Sukses

Bukan Hanya Tulang, Gigi Juga Bisa Keropos

Seperti halnya tulang, gigi juga bisa mengalami keropos saat tidak dirawat dengan baik. Kenali penyebab gigi keropos dan cara mengatasinya.

Gigi keropos bisa terjadi ketika lapisan enamel yang berfungsi sebagai pelindung gigi mengalami kerusakan. Hal ini kemudian memicu timbulnya lubang pada gigi. Bila dibiarkan tanpa perawatan, gigi lama kelamaan akan habis karena keropos.

Untuk mencegah hal tersebut, Anda tentu harus mengetahui apa saja penyebab gigi keropos. Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

 

1 dari 3 halaman

Penyebab Gigi Keropos

Gigi keropos terjadi karena zat asam yang mengikis lapisan enamel pada gigi. Pengeroposan enamel tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini:

1. Konsumsi Gula Berlebihan

Sering mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula tinggi secara berlebihan dapat membuat gigi rusak. Terlebih jika Anda tidak membersihkannya secara rutin. 

2. Mulut Kering

Mulut kering disebut juga dengan istilah xerostomia. Pada kondisi ini, volume saliva (air liur) terlalu rendah sehingga membuat mulut menjadi lebih kering dan memicu kerusakan gigi.

Artikel Lainnya: Gigi Rapuh, Tanda Penyakit Kronis?

3. Penggunaan Obat-obatan Tertentu

Obat-obatan seperti aspirin dan antihistamin dapat berpengaruh terhadap kesehatan gigi. Hal ini dapat disebabkan obat-obatan tersebut dapat menghambat produksi air liur, sehingga mulut menjadi kering.

4. Beberapa Kebiasaan Buruk

Beberapa kebiasaan buruk ternyata dapat mengganggu kesehatan gigi dan mulut. Contohnya adalah merokok, mengonsumsi alkohol, menggeretakkan gigi atau bruxism.

5. Gangguan Makan

Gangguan pola makan seperti bulimia merupakan salah satu faktor penyebab gigi keropos. Bulimia merupakan suatu kondisi di mana seseorang takut gemuk sehingga sering memuntahkan makanannya. Cairan muntahan tersebut mengandung asam yang bersifat korosif sehingga dapat merusak gigi.

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Gigi Keropos

Untuk menuntaskan masalah gigi keropos, dokter gigi akan melihat penyebabnya terlebih dahulu. Selain itu, dokter gigi juga akan menyarankan Anda untuk melakukan berbagai upaya, seperti:

  • Sikat Gigi dengan Pasta Gigi Berfluoride

Sikatlah gigi secara rutin dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. The American Dental Association (ADA) merekomendasikan pasta gigi berfluorida, karena faktanya kandungan ini dapat mencegah kerusakan gigi dan memperkuat gigi Anda, sehingga tidak rentan terhadap kehilangan mineral di masa mendatang.

Artikel Lainnya: Ini Dia Makanan Penyebab Gigi Keropos

  • Tingkatkan Kalsium dan Vitamin

Mineral, seperti kalsium dan fosfat, membantu membentuk kembali enamel gigi bersama dengan tulang dan dentin. Mereka juga mencegah kerusakan gigi atau gigi berlubang. Oleh karena itu, konsumsilah makanan dan minuman yang mengandung kalsium serta vitamin.

  • Perbanyak Konsumsi Air Putih

Selain dapat membantu mengurangi demineralisasi, konsumsi air putih juga berguna untuk membilas mulut setelah makan atau minum asam atau manis. Tak hanya itu, air putih membantu menghilangkan zat berbahaya dari tubuh.

  • Mengunyah Permen Karet Bebas Gula

Salah satu cara mengatasi gigi keropos ialah dengan mengunyah permen karet bebas gula. Kunyahlah permen karet bebas gula setelah makan. Permen karet dapat membantu produksi air liur untuk membilas asam yang terbentuk pada mulut setelah makan.

  • Rutin ke Dokter Gigi

Untuk mencegah terjadinya pengeroposan pada gigi, lakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Namun, bila sudah terdapat tanda-tanda kerapuhan pada gigi Anda, segeralah periksakan diri ke dokter gigi, tak perlu menunggu hingga 6 bulan kemudian.

Gigi yang keropos tentu akan mengganggu penampilan dan mengurangi kepercayaan diri Anda. Untuk itu, jagalah selalu kebersihan gigi dan mulut agar Anda terhindar dari berbagai masalah gigi, termasuk gigi keropos.

Konsultasikan masalah kesehatan gigi dan mulut Anda kepada dokter gigi melalui Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar