HomeGaya hidupSehat dan Bugar6 Tips Memilih Olahraga yang Cocok dan Tepat untuk Kamu
Sehat dan Bugar

6 Tips Memilih Olahraga yang Cocok dan Tepat untuk Kamu

dr. Muhammad Isman S, 03 Okt 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Banyaknya jenis olahraga bisa membuat kamu bingung ingin memilih yang mana. Ini caranya dalam memilih olahraga yang tepat untukmu!

6 Tips Memilih Olahraga yang Cocok dan Tepat untuk Kamu

Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak pula jenis olahraga baru yang muncul. Tak jarang hal tersebut membuat orang sulit memilih jenis olahraga apa yang tepat untuk kondisi tubuh dan kebutuhan mereka. Mungkin kamu juga salah satu yang mengalaminya?

Untuk memperoleh kebugaran yang maksimal, olahraga harus dilakukan secara rutin. Oleh karena itu, pilihlah jenis olahraga yang benar-benar akan kamu lakukan secara berkelanjutan.

Agar tidak bingung, berikut cara memilih jenis olahraga yang tepat untuk kamu:

1. Sesuai Target

Sebelum memilih jenis olahraga, sebaiknya kamu menentukan terlebih dahulu target yang ingin dicapai. Terlepas dari meningkatkan kebugaran, setiap jenis olahraga memiliki efek spesifik yang berbeda bagi tubuh.

Sebagai contoh, ada jenis olahraga yang berfokus pada bagian otot tertentu pada tubuh, menurunkan berat badan, melatih pernapasan, dan sebagainya.

Tentu saja target setiap orang dapat berbeda, sehingga kamu tidak dapat menggantungkan pilihan olahraga kepada orang lain.

Bagi seseorang yang ingin memperoleh bentuk tubuh ideal, olahraga angkat beban bisa menjadi pilihan yang tepat baginya. Namun, belum tentu hal tersebut cocok untukmu.

Jadi, cara memilih olahraga adalah menyesuaikan dengan target. Bila tidak, olahraga hanya akan dilakukan setengah hati.

Artikel Lainnya: Pilihan Olahraga yang Cocok untuk Remaja Perempuan

2. Sesuai Jadwal

Setiap orang memiliki rutinitas harian yang berbeda-beda. Alangkah baiknya bila kamu memilih jenis olahraga yang disesuaikan dengan jadwal harian. Rencanakan olahraga di waktu luang.

Misalnya, apakah kamu lebih mungkin berolahraga di pagi hari sebelum bekerja atau justru malam hari setelah selesai bekerja.

Selain itu, kamu perlu memperkirakan durasi olahraga dengan waktu yang kamu miliki. Kemudian, sesuaikan lokasi olahraga dengan tempat tinggal atau kerja kamu.

Nah, dengan memilih jadwal yang tepat, kamu bisa memaksimalkan kualitas olahraga yang dilakukan tanpa terganggu oleh rutinitas harian. Kamu yang lebih tahu di mana saatnya tubuhmu siap untuk berolahraga atau tidak.

3. Sesuai Kesukaan

Setiap orang memiliki kesukaan masing-masing. Tidak terkecuali dalam hal olahraga. Jadi, cara memilih olahraga yang sesuai haruslah berdasarkan preferensi pribadi.

Ingatlah bahwa untuk bisa menjalankan olahraga secara maksimal, kamu harus menikmati setiap proses yang sedang kamu lakukan. Jika tidak suka, otomatis komitmen kamu juga akan hilang dengan mudah. Pada akhirnya, kamu berhenti olahraga sebelum target tercapai.

Kamu juga bisa memilih olahraga yang cenderung disukai banyak orang, misalnya sepak bola. Dengan kesamaan minat dalam melakukan jenis olahraga yang sama, mungkin Anda bersama teman-teman olahraga Anda bisa saling memotivasi.

Artikel Lainnya: ‘Merapel’ Waktu Olahraga di Akhir Pekan, Adakah Manfaatnya?

4. Sesuai Gen

Genetik dianggap berperan dalam performa olahraga seseorang, seperti endurance dan power. Oleh sebab itu, untuk memilih olahraga yang sesuai, caranya bisa dengan memperhatikan kecenderungan keluargamu.

Dengan melakukan pemetaan genetik terkait dengan performa olahraga, diharapkan dapat menyediakan program latihan yang sesuai dengan potensi genetik orang tersebut. Bahkan, pemetaan genetik ini dapat sangat berguna bagi para atlet.

Sudah ada beberapa penelitian mengenai hubungan genetik terhadap olahraga yang dilakukan oleh seseorang. Penelitian pada atlet Olimpiade menemukan, terdapat karakteristik genetik pada otot yang mungkin membuat seorang atlet lebih baik menjadi pelari cepat (sprinter) dibandingkan pelari jarak jauh (long-distance runner).

Penelitian lain di University of Sydney menemukan, gen di dalam tubuh dapat memengaruhi sebaik apa tubuh merespons aktivitas fisik yang dilakukan.

Bahkan, gen dalam tubuh dapat berperan dalam beberapa perubahan yang terjadi pada tubuh setelah seseorang melakukan program olahraga dan diet. Seperti berat badan, indeks massa tubuh, hingga kadar lemak tubuh.

Dengan demikian, memilih olahraga yang sesuai dengan genetik bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memaksimalkan potensi kesehatan.

Artikel Lainnya: Pilihan Olahraga yang Bisa Dilakukan di Tempat Tidur\

5. Sesuai Bujet

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih olahraga yang tepat bagimu adalah berapa banyak bujet yang kamu alokasikan untuk olahraga.

Beberapa jenis olahraga membutuhkan anggaran untuk dilakukan. Fitness, misalnya, membutuhkan biaya bulanan. Sementara itu, bersepeda membutuhkan bujet untuk membeli sepeda dan lainnya.

Jika kamy belum memiliki alokasi dana yang besar, kamu bisa memilih olahraga yang murah atau bahkan tidak membutuhkan anggaran. Misal, joging atau aerobik yang dapat dilakukan di rumah.

6. Olahraga Sosial atau Tim Bisa Dipertimbangkan

Kamu juga perlu memperhatikan konsistensi dalam berolahraga. Ini dimaksudkan agar kamu lebih termotivasi untuk melakukannya.

Bagi beberapa orang, salah satu yang membuat seseorang betah untuk melakukan olahraga adalah ketika mereka memiliki teman untuk berolahraga. Apabila kamu termasuk orang yang senang dengan olahraga tim, pilihlah olahraga yang melibatkan tim.

Beberapa jenis olahraga yang dimaksud, seperti futsal dan badminton. Kamu juga bisa bergabung atau membuat komunitas bersepeda atau runner.

Olahraga memiliki peranan penting dalam menjaga kebugaran tubuhmu. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih jenis olahraga yang sesuai. Ingatlah bahwa dengan menjalankan olahraga dengan tepat, kamu sudah berinvestasi untuk memperoleh kesehatan yang lebih baik pada masa yang akan datang.

Ingin konsultasi lebih lanjut mengenai cara memilih olahraga yang tepat? Jangan sungkan untuk chat dokter atau buat janji langsung bertemu dengan dokter melalui beragam layanan di aplikasi KlikDokter.

[WA]

aktivitas fisikOlahraga

Konsultasi Dokter Terkait