Sukses

Lakukan Ini agar Bebas Pegal Saat Berdiri Lama di Kereta Komuter

Berdiri dalam kereta komuter untuk waktu yang lama bikin kaki pegal. Simak tips ini agar bebas pegal saat bepergian dengan kereta komuter.

Klikdokter.com, Jakarta Kereta komuter cukup populer digunakan masyarakat sebagai moda transportasi sehari-hari, misalnya untuk menuju tempat kerja di pusat kota. Membludaknya penumpang sering kali membuat Anda tidak mendapatkan tempat duduk dan harus berdiri sambil berdesakan selama perjalanan. Berdiri dalam waktu yang cukup lama saat berada dalam kereta komuter tentu sering membuat kaki Anda pegal, bukan? Berikut ini tips agar Anda bebas pegal selama melakukan perjalanan dengan kereta komuter.

  • Pilih alas kaki yang sesuai

Salah satu hal penting, tapi sering terlupakan adalah menggunakan alas kaki yang sesuai. Selain berdiri lama saat perjalanan di kereta, tentu Anda akan banyak berjalan kaki menuju dan keluar peron. Alas kaki tentu punya peran penting. Jadi, bagaimana memilih alas kaki yang sesuai?

Yang pertama, pakailah alas kaki yang sesuai dengan ukuran kaki Anda. Memakai alas kaki yang tidak sesuai ukuran - terlalu kecil atau sebaliknya - dapat mengakibatkan kaki lecet dan tidak nyaman saat berdiri atau berjalan. Alas kaki dengan merek berbeda terkadang memiliki ukuran yang sedikit berbeda pula. Oleh karena itu, pastikan Anda mencoba alas kaki sebelum membelinya.

Ukuran kedua kaki juga dapat berbeda, walaupun biasanya hanya sedikit. Dalam kasus demikian, pilihlah alas kaki sesuai ukuran terbesar. Hal lain yang dapat dilakukan adalah membeli alas kaki saat sore atau malam hari. Ketika sore atau malam hari, umumnya ukuran kaki lebih besar, jika dibandingkan dengan pagi hari, sehingga lebih baik jika dijadikan patokan ukuran.

Kedua, perhatikan juga jenis alas kaki yang nyaman. Sepatu high heels, misalnya, walaupun cantik dipakai, tapi mudah membuat pegal. Di sisi lain, penggunaan heel tidak sepenuhnya buruk. Bagi Anda yang akan berdiri dalam jangka waktu panjang, para ahli menyarankan penggunaan alas kaki di mana tumit terangkat, sekitar 0,6 hingga 5 cm. Sepatu yang digunakan juga sebaiknya menyokong kelengkungan kaki dengan baik.

  • Ubah posisi berdiri

Salah satu alasan Anda pegal saat berdiri selama perjalanan dengan kereta komuter adalah karena diam dalam satu posisi untuk jangka waktu yang lama. Jika memungkinkan, usahakan untuk mengubah posisi berdiri Anda. Misalnya dengan berpindah tempat. Postur tubuh yang baik saat berdiri dapat membantu mengurangi rasa pegal. Jadi, perhatikan untuk selalu berdiri dengan posisi tegak.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  • Lakukan latihan sederhana dalam perjalanan

Selain itu, Anda juga dapat melakukan latihan sederhana dalam perjalanan. Lakukan latihan berikut, berdiri tegak lalu berjinjit. Tahan posisi tersebut selama beberapa detik, lalu kembali ke posisi semula. Ulangi latihan ini hingga 10 kali.

  • Jaga berat badan tetap ideal

Beban yang berat juga membuat Anda mudah pegal. Artinya, jaga berat badan ideal sehingga tidak memberikan beban tambahan pada kaki Anda saat berdiri lama. Jika berat berlebih, Anda dapat menguranginya dengan kombinasi diet dan olahraga. Selain terbebas dari pegal, tubuh juga menjadi lebih sehat.

Bagi Anda yang melakukan perjalanan dengan kereta komuter setiap hari, ada beberapa hal yang dapat dilakukan di rumah untuk merawat kaki, misalnya:

  • Merendam kaki selama 20 menit di dalam air es. Hal ini dapat membantu mengurangi pembengkakan yang mungkin muncul akibat berdiri dalam jangka waktu panjang.
  • Pijat kaki Anda. Anda dapat menggunakan bola (misalnya bola tenis) yang diinjak sementara Anda duduk, lalu gerakkan kaki Anda sehingga bola bergulung dari tumit hingga ujung jari kaki.
  • Angkat kaki Anda selama tidur, misalnya dengan diganjal bantal. Hal ini juga dapat mengurangi pembengkakan pada kaki.

Anda yang setiap hari menggunakan kereta komuter menuju tempat kerja atau kuliah, dapat menerapkan tips di atas. Semoga dengan menerapkan beberapa tips tersebut, Anda dapat bebas pegal selama bepergian dengan kereta komuter.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar