengantaran singkat atau dilakukan langkah antisipasi untuk mencegah bahan makanan menjadi rusak.

Yang terakhir, perhatikan tempat Anda berbelanja online. Jika memungkinkan, pilihlah perusahaan besar dengan reputasi yang baik sehingga Anda pun nyaman dalam berbelanja. Pilihlah perusahaan dengan customer service yang baik. Jadi jika terjadi kesalahan (misalnya perlu penukaran, bahan makanan tidak segar, dsb), Anda dapat dilayani dengan baik.

Demikian beberapa kiat untuk aman belanja bahan makanan secara online. Jika Anda sudah terbiasa, hidup pun akan terasa lebih mudah dan praktis. Anda dapat memanfaatkan waktu yang tersisa untuk hal penting dan bermanfaat lainnya.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar