Sukses

5 Tips Mendapatkan Jantung Sehat bagi Wanita Sibuk

Sibuk bukanlah alasan tidak menjaga kesehatan jantung. Para wanita sibuk dapat melakukan lima tips ini untuk mendapatkan jantung sehat.

Klikdokter.com, Jakarta Kesehatan adalah hal yang penting dan harus diutamakan. Meski sibuk dengan urusan rumah tangga, pekerjaan di kantor, dan mengurus anak, para wanita tetap harus menjaga kesehatan jantung. Terlebih lagi memiliki jantung sehat adalah aset yang tak ternilai.

Menurut dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, penting bagi wanita untuk menjaga kesehatan jantung. Apalagi saat memasuki masa menopause, risiko penyakit jantung bisa semakin tinggi.

“Sebuah studi menyatakan bahwa akan terjadi peningkatan serangan jantung pada wanita yang telah mengalami menopause selama 10 tahun. Hal ini disebabkan oleh penurunan kadar hormon estrogen, yaitu hormon yang menjaga fleksibilitas pembuluh darah arteri dan membuat dinding arteri kuat,” ujarnya.

Lebih lanjut, dr. Theresia mengungkapkan bahwa penurunan kadar hormon tersebut dapat memicu terjadinya kerusakan pada pembuluh arteri yang membawa darah ke jantung. Terlepas dari menopause, risiko penyakit jantung juga bisa meningkat jika Anda tak menjaga kesehatan.

Para wanita, sudah saatnya Anda menjaga jantung sejak dini. Dilansir dari John Hopkins Medicine, Anda dapat menerapkan lima tips berikut.

  1. Bersosialisasi

Cari waktu bersama teman dan orang-orang terdekat untuk meluapkan kebahagiaan lewat bersosialisasi. Studi menunjukkan bahwa isolasi sosial meningkatkan risiko penyakit jantung dan dikaitkan dengan perilaku berisiko seperti kurang aktivitas fisik dan merokok.

  1. Aktif berolahraga

Olahraga mampu melepas hormon endorfin yang meningkatkan suasana hati serta menjaga kesehatan jantung. Lembaga The American Heart Association merekomendasikan olahraga aerobik secara teratur untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda. Terlepas dari olahraga, berjalan setidaknya 10.000 langkah per hari juga mampu menjadi solusi tepat.

  1. Menjaga asupan makanan

Beberapa makanan tinggi kolesterol dan lemak dapat mengganggu kesehatan jantung Anda. Hindari juga camilan dan makan dengan porsi besar di malam hari karena dapat menyebabkan masalah serupa. Pilih makanan bernutrisi tinggi seperti sayuran dan buah-buahan.

  1. Menerapkan pola pikir positif

Penelitian menunjukkan bahwa menerapkan pola pikir positif dan optimistis mampu meningkatkan kesehatan. Dalam sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa optimisme sanggup meningkatkan pemulihan dari sindrom penyakit jantung koroner akut.

  1. Nikmati waktu berkualitas seorang diri

    Ada kalanya Anda sibuk mengurus pekerjaan, bisnis, hingga urusan rumah tangga, seperti menjaga anak dan melayani kebutuhan suami. Padahal, memperhatikan diri sendiri juga tak kalah penting! Pastikan Anda meluangkan waktu untuk makan makanan bergizi, olahraga, dan menjalani hobi yang bikin Anda bahagia.

    Terkait hal ini, para wanita juga harus mewaspadai serangan jantung yang bisa datang kapan saja. Menurut dr. Jessica Florencia dari KlikDokter, serangan jantung pada wanita memiliki ciri khas seperti:

    1. Nyeri dada seperti ditekan benda berat selama beberapa menit atau hilang timbul.
    2. Nyeri di salah satu atau kedua lengan, punggung atas, leher dan rahang.
    3. Nyeri di daerah ulu hati atau rasa tertekan benda berat pada daerah perut atas.
    4. Sulit bernapas dengan nyeri dada atau tanpa nyeri dada.
    5. Mual dan muntah tanpa sebab yang jelas.
    6. Pusing, rasa melayang, pingsan, gangguan tidur tanpa sebab yang jelas.
    7. Keringat dingin yang berlebihan.
    8. Merasa lelah, meski sedang duduk atau beristirahat.

Jadi, sibuk bukanlah alasan para wanita untuk mengabaikan kesehatan jantung. Terapkan tips di atas agar jantung sehat Anda tetap terjaga. Jika timbul gejala yang menyerupai serangan jantung, segera konsultasikan pada dokter guna penanganan lebih lanjut.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar