Sukses

Cara Mudah Mengatasi Kulit Belang

Pusing karena sulit mengembalikan kulit belang dan tidak rata ke kondisi semula? Tenang, ini solusi mudah yang bisa Anda terapkan.

Berpakaian pendek di cuaca terik diyakini dapat membuat warna kulit menjadi tidak rata atau dikenal dengan kulit belang. Bila sudah tampak, hal ini dapat mengurangi kepercayaan diri seseorang. 

Kulit yang tampak belang dapat terjadi akibat adanya hiperpigmentasi, yaitu suatu kondisi ketika sel pigmen kulit (melanin) terdapat lebih banyak di satu area ketimbang area lain. Perbedaan warna kulit yang signifikan pun dapat terlihat.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kondisi ini, yakni perubahan hormon, seperti pada ibu hamil (melasma), paparan sinar matahari, dan hiperpigmentasi pascainflamasi. Hiperpigmentasi ini terjadi sebagai akibat dari luka yang telah ada sebelumnya. 

Kabar baiknya, Anda dapat mengurangi tampilan kulit belang tersebut. Berikut adalah beberapa cara mengatasi kulit belang dan meratakan warna kulit: 

1 dari 4 halaman

1. Selalu Gunakan Tabir Surya

Cara mengatasi kulit belang yang utama dan tidak boleh terlewat adalah penggunaan tabir surya. Tinggal di negara tropis seperti Indonesia mengharuskan Anda untuk tidak absen menggunakan tabir surya setiap hari, terutama bila Anda beraktivitas di luar ruangan. 

Artikel Lainnya: Bagian Tubuh Mana Saja yang Perlu Tabir Surya?

Ini dilakukan untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet A dan B. Nah, cara mengatasi kulit belang dengan tabir surya adalah dengan memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Pilihlah tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30 dan broad-spectrum.
  • Bila Anda beraktivitas di sekitar air, pilih tabir surya yang sifatnya water-resistant.
  • Gunakan tabir surya setidaknya 20 menit sebelum Anda pergi ke luar ruangan. 

2. Gunakan Pakaian Tertutup 

Selain menggunakan tabir surya, cara meratakan warna kulit bisa dilakukan dengan menghindari pakaian terbuka ketika cuaca terik. Anda juga sebaiknya menggunakan pakaian tertutup, khususnya saat beraktivitas di luar ruangan.

Cara mengatasi kulit belang ini bisa Anda terapkan sampai gejala kulit terbakar sinar matahari mereda atau bahkan sampai kulit belang menghilang. Anda juga dapat menggunakan pelindung, seperti payung dan topi untuk mengurangi paparan sinar matahari. 

2 dari 4 halaman

3. Oleskan Gel Lidah Buaya

Hiperpigmentasi atau kondisi kulit belang dapat diakibatkan oleh paparan sinar matahari. Ketika kulit terbakar sinar matahari, gel lidah buaya dapat menjadi pilihan untuk Anda.

Artikel Lainnya: Kenali Beda Reaksi Alergi Sinar Matahari dan Kulit Terbakar Matahari

Cara mengatasi kulit yang belang menggunakan gel lidah buaya dapat membantu menenangkan kulit serta tentu saja mencegah timbulnya kulit belang di kemudian hari.

Ketika akan menggunakan gel lidah buaya, Anda dapat menggunakannya sebelum tabir surya. Gel ini dapat diaplikasikan ke kulit setiap dua jam sekali. 

4. Minum Air Putih

Selain memiliki segudang manfaat sehat, memenuhi kebutuhan cairan harian juga sangat bermanfaat dalam menjaga kelembapan kulit. Hal ini juga dapat membantu dalam mengurangi kulit kering akibat paparan sinar matahari.

Oleh karena itu, sebagai salah satu cara mengatasi kulit belang, Anda dianjurkan untuk minum air putih setidaknya 1,5 liter per hari. 

3 dari 4 halaman

5. Nutrisi Lengkap dan Seimbang

Bukan hanya organ tubuh bagian dalam saja yang memerlukan gizi yang seimbang, kulit Anda pun membutuhkannya. Mikronutrien seperti vitamin B12 dan asam folat amat penting untuk menjaga agar kulit tidak cepat terbakar dan rusak akibat sinar matahari. 

Vitamin B12 berfungsi untuk mengatur pigmen pada kulit dan mencegah hiperpigmentasi sehingga warna kulit pun akan lebih merata serta tak terlihat kusam.

Artikel Lainnya: Bahaya Sinar UV bagi Kulit

Cara memutihkan kulit belang bisa dilakukan dengan mengonsumsi sumber makanan yang mengandung nutrisi ini. Bahan makanan sumber vitamin B12 tersebut, yakni daging merah, hati sapi, susu, dan telur.

Sementara itu, asam folat berfungsi membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah yang juga penting untuk perbaikan lapisan kulit. Zat ini dapat Anda peroleh dari sayuran hijau dan kacang-kacangan. 

6. Konsultasi ke Dokter Kulit

Jika sudah mencoba beberapa cara mengatasi kulit belang di atas, kondisi masih sama atau bahkan Anda mengalami kulit terbakar akibat sinar matahari, segera konsultasikan kepada dokter kulit.

Dokter umumnya akan mengevaluasi kondisi kulit Anda dan memberikan obat yang mengandung alpha dan beta hydroxy acid, vitamin A, vitamin C, serta bahan-bahan lain yang dapat membantu eksfoliasi kulit dan memperbaiki pigmentasi kulit. 

Demikian berbagai cara mengatasi kulit belang yang bisa Anda lakukan. Jadi, saat Anda mengalaminya, tak perlu langsung spaneng. Lakukan dahulu secara rutin beberapa kiat di atas untuk meratakan warna kulit Anda. Selamat mencoba!

Informasi menarik lain seputar kesehatan bisa Anda peroleh di aplikasi KlikDokter. Konsultasikan juga masalah kesehatan Anda kepada dokter lewat fitur Live Chat 24 jam

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar