Sukses

9 Tips Mengejan Saat Melahirkan

Bagi Anda yang memilih persalinan secara normal, cara mengejan saat melahirkan yang benar adalah “ilmu” yang wajib dikuasai ibu hamil.

Klikdokter.com, Jakarta Setelah sembilan bulan menunggu, saat yang Anda dan pasangan nantikan akan segera tiba: melahirkan! Akan tetapi, melahirkan atau persalinan adalah sebuah proses sulit yang harus dilalui oleh seorang ibu hamil. Bagi Anda yang memilih persalinan secara normal, cara mengejan saat melahirkan yang benar adalah hal yang wajib Anda kuasai sebelum bersalin. Apa saja tipsnya?

Tips mengejan saat melahirkan

Untuk memulai mengejan, Anda akan bergerak ke posisi mendorong pilihan Anda yang dirasa paling tepat dan nyaman. Pada tahap ini, sangat penting untuk mengikuti instruksi dari dokter atau perawat yang menangani Anda selama persalinan.

Anda akan mendorong secara berkala, biasanya tiga kali dalam setiap kontraksi, atau begitu Anda rasakan dorongan. Dalam periode ini Anda dapat beristirahat untuk satu kontraksi ketika Anda lelah.

Ada beberapa tips mengejan selama melahirkan yang dapat Anda coba. Simak di bawah ini.

  1. Dorong seolah-olah Anda akan buang air besar (BAB)

Buat tubuh dan paha Anda rileks, lalu dorong seolah-olah Anda mempunyai BAB terbesar dalam hidup Anda. Curahkan semua konsentrasi dan fokus Anda pada dorongan, jangan khawatir apakah Anda akan akan benar-benar buang air dalam situasi itu. Hal ini lumrah terjadi pada ibu yang melahirkan, serta dokter dan perawat yang terlibat akan memahami hal ini. Jadi abaikan dulu rasa malu Anda.

  1. Letakkan dagu Anda ke dada

Jika Anda dalam posisi bersandar dengan punggung, pastikan Anda meletakkan dagu ke dada untuk membantu mendorong. Posisi ini akan membantu Anda memfokuskan dorongan ke tempat yang seharusnya. Ini juga dapat membantu Anda melihat ke bawah (vagina Anda) sehingga Anda dapat termotivasi.

  1. Kerahkan segala tenaga yang Anda punya

Semakin efisien Anda mendorong dan makin banyak energi yang Anda berikan, semakin cepat pula bayi Anda menuju jalan lahir. Jadi keranhkan segala usaha dan tenaga Anda.

  1. Tetap fokus

Pertahankan fokus Anda dan hindari mengejan secara panik serta terburu-buru karena hal ini tidak akan membantu apa-apa.

  1. Ganti posisi

Terkadang, di saat mengejan belum berhasil membuat bayi Anda bergerak, mengubah posisi dapat menjadi solusi.

  1. Percayai insting Anda

Dalam situasi persalinan, lakukan apa yang terasa benar bagi Anda dan ikuti insting Anda. Lakukan apa yang muncul secara alami dan kata hati Anda, seperti dorongan untuk mengejan, menarik napas, atau istirahat. Jika Anda khawatir, Anda bisa minta bantuan dokter atau perawat untuk memberi aba-aba ketika akan mengejan.

  1. Beristirahat di antara kontraksi

Anda harus menghemat energi dan beristirahat untuk “putaran” berikutnya. Melahirkan bisa jadi salah satu hal yang sangat melelahkan karena itu beristirahat sejenak adalah penting.

  1. Berhenti mendorong saat diperintahkan

Dokter Anda mungkin menyarankan Anda berhenti mendorong untuk beberapa kontraksi sehingga Anda dapat memperoleh kembali kekuatan atau untuk menjaga kepala bayi dari dilahirkan terlalu cepat. Demi kebaikan Anda dan bayi, turuti dokter Anda.

  1. Jangan frustrasi

Saat melahirkan, Anda mungkin akan mengalami situasi saat kepala bayi sudah terlihat, tapi kemudian menghilang. Kalau ini terjadi, jangan frustrasi. Tetap semangat, bayi Anda menanti Anda.

Teknik mengejan saat melahirkan yang benar akan membuat proses persalinan Anda lancar. Sebaliknya, salah dalam mengejan bisa saja menimbulkan dampak yang tidak diinginkan. Antara lain, pecahnya pembuluh darah di mata yang dapat mengganggu kesempurnaan penglihatan setelah melahirkan. Untuk itu, kuasai teknik mengejan seperti dalam artikel ini, dan ikuti instruksi dari dokter atau perawat yang menangani Anda selama persalinan.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar