Sukses

Hamil Muda seperti Aura Kasih, Hindari Buah-buahan Ini

Anda sedang hamil muda seperti artis Aura Kasih? Hindari buah-buahan ini selama masa kehamilan.

Klikdokter.com, Jakarta Kabar bahagia datang dari artis penyanyi Aura Kasih. Usai menikah dengan model asal Brasil, Eryck Amaral pada September silam, Aura Kasih kini tengah hamil muda. Penyanyi berdarah Sunda tersebut sangat antusias dan berbahagia saat mendapati dirinya positif hamil. Dalam menjaga kehamilan, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari. Salah satunya adalah buah-buahan berikut ini.

1. Buah pepaya mentah atau belum matang

Negara tropis seperti Indonesia memiliki aneka ragam buah yang jarang ditemukan di negara non tropis lainnya, salah satunya buah pepaya. Buah pepaya memang sejak lama menjadi favorit sebagian masyarakat Indonesia. Selain karena rasanya yang manis dan menyegarkan, buah pepaya dapat membantu melancarkan BAB.

Namun bagi ibu hamil, terutama yang sedang hamil muda, baiknya hindari mengonsumsi buah pepaya mentah atau belum matang. Buah pepaya mentah biasanya disajikan dalam sayur atau dicampur dalam salad.

Buah pepaya mentah atau belum matang mengandung lateks yang dapat menyebabkan kontraksi rahim dan meningkatkan risiko keguguran. Selain itu, buah pepaya mentah juga mengandung enzim papain yang tinggi dan dapat memicu persalinan dini.

Kandungan lateks dalam buah pepaya mentah atau belum matang juga dapat menyebabkan risiko alergi seperti ruam kulit atau alergi saluran napas yang dapat berbahaya bagi ibu hamil. Jadi baiknya Anda mengonsumsi buah pepaya yang sudah matang dan hindari konsumsi buah pepaya mentah atau belum matang.

2. Buah nanas

Banyak ibu hamil yang sering mengidamkan makan rujak saat sedang hamil muda. Rujak buah memang menyegarkan untuk dikonsumsi. Namun, ada beberapa buah yang sebaiknya jangan dikonsumsi berlebihan, salah satunya adalah nanas. Buah nanas mengandung enzim bromelain yang dapat memecah protein.

Salah satu efek samping bromelain adalah menipiskan serviks (mulut rahim) dan memicu terjadinya persalinan dini. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena efek ini dapat terjadi jika Anda makan buah nanas secara berlebihan (antara 7 - 10 buah dalam sekali kali makan). Jadi jika hanya makan beberapa potong buah nanas saja, Anda tidak perlu khawatir.

Selain itu, makan buah nanas secara berlebihan juga dapat memicu peningkatan asam lambung, heartburn, dan diare. Keluhan rasa tidak nyaman pada perut ini tentu akan mengganggu aktivitas ibu hamil.

3. Buah anggur

Buah anggur mengandung vitamin A dan vitamin C yang dapat bermanfaat bagi ibu hamil. Namun, para ahli menyebutkan buah anggur sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi (secara berlebihan saat hamil muda). Buah anggur sering kali disemprot dengan pestisida. Nah, residu atau sisa pestisida yang ada di kulit buah anggur dapat berbahaya bagi ibu hamil jika dikonsumsi.

Sayangnya, meski dicuci dengan air, sering kali residu pestisida yang ada di kulit buah anggur tidak dapat hilang. Oleh karena itu, lebih aman jika Anda menghindari buah yang langsung dimakan bersama kulitnya, seperti anggur, stroberi, atau blueberry.

Sebetulnya tidak ada buah spesifik yang harus dihindari oleh ibu hamil. Yang terpenting perhatikan porsi konsumsinya agar tidak berlebihan. Nah, jika Anda sedang hamil muda seperti Aura Kasih, sebaiknya hindari konsumsi secara berlebihan buah-buahan di atas ya. Selain itu, biasakan untuk mengonsumsi buah yang sudah dicuci bersih dan dikupas.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar