Sukses

9 Cara Mudah untuk Menenangkan Pikiran

Pikiran yang kacau biasanya akan berefek pada kehidupan yang kacau juga. Coba cara-cara di bawah ini untuk menenangkan pikiran Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Pikiran yang tenang biasanya akan membuat hidup jauh lebih bahagia. Itulah sebabnya banyak orang yang merasa terganggu hidupnya ketika pikirannya terganggu atau dalam kata lain, stres. Sayangnya, banyak yang belum tahu bagaimana cara mudah untuk menenangkan pikiran, yang tentunya akan membuat hidup lebih menyenangkan.

Sebagian besar orang percaya bahwa segala hal yang dilakukan berasal dari pikiran. Ketika Anda merasa buruk, bisa jadi pikiran Anda tidak tenang. Sementara sebaliknya, ketika Anda bahagia, pikiran Anda akan lebih positif dan dalam keadaan yang tenang.

Nah, untuk mendapatkan ketenangan pikiran yang berasal dari dalam diri dan lingkungan luar, berikut ini adalah beberapa cara menenangkan pikiran seperti dikutip dari WebMD:

1. Atur irama bernapas Anda

Anda tentunya melakukan ini sepanjang waktu, tetapi menggunakan pernapasan untuk menciptakan ketenangan pikiran harus lebih berhati-hati. Coba atur iramanya dengan baik.

Jika Anda biasanya mengambil napas pendek dan cepat, cobalah untuk bernapas lebih lambat dan lebih dalam. Letakkan tangan Anda di atas perut, rasakan perut yang naik dan mengembang saat Anda menarik udara, dan perut yang akan kembali kempis saat Anda mengeluarkannya.

2. Olahraga

Hanya dengan 5 menit latihan aerobik seperti jalan cepat, pikiran Anda bisa menjadi lebih tenang. Sebab, olahraga bisa melepaskan endorfin, yakni hormon yang membuat Anda merasa baik dan dapat membantu meningkatkan suasana hati, fokus, dan serta tidur Anda. Itulah sebabnya olahraga yang dilakukan secara rutin sangat baik bagi ketenangan pikiran.

3. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik berarti mengurangi jumlah neuron yang terbakar di amygdala Anda, yakni bagian otak yang merespons rasa takut. Itulah sebabnya musik dapat menenangkan Anda saat merasakan sakit.

Dengarkan musik baik-baik, nikmati irama dan liriknya, bukan sekadar ada suara. Semakin banyak Anda memperhatikan, semakin sedikit Anda memikirkan hal lain yang mungkin membuat pusing.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Membantu seseorang

Melakukan sesuatu yang baik untuk seseorang membuat Anda merasakan sebuah kebahagiaan, menurunkan stres dan mengurangi perasaan kesepian. Bahkan, menolong seseorang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan respons imun tubuh Anda. Sehingga, daya tahan tubuh Anda pun akan meningkat.

Fakta menyenangkan ketika Anda menghabiskan uang untuk orang lain adalah tubuh Anda melepaskan lebih banyak endorfin daripada ketika Anda menghabiskan uang untuk diri sendiri. Jadi, mulai sekarang mungkin Anda boleh berbagi rezeki dengan orang lain yang lebih membutuhkan.

5. Membayangkan tempat favorit

Pikirkan tempat favorit, baik yang nyata atau sekadar imajinasi Anda. Pilih tempat yang bisa membuat Anda merasa tenang dan bahagia, misalnya suasana pantai saat matahari terbenam, kursi yang nyaman di depan perapian, atau aliran air di hutan. Fokuslah pada setiap detailnya. Selain itu, rekaman audio seperti suara air mengalir atau suara deburan ombak juga dapat membantu Anda melalui proses ini.

6. Menikmati alam

Menikmati alam sering membuat orang berpikir lebih jernih serta merasa lebih santai dan segar. Faktanya, otak Anda bekerja lebih mudah ketika berada di lingkungan yang lebih hijau. Dalam sebuah penelitian, anak-anak dengan ADHD mampu berkonsentrasi lebih baik setelah 20 menit bermain di taman.

Tak hanya itu. Menghabiskan waktu di luar ruangan juga dapat menurunkan detak jantung, tekanan darah, hormon stres, dan bahkan ketegangan otot.

7. Menggali tanah atau berkebun

Bukan sekadar menikmati berbagai variasi tanaman, menggali tanah atau berkebun juga bisa membuat pikiran tenang. Tanah itu sendiri memiliki mikroorganisme yang dapat membantu Anda fokus dan memperbaiki suasana hati Anda. Jadi, jangan ragu untuk memulai berkebun di rumah, ya!

8. Berkreasi membuat sesuatu

Kegiatan seperti memasak, mewarnai, merajut, menjahit, dan membuat tembikar menawarkan pelarian bagi pikiran yang sibuk. Tindakan sederhana dan berulang-ulang seperti menguleni adonan dapat membantu mengarahkan pikiran Anda dan menghilangkan berbagai pikiran buruk di kepala Anda.

Dalam hal ini, biarkan batin Anda yang bermain. Kuncinya adalah menikmati prosesnya dan tidak terlalu khawatir tentang hasil akhirnya.

9. Mengistirahatkan pikiran

Ketika Anda merasakan bahwa pikiran Anda melaju kencang atau berputar-putar sehingga membuat Anda pusing, cobalah untuk meregangkan badan, berjalan-jalan, atau mengobrol dengan teman tanpa memikirkan hal yang berat. Luangkan setidaknya 5 menit untuk mengisi ulang dan mengatur ulang pikiran Anda agar lebih terpusat dan jernih.

Pikiran yang buruk tentunya akan membuat hari-hari Anda semakin tidak menyenangkan. Cobalah untuk menenangkan pikiran dengan menerapkan sederet tips di atas. Cara-cara di atas cukup mudah untuk dilakukan, dan setelahnya, pikiran Anda pasti akan segar kembali. Dengan demikian, Anda pun terhindar dari risiko stres hingga depresi, dan aktivitas Anda pun tak akan terganggu.

[NP/ RVS]

 

0 Komentar

Belum ada komentar