Sukses

Daftar Makanan Tinggi Serat yang Baik untuk Anak

Serat adalah nutrisi penting bagi tubuh, termasuk untuk bayi dan anak. Apa saja makanan tinggi serat yang baik untuk bayi dan anak? Berikut daftarnya.

Asupan serat sangat diperlukan oleh tubuh, baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Karena serat berperan penting untuk menjaga kesehatan serta untuk memperlancar sistem pencernaan.

Sayangnya, menurut data dari Kementerian Kesehatan Indonesia, sebanyak 9 dari 10 anak di Indonesia dengan usia di bawah 10 tahun mengalami kekurangan serat. Padahal, serat merupakan gizi yang penting bagi kesehatan anak. Penelitian juga membuktikan, anak yang kekurangan serat rentan mengalami obesitas dan sembelit.

American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan setiap anak untuk mengonsumsi serat sebanyak usianya dan ditambah 5 gram. Jadi, jika si kecil berusia 5 tahun, maka kebutuhan serat minimalnya adalah sebesar (5+5) gram, yaitu 10 gram.

Untuk tahu apa saja makanan mengandung serat yang baik untuk anak, simak ulasan berikut ini.

1 dari 7 halaman

1. Oatmeal

Mulailah pagi hari anak dengan semangkuk oatmeal. Di dalam secangkir oatmeal mengandung sekitar 4 gram serat. Anda dapat menjadikan oatmeal sebagai makanan favorit anak dengan menambahkan bumbu, seperti kayu manis, sirop mapel, dan kismis dalam takaran seimbang.

Artikel Lainnya: 8 Cara Penuhi Kebutuhan Serat Anak yang Tak Suka Sayur

2. Apel

Apel mengandung 3,6 gram serat dalam porsi kecil. Biasakan untuk mengonsumsi apel setiap hari dan lihat perbedaannya pada buah hati Anda.

Ketika si kecil bosan, Anda bisa mengolah apel dalam bentuk lain, misalnya dengan cara dijus. Ingat, tak perlu menambahkan gula ke dalam jus apel anak, ya.

2 dari 7 halaman

3. Wortel

Wortel adalah salah satu sayuran yang sering dihindari oleh anak karena rasanya cenderung hambar. Padahal, selain kaya vitamin A, wortel juga mengandung sejumlah serat yang baik untuk kesehatan saluran cerna anak.

4. Pisang

Pisang identik dengan buah mengandung karbohidrat dan potasium yang mampu menyuplai tenaga untuk aktivitas sehari-hari. Tidak cuma itu, pisang juga mengandung 3,1 gram serat, lho!

Artikel Lainnya: Balita Sulit BAB Akibat Makan Pisang, Ini Penjelasannya!

3 dari 7 halaman

5. Roti Gandum

Selembar roti gandum rata-rata memiliki kandungan serat sebanyak 2 gram. Namun, ada juga beberapa roti gandum yang memiliki serat lebih dari 3 gram. Anda dapat menyajikan roti gandum berlapis selai kacang dan jelly untuk waktu makan siang si kecil.

6. Buah beri

Ragam buah beri mengandung manfaat sehat untuk tubuh. Raspberry misalnya, buah ini mengandung 4 gram serat untuk setiap setengah porsi. Sementara itu, kandungan serat bluberi dan stroberi bersaing satu sama lain. Masing-masing dengan 1,8 dan 1,5 gram serat pada setiap porsi.

4 dari 7 halaman

7. Pir

Bisa dikatakan bahwa pir adalah rajanya buah berserat. Sebab, buah pir utuh berukuran sedang saja bisa mengandung 5,5 gram serat. Ortu disarankan untuk menyajikan buah pir agar saluran pencernaan anak menjadi lebih sehat.

8. Ubi Jalar

Sebanyak satu porsi ubi jalar mampu menyediakan 3,8 gram serat yang baik untuk kesehatan anak. Ubi jalar juga dapat diolah menjadi berbagai menu camilan menarik, seperti donat atau biji salak.

Artikel Lainnya: Bunda, Ini Pentingnya Serat Pangan bagi Daya Tahan Tubuh Si Kecil

5 dari 7 halaman

9. Popcorn

Siapa sangka bahwa popcorn mengandung serat yang baik untuk anak? Ya, Anda dapat menjadikan popcorn sebagai alternatif sumber serat untuk menemani acara nonton bersama si kecil di hari libur.

Popcorn terbuat dari bulir jagung kering. Di dalam 3 mangkuk popcorn setara dengan 2 gram serat. Saat mengolah popcorn, hindari terlalu banyak menambahkan margarin atau pemanis agar makanan tersebut tetap sehat.

10. Sereal

Hampir semua anak menyukai sereal dengan susu dingin. Agar lebih sehat, coba ganti dengan sereal tinggi serat yang kini mudah ditemukan di pasaran. Satu kotak sereal siap makan dapat mengandung 3 sampai 14 gram serat di setiap porsinya sajiannya.

6 dari 7 halaman

11. Alpukat

Alpukat termasuk ke dalam kategori buah yang mengandung serat. Di dalam setengah mangkuk alpukat mengandung serat hingga sekitar 5 gram.

Anak biasanya menyukai rasa dan tekstur alpukat yang creamy meski tanpa dicampur apa pun. Sebagai variasi menu, Anda bisa melumatkan alpukat dengan buah segar lainnya untuk dijadikan smoothie.

12. Kacang almond

Kacang almond merupakan camilan yang baik untuk semua usia, termasuk anak-anak. Kacang almond merupakan salah satu jenis kacang yang paling tinggi kandungan seratnya. Di dalam setiap ons kacang almond bisa mengandung hingga 3,5 gram serat.

Artikel Lainnya: Bunda, Ini Tanda Anak Kurang Serat

Ketika anak tidak suka dengan makanan tinggi serat yang disajikan, Anda perlu mengolah dan menyajikannya supaya lebih menarik. Anda bisa membuat puding atau salad buah untuk memotivasi si kecil mengonsumsi makanan yang kaya serat.

Anda juga dapat mengemas makanan untuk si kecil dalam bentuk bento. Tujuannya agar si kecil penasaran dan tertarik untuk melahapnya. Jangan lupa untuk memerhatikan porsi serat secara cukup supaya manfaat sehatnya bisa benar-benar dirasakan.

Cari tahu informasi kesehatan tepercaya lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar