Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Keringat Dingin Timbul saat Sakit Lambung, Ini Alasannya

Keringat Dingin Timbul saat Sakit Lambung, Ini Alasannya

Tak cuma bikin perih dan mual, sakit lambung pun bisa bikin penderitanya keringat dingin. Mengapa bisa begitu? Simak ulasannya!

Berkeringat saat panas, gerah, atau lelah tentu sudah biasa. Tandanya, tubuh dalam keadaan normal dan sehat.

Namun, apa jadinya bila berkeringat dalam kondisi sakit lambung dan keringat yang keluar adalah keringat dingin? Tentu bukan hal biasa! Sebab, tandanya ada yang tak beres pada tubuh Anda.

Keringat dingin sendiri sebenarnya bukanlah keringat yang airnya benar-benar dingin. Kenapa disebut keringat dingin? Karena, cairan tubuh tersebut keluar saat tubuh dan permukaan kulit sedang berada di suhu yang rendah (dingin).

Keringat dingin umumnya keluar bukan saat kita sedang beraktivitas fisik, melainkan saat tidak enak badan dan tidak enak perasaan. Hal ini sangat berbeda dengan keringat normal yang keluar saat melakukan aktivitas fisik, terkena udara atau cahaya panas, dan suhu tubuh meningkat.

1 dari 4 halaman

Keringat Dingin dan Sakit Lambung, Ini Penjelasannya

Lantas, apa hubungan keringat dingin dengan sakit lambung? Ya, saat seseorang mengalami sakit lambung, ada beberapa gejala yang dialami, seperti lambung perih, nyeri, mual, lemas, dan cemas.

Tak jarang juga sebenarnya asam lambung menyebabkan keringat dingin. Menurut dr. Dyah Novita Anggrainimunculnya keringat dingin di momen itu menandakan fisik Anda sedang sangat tidak nyaman.

“Salah satu cara tubuh untuk mempertahankan diri dari ketidaknyamanan dan ancaman rasa sakit memang dengan mengeluarkan keringat dingin,” jelasnya.

Dokter Vita menambahkan, “Keringat dingin akan menjadi-jadi saat gejala sakit lambung dirasakan di saat-saat yang tidak tepat, misalnya saat bekerja dan berhadapan dengan orang lain. Sudah lagi menahan sakit, Anda pun cemas dengan kondisi sekitar. Akibat kecemasan yang berlebih semacam itu, keringat dingin bisa terus mengucur.”

Artikel Lainnya: Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi Keringat Dingin!

2 dari 4 halaman

Keringat Dingin dan Penyebab Sakit Lambung

Penyebab keringat dingin keluar saat sakit lambung juga bisa bersinggungan dengan pemicu sakit lambung itu sendiri, lho.

Sebagai contoh, pemicu sakit lambung Anda adalah infeksi virus atau bakteri. Saat tubuh sedang berusaha melawan kuman tersebut, salah satu reaksi paling sederhana dari tubuh adalah mengeluarkan keringat dingin.

“Begitu pula bila faktor penyebab sakit lambung Anda adalah telat makan berjam-jam. Ketika Anda melakukan hal tersebut, asam lambung naik, kadar gula darah di dalam tubuh juga akan menurun drastis. Kalau sudah begitu, kepala jadi pusing dan keluarlah keringat dingin,” pungkas dr. Vita.

3 dari 4 halaman

Agar Tak Sering Keringat Dingin, Atasi Sakit Lambung Anda

Rasa tak nyaman saat sakit lambung jadi penyebab keringat dingin. Sementara, keringat dingin itu sendiri bisa menambah ketidaknyaman juga. Jadi, satu-satunya cara untuk mengatasi itu semua adalah dengan mengobati masalah sakit lambung.

Dokter Vita menyarankan, “Minum obat sakit lambung. Selang beberapa waktu, barulah Anda makan dalam porsi kecil dan beristirahat. Rasa tidak nyaman, sakit, dan keringat dingin pasti akan membaik.”

Apabila sakit lambung, dalam hal ini gastroesophageal reflux disease (GERD), terus-menerus muncul dan efeknya sudah sangat mengganggu, ada satu cara yang bisa dilakukan yaitu mendapatkan prosedur untuk pengecilan lambung atau bedah bariatrik.

Artikel Lainnya: Kenali Penyakit yang Sering Menyerang Lambung

Selain bisa mengatasi masalah tersebut, masalah lain seperti kelebihan berat badan pun bisa diatasi dengan bedah bariatrik. Dokter Andika Widyatama mengatakan, “Bedah bariatrik merupakan pembedahan saluran pencernaan untuk membantu upaya penurunan berat badan.”

“Ukuran lambung pasien akan dibuat semakin mengecil, sehingga area absorpsi makanan dan daya tampung jadi lebih sedikit. Ini semua juga mampu menurunkan risiko penyakit yang berhubungan dengan berat badan berlebih, seperti GERD,” jelasnya.

Setelah penderita sakit lambung mendapatkan tindakan operasi, ada aturan-aturan makan yang perlu dipatuhi agar masalah lambung tidak terjadi lagi, yaitu:

  • Kurangi porsi makan.
  • Tidak minum ketika makan, sebab dapat membuat perut terasa tak nyaman dan sangat penuh.
  • Hindari minuman kafein, bersoda, dan makanan tinggi lemak serta gula.
  • Hindari roti putih, serta makanan yang digoreng dan tinggi kalori.
  • Minum vitamin bila perlu.

Itu dia penjelasan seputar keringat dingin dan sakit lambung. Untuk keluhan lambung yang dialami, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter lewat fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(FR/AYU)

1 Komentar

  • Maya Zema

    keringat dinging bserta trasa dingin di bagian tengkuk, apakah gjala sakit lambung juga?