Sukses

Sering Terbangun Saat Dini Hari, Mistis atau Gangguan Medis?

Sering terbangun saat dini hari sering dikaitkan dengan kejadian mistis. Padahal, kondisi ini bisa jadi tanda adanya gangguan medis.

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu hal yang cukup menyebalkan ketika Anda tidur adalah mendadak terbangun begitu saja saat dini hari. Biasanya, kondisi ini kerap terjadi pada pukul 2 atau 3 pagi. Bila Anda sering terbangun di saat-saat itu, waspadalah. Bisa jadi, Anda mengalami gangguan medis.

Sayangnya, sebagian masyarakat masih menganggap kondisi tersebut sebagai kejadian mistis. Ada yang bilang, ketika Anda terbangun mendadak saat dini hari, ada makhluk halus yang sedang memperhatikan Anda. Namun, hal ini sebetulnya bisa dijelaskan secara medis.

Yang terjadi pada tubuh ketika sering terbangun dini hari

Dilansir dari Aol.com, ada teori yang menyatakan bahwa bangun pada waktu tertentu di malam hari merupakan sinyal dari tubuh untuk memberitahu ada yang tak beres pada tubuh Anda.

Saat tidur, tubuh mengalami banyak aktivitas. Meski otak beristirahat, anggota tubuh yang lain tetap bekerja memperbaiki jaringan-jaringannya dan melepaskan hormon yang berkaitan dengan pertumbuhan.

Nah, ketika Anda terbangun pada dini hari dengan waktu yang selalu sama, artinya tubuh sedang memberi sinyal bahwa organ tertentu sedang aktif. Misalnya, ketika Anda kerap terbangun antara jam 1 hingga 3 pagi, organ yang sedang aktif di dalam tubuh adalah organ hati.

Artinya, kondisi terbangun mendadak pukul 2 pagi menandakan bahwa ada yang kurang beres dari organ hati Anda. Selain itu, kondisi ini juga bisa menandakan Anda tengah mengalami gangguan tidur.

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, kondisi sering terbangunnya Anda di waktu yang sama memang mengindikasikan bahwa ada yang tidak beres dari tubuh. Apalagi jika sesudah terbangun, Anda sulit tidur kembali. Sudah bisa dipastikan bahwa yang Anda alami adalah gangguan tidur yang harus segera ditangani.

“Tapi, kalau misalkan Anda selalu terbangun, tetapi tidak terlalu sulit untuk tidur kembali, maka itu bukan gangguan tidur,” kata dr. Vita.

1 dari 2 halaman

Waspada ketika Anda sulit tidur setelah terbangun di tengah malam

Tidur berkaitan dengan kegiatan alam bawah sadar seseorang. Dijelaskan oleh dr. Vita, ketika Anda sudah memasuki fase rapid eye movement (REM), berarti orang tersebut sudah sangat tenang.

“Bila ada orang yang sering terbangun saat tidur. Berarti ia belum benar-benar masuk ke dalam fase REM dan belum pulas tidurnya,” ucapnya. Kondisi sulitnya seseorang untuk masuk ke fase REM ini rupanya disebabkan oleh banyaknya pikiran, stres, dan perasaan tertekan.

Meski demikian, bukan berarti orang yang memiliki penyakit fisik bisa mudah tertidur pulas. Mereka pasti juga akan sering terbangun, tetapi umumnya tidak sesering orang yang mengalami stres berat ataupun depresi.

Nah, bila Anda mengalami kejadian serupa, Anda disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter. Sebab, bisa jadi ada masalah pada organ hati maupun bagian kepala Anda.

Tips agar tidur nyenyak dan kualitas tidur lebih baik

Kondisi sering terbangun tersebut akan selalu menghantui jika Anda masih terbelenggu dengan segala tekanan dan emosi negatif. Maka, dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter menyarankan untuk melakukan beberapa langkah di bawah ini sebelum Anda pergi mengistirahatkan diri di atas kasur:

  • Lakukanlah relaksasi, meditasi, yoga, atau ibadah sebelum tidur.
  • Cobalah berdamai dengan keadaan. Terima segala masalah dengan ikhlas dan hadapi dengan berani. Semakin Anda ikhlas dan semakin cepat masalah diselesaikan, semakin kecil kemungkinannya Anda untuk terbangun saat dini hari.
  • Buatlah diri senyaman mungkin sebelum tidur, gunakan lampu yang redup, hindari suara bising, dan bila perlu pasang aromaterapi untuk efek yang lebih menenangkan.
  • Jangan makan dan minum berlebihan sebelum tidur.
  • Batasi konsumsi kafein di sore maupun malam hari.

Jika sudah melakukan cara di atas, tetapi Anda tetap saja terbangun disertai keringat, sesak napas, atau rasa nyeri di bagian tubuh tertentu, sebaiknya segera periksakan kondisi tersebut ke dokter. Sebab, bisa jadi hal tersebut bukan cuma dipicu oleh stres berat, melainkan kondisi penyakit yang tanpa disadari telah Anda miliki sejak lama. Yang perlu diingat, jangan memperburuk kondisi dengan cara mengonsumsi obat tidur saat Anda terbangun mendadak.

Sering terbangun pada dini hari memang biasa menandakan adanya gangguan medis, yang biasanya mengarah pada organ hati atau kepala. Bila Anda sering mengalaminya, cobalah lakukan berbagai tips di atas untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Bila kondisi tak kunjung membaik, berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar