HomeInfo SehatKesehatan UmumAwas, Berita Hoaks Bisa Sebabkan Sakit Mag!
Kesehatan Umum

Awas, Berita Hoaks Bisa Sebabkan Sakit Mag!

dr. Dyah Novita Anggraini, 11 Jan 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Hati-hati, jika Anda memiliki riwayat penyakit mag, membaca berita-berita hoaks yang membuat Anda kaget akan memicu sakit mag.

Awas, Berita Hoaks Bisa Sebabkan Sakit Mag!

Berita hoaks yang kini semakin sering muncul, terutama usai terjadi bencana alam seperti tsunami, gempa atau gunung meletus, tentunya dapat membuat masyarakat menjadi bingung, timbul rasa cemas dan muncul rasa ketakutan. Pada orang yang memiliki sakit mag, rasa cemas yang berlebihan semacam itu akan memicu peningkatan asam lambung.

Kaitan rasa cemas dan sakit mag

Faktanya, rasa cemas yang berlebihan dapat memicu masalah pencernaan. Begitupun sebaliknya, mag kronis yang tidak teratasi juga dapat membuat penderita merasa cemas berlebihan.

Saat seseorang mengalami kecemasan, lambung akan memproduksi asam lambung tiga kali lebih banyak daripada kondisi normal. Selain itu, tubuh akan menurunkan produksi hormon prostaglandin yang seharusnya berperan untuk melindungi lambung dari paparan asam lambung yang berlebihan.

Dalam hal ini, gaya hidup seseorang saat muncul rasa cemas juga berperan dalam meningkatkan asam lambung, misalnya menjadi sering merokok atau minum alkohol setelah mendengar berita hoaks yang menakutkan.

Bahkan ada penelitian yang mengaitkan keterlibatan senyawa kimia otak yang dinamakan cholecystokinin dengan gangguan cemas, panik dan peningkatan asam lambung, sehingga keluhan sakit mag dapat muncul jika cholecystokinin keluar bersamaan dengan rasa cemas dan panik.

Jika rasa cemas ini sering muncul pada Anda yang menderita penyakit mag, tidak menutup kemungkinan Anda akan memiliki gangguan refluks asam lambung (GERD) yang dikaitkan dengan kecemasan, dengan gejala seperti:

  • Sensasi rasa terbakar di dada yang terkadang menjalar ke kerongkongan
  • Sensasi rasa asam atau pahit di mulut
  • Sulit menelan
  • Nyeri tenggorokan
  • Suara serak
  • Nyeri dada.

Jika penyebab sakit mag Anda adalah kecemasan, maka yang harus Anda lakukan pertama kali adalah menghilangkan rasa cemas tersebut. Namun, jika penyebabnya adalah berita hoaks yang membuat Anda stres, cobalah untuk mencari tahu kepada sumber yang terpercaya.

Yang perlu Anda ingat, sebaiknya jangan mudah percaya terhadap semua berita tanpa ada konfirmasi dari sumber resmi. Nah, untuk menghindari serangan mag datang terus-menerus, Anda perlu mengetahui kiat yang tepat untuk menanganinya.

Tips mencegah sakit mag karena cemas

Apabila rasa cemas tak kunjung reda, lakukanlah konsultasi lanjut dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh. Dan bila diperlukan, Anda akan diberikan terapi untuk mengurangi rasa cemas yang ada.

Selain menjalani terapi tersebut, agar penanganan rasa cemas tidak bergantung pada pengobatan dan lebih cepat mereda, Anda juga perlu mengubah pola hidup dengan menerapkan kebiasaan baik berikut ini:

  1. Rutin olahraga

Olahraga yang teratur dapat membantu tubuh memproduksi hormon serotonin yang dapat mencegah stres.

  1. Istirahat cukup

Kualitas tidur yang baik dapat menghindari Anda dari rasa cemas dan stres. Jadi, usahakan setiap hari Anda tidur selama 6-8 jam di malam hari.

  1. Menjaga asupan makanan

Hindari makanan yang memicu naiknya asam lambung seperti makanan pedas, asam, bersantan, cokelat, kafein, dan makanan berlemak.

Jika berbagai hal di atas sudah dilakukan dan pengobatan juga telah dijalani namun keluhan mag masih muncul di saat Anda merasa cemas, bisa jadi Anda mengalami gangguan psikosomatis. Gangguan ini termasuk kategori gangguan neurotik yang berkaitan dengan stres dan gangguan somatoform seperti mual, nyeri perut, nyeri ulu hati, perut kembung, rasa panas di dada dan pusing. Untuk memastikan diagnosis gangguan psikosomatis, Anda perlu menjalani konsultasi lanjutan dengan dokter spesialis penyakit dalam, psikolog atau psikiatri.

Berita hoaks terkadang memang menambah beban pikiran. Karena pemberitaan yang disebarkan kerap dilebih-lebihkan dan menakut-nakuti. Tak jarang, bagi penderita mag, berita seperti ini bisa menimbulkan serangan mag. Agar terhindar dari hal tersebut, sebaiknya hindari membaca berita dari sumber yang tak jelas, dan lakukan kiat-kiat di atas untuk mencegah mag muncul saat Anda merasa cemas.

[NP/ RVS]

PsikosomatisMasalah PencernaanStrespanikAsam LambungGangguan CemasPenyebab Sakit MagHoaksGERDMag

Konsultasi Dokter Terkait