Perawatan Wanita

9 Penyebab Payudara Gatal dan Cara Mengatasinya

dr. Theresia Yunita, 03 Feb 2023

Ditinjau Oleh dr. Theresia Yunita

Payudara gatal biasa dialami wanita. Sejumlah kondisi bisa jadi penyebabnya. Ketahui penyebab payudara gatal dan cara mengatasinya di sini.

9 Penyebab Payudara Gatal dan Cara Mengatasinya

Payudara terasa gatal biasa terjadi. Kondisi ini tanpa disadari menyebabkan kamu sering menggaruk payudara.

Selama tidak disertai dengan bengkak, ruam, nyeri, dan kemerahan, payudara gatal adalah kondisi umum yang tidak berbahaya. Meski begitu, rasa gatal yang tidak tertahankan terkadang bisa mengganggu aktivitas.

Lalu, apa penyebab payudara gatal dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Payudara Gatal

Rasa gatal pada payudara bisa disebabkan oleh sejumlah hal, di antaranya:

1. Payudara Membesar

Kehamilan dapat membuat payudara berukuran lebih besar. Akibatnya, kulit di sekitar payudara kamu meregang dan terasa gatal. Formasi sel dan kelenjar ASI selama kehamilan juga berperan menimbulkan rasa gatal pada payudara. 

Selain kehamilan, perubahan hormon saat pubertas juga bisa membuat payudara lebih besar dan terasa gatal.

2. Kulit Kering

Kulit kering di sekitar payudara rentan terasa gatal. Kondisi ini bisa disebabkan oleh kulit yang kurang terhidrasi, penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok, maupun paparan sinar matahari berlebih.  

3. Mastitis

Mastitis atau infeksi payudara sering dikaitkan dengan ibu hamil. Padahal, wanita yang tidak menyusui juga bisa mengalaminya. 

Mastitis bisa menyebabkan payudara terasa nyeri, kemerahan, terasa hangat, dan gatal. 

4. Reaksi Alergi

Reaksi alergi pada kulit dapat menimbulkan gatal, termasuk pada payudara. Penggunaan produk, seperti sabun, detergen pakaian, deodoran, parfum, dan kosmetik bisa jadi penyebabnya. Terkadang reaksi alergi disertai dengan ruam kemerahan pada kulit.

5. Biang Keringat

Kamu bisa mengalami biang keringat akibat mengenakan pakaian yang terlalu ketat dalam kondisi berkeringat. Paparan udara yang panas juga bisa jadi penyebabnya.

Biang keringat bisa bikin payudara kamu terasa gatal. 

6. Pakaian Terlalu Ketat

Penggunaan pakaian ataupun bra yang terlalu ketat dapat mengganggu sirkulasi udara di area payudara. Karenanya, keluhan gatal bisa timbul. 

Area lipatan payudara yang terkena gesekan bra juga bisa mengalami iritasi dan terasa gatal. 

7. Infeksi Jamur

Penggunaan bra yang terlalu ketat dan kurangnya kesadaran untuk menjaga kebersihan payudara bisa bikin area kulit sekitar menjadi lembap. Kondisi ini bisa menyebabkan infeksi jamur yang ditandai dengan timbulnya rasa gatal pada payudara. 

Infeksi jamur juga menyebabkan area lipatan payudara berubah warna menjadi gelap.

8. Menopause

Perubahan hormon selama menopause bisa memengaruhi kelembapan kulit. Akibatnya, kulit menjadi lebih kering dari biasanya. 

Kulit yang kering mudah terasa gatal, terutama pada area lipatan payudara dan bagian lain yang sering bergesekan dengan bra. 

9. Tidak Menjaga Kebersihan

Kebiasaan buruk, seperti jarang mandi, tidak mandi setelah berolahraga, dan jarang mengganti bra atau pakaian bisa jadi pemicu timbulnya rasa gatal pada payudara. 

Cara Mengatasi Payudara yang Terasa Gatal 

Nah, untuk meminimalkan rasa gatal pada payudara akibat sederet faktor di atas, kamu bisa melakukan sejumlah cara. Berikut cara mengatasi payudara terasa gatal yang bisa diterapkan:

  • Pilih bra yang nyaman dan suportif, seperti bra berbahan katun. Hindari renda dan bahan sintetik lainnya
  • Jangan menggaruk bagian kulit yang gatal karena bisa bikin rasa gatal bertambah parah
  • Gunakan sabun yang lembut saat mandi. Setelah mandi, pastikan bagian bawah payudara kering sempurna sebelum memakai bra
  • Minimalkan paparan sinar matahari karena suhu panas dapat menambah rasa gatal
  • Gunakan obat antihistamin dan produk perawatan khusus kulit sensitif jika gatal dipicu oleh reaksi alergi. Hindari produk yang mengandung sodium lauryl sulfate
  • Gatal akibat mastitis ringan bisa diatasi dengan antibiotik sesuai resep dokter

Meski umumnya tidak berbahaya, mengetahui penyebab payudara gatal penting agar kamu bisa menjaga kesehatan dan melakukan deteksi dini, seperti mammogram. 

Apabila rasa gatal tidak mereda setelah pakai obat rumahan, segera periksa ke dokter. Pemeriksaan terutama dilakukan bila rasa gatal pada payudara terasa intens, disertai bengkak, nyeri, dan kemerahan.

Konsultasi seputar masalah kesehatan lainnya juga bisa lewat layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. Tinggal klik, #JagaSehatmu jadi lebih mudah. 

(ADT/JKT)

Penyakit AlergiMastitisBiang Keringat

Konsultasi Dokter Terkait