Sukses

Tips Memilih Diet yang Aman untuk Anda

Demi mendapatkan tubuh langsing dan ideal, diet adalah salah satu caranya. Perhatikan ini agar metode diet yang dipilih aman dan efektif.

Klikdokter.com, Jakarta Memasuki tahun yang baru, tak sedikit orang yang memilih diet sebagai salah satu resolusi yang hendak dilakukan di tahun ini. Apakah Anda juga demikian? Memang, diet adalah salah satu cara yang wajib ditempuh oleh seseorang yang ingin mendapatkan berat badan ideal. Namun, agar bisa benar-benar merasakan manfaat tersebut, Anda perlu memilih metode diet yang paling tepat dan sesuai.

Belakangan sedang sangat populer metode diet keto dan puasa intermiten. Kedua metode tersebut dianggap mampu menurunkan berat badan dengan cepat. Akan tetapi, apa itu cocok untuk diterapkan oleh semua orang? Tentu saja tidak.

Memilih diet yang aman dan memberikan hasil yang efektif perlu pertimbangan matang. Hal ini karena diet berhubungan erat dengan kelangsungan hidup Anda. Beda orang, beda cara menjalani gaya hidup dan pola makan sehari-hari.

Memilih diet yang aman

Jika ingin mengetahui jenis diet yang aman dan memberikan hasil yang benar-benar efektif, Anda bisa berpatokan pada beberapa pertanyaan berikut ini:

  • Anda ingin diet tapi tetap bisa mengonsumsi semua makanan favorit?

Jika jawabannya “ya”, sebaiknya Anda tidak memilih diet jenis Whole30 dan Keto. Sebab, keduanya menghilangkan daftar panjang makanan yang mungkin menjadi kebutuhan pokok mingguan atau bahkan harian untuk Anda.

  • Apakah Anda mencoba menentukan sensitivitas makanan?

Diet Whole30 dan diet detoks mengklaim dapat membantu mengidentifikasi makanan yang sangat sensitif buat tubuh Anda. Tetapi, menyingkirkan makanan “bermasalah” juga bisa menuai kendala, apalagi bila dilakukan secara sekaligus dalam saktu waktu.

Jika Anda memiliki masalah saluran cerna, pertimbangkan untuk mempelajari lebih lanjut mengenai diet FODMAP. Jenis diet ini dapat sangat membantu mereka yang menderita Irritable bowel syndrome (IBS), penyakit pencernaan yang memengaruhi usus besar.

  • Apakah Anda pernah sukses dalam diet apa pun di masa lalu?

Jika jawabannya “ya”, cari jenis diet yang menurut Anda paling aman untuk dijalankan. Jangan sampai aktivitas diet Anda justru malah menyusahkan dan membuat segalanya seperti menyiksa diri.

Menggabungkan jenis diet

Masih bingung jenis diet apa yang cocok untuk Anda? Jika ya, tak ada salahnya untuk mengambil atau menggabungkan metode diet tertentu. Dengan kata lain, Anda bisa modifikasi sendiri diet yang ingin dilakukan.

Mungkin Anda bisa memadukan diet paleo dengan diet puasa interminten. Lalu, bisa juga Anda memadukan diet keto dengan diet yang lainnya. Satu hal yang pasti, jangan sampai diet yang dijalankan malah seperti hukuman yang membuat Anda tersiksa dan hasilnya malah buruk bagi kesehatan tubuh Anda.

Pada intinya, metode diet yang paling aman dan efektif dikembalikan lagi ke diri Anda masing-masing. Hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau kebiasaan, juga kondisi kesehatan Anda. Jika Anda merasa ragu menentukan metode diet yang paling sesuai, tak ada salahnya untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter atau ahli gizi.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar