Sukses

Kulit Lecet, Bisa Cepat Sembuh dengan Minyak Tawon?

Minyak tawon sering digunakan untuk atasi kulit lecet. Ia dipercaya bisa mempercepat penyembuhan luka. Tengok faktanya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Anda pernah mengalami kulit lecet, lalu disuruh menggunakan minyak tawon? Katanya, minyak tawon dapat membuat luka cepat kering. Tak hanya satu-dua orang yang mengatakan demikian. Mungkin sudah turun-temurun minyak ini digunakan untuk menangani luka lecet.

Minyak tawon adalah minyak gosok yang berasal dari kota Makassar, dan bukan berasal dari tawon atau lebah. Awalnya, minyak gosok cap Tawon dibuat oleh Lia A Liet pada 6 Desember 1912 di Makassar. Ia kemudian memperluas bisnisnya ke Batavia dan Surbaya hingga ke luar nusantara.

Lalu, apakah kulit yang terluka, khususnya luka lecet, bisa cepat sembuh dengan menggunakan minyak tawon? Sebelum menjawabnya, yuk lihat dulu kandungan-kandungan dalam minyak tawon:

  1. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih, atau cajeput oil, berfungsi sebagai antibakteri. Jenis minyak ini dapat digunakan untuk melindungi luka terbuka atau daerah yang mengalami iritasi dari infeksi mikroba atau paparan udara. Anda dapat menggabungkan minyak kayu putih dengan bahan lainnya untuk mengobati infeksi atau luka pada kulit.

Selain itu, kandungan minyak kayu putih dalam minyak tawon bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masuk angin dan kembung, mual, pusing, atau sekadar sebagai penghangat tubuh.

  1. Minyak serai

Minyak serai, atau minyak sereh (Cymbopogon nardus) biasa digunakan untuk memberi sensasi hangat pada tubuh dan dapat melemaskan otot-otot yang kaku. Campuran minyak sereh dan minyak kelapa dapat melawan infeksi dan racun yang menyebabkan demam. Juga, minyak sereh yang dicampurkan dengan bahan lain dapat digunakan untuk membilas luka.

  1. Kunyit

Kunyit, atau bahasa ilmiahnya Curcuma longa, merupakan bahan utama dalam peracikan berbagai jenis obat tradisional. Efek penyembuhan yang terkandung dalam rimpang kunyit sendiri dapat mengatasi berbagai masalah yang berhubungan dengan pencernaan dan pernapasan, mengurangi rasa nyeri, serta memiliki sifat antioksidan, anti mikroba, dan sebagainya.

  1. Bawang merah

Tak hanya berguna sebagai penggugah selera makan, bawang merah juga sangat berkhasiat dalam mengatasi masalah peradangan dan infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme patogen. Saat suhu tubuh tinggi, bawang merah dapat digunakan untuk menurunkan demam.

Dengan mengetahui kandungan-kandungan alami yang ada di dalam minyak tawon, sudah jelas bahwa minyak ini memang dapat berguna untuk menyembuhkan luka lecet. Tapi perlu diingat bahwa penggunaan minyak tawon terbatas pada luka luar saja, bukan untuk luka dalam.

Cara penggunaannya yaitu dengan mengoleskan minyak tawon secukupnya pada luka lecet secara menyeluruh. Setelah dioles, biarkan kering dan jangan terkena air. Lakukan pengolesan secara rutin dan teratur hingga luka mengering

Minyak tawon juga tidak memiliki efek samping dalam mengeringkan luka. Selain menghentikan perdarahan yang terjadi karena luka, minyak tawon juga dapat mencegah terjadinya infeksi pada luka yang disebabkan oleh kuman atau bakteri. Ini karena kandungan senyawa yang bersifat antiseptik dan antibakteri yang dimiliki minyak tawon.

Penanganan luka yang tepat akan membuat luka cepat mengering dan sembuh. Tapi bila penanganannya salah, luka tidak akan mengering dan bahkan mudah terkena infeksi sehingga semakin sulit untuk disembuhkan. Karena itu, meskipun minyak tawon bisa menangani kulit lecet, tetaplah pergi ke dokter jika luka Anda tidak kunjung sembuh dengan minyak tersebut.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar