Sukses

Selain Wortel, Ini Makanan yang Membuat Mata Sehat

Mata sehat adalah dambaan setiap orang. Terkait hal ini, ada beberapa makanan selain wortel yang bisa membuat mata Anda sehat.

Selama ini untuk membuat mata lebih sehat, orang-orang kerap kali mengandalkan wortel saja. Wortel yang mengandung vitamin A dan beta-karoten tinggi, sejak lama memang dipercaya dapat menjaga penglihatan tetap baik. 

Padahal, masih banyak makanan lainnya yang baik untuk daya penglihatan. Apa saja makanan untuk kesehatan mata yang perlu rutin dikonsumsi? 

1 dari 3 halaman

Makanan untuk Kesehatan Mata

Wortel dikenal mengandung vitamin A dan baik untuk kesehatan mata. Tapi ternyata, ada banyak makanan lainnya yang juga sehebat wortel dalam menjaga daya penglihatan Anda. Berikut di antaranya: 

  1. Ikan

Pilihlah ikan berminyak yang kaya omega-3 untuk memelihara kesehatan mata Anda. Contoh ikan yang mengandung omega-3, antara lain tuna, salmon, kembung, sarden, teri, dan haring. 

Artikel Lainnya: 5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Anda

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa minyak ikan dapat membasahi mata yang kering. Mata kering bisa terjadi karena cuaca, konsumsi obat-obatan, kebiasaan terlalu banyak menatap layar komputer, dan lainnya. 

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah salah satu makanan sehat untuk mata yang perlu Anda konsumsi. Sama seperti ikan berlemak, kacang-kacangan juga kaya akan omega-3. 

Selain itu, jenis makanan ini juga mengandung vitamin E tingkat tinggi, yang dapat melindungi mata dari kerusakan terkait usia. Beberapa kacang-kacangan yang baik untuk mata, antara lain kacang kenari, kacang brasil, dan kacang mete.

  1. Biji-bijian

Anda mungkin belum tahu kalau biji-bijian juga tinggi omega-3 sekaligus vitamin E. Kedua zat ini sangat baik untuk menunjang kesehatan mata Anda.

Jenis biji-bijian yang dapat Anda konsumsi, antara lain biji chia, biji rami, dan biji hemp. 

Artikel Lainnya: Cara Menjaga Kesehatan Mata untuk Generasi Milenial

  1. Buah Jeruk

Buah jeruk sangat kaya akan vitamin C. Dan ternyata, vitamin C adalah antioksidan yang direkomendasikan oleh American Optometric Association (AOA) untuk melawan kerusakan mata yang berkaitan dengan usia. 

Karena itu, jadikan buah berwarna oranye ini sebagai makanan untuk menjaga mata Anda. 

  1. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau kaya akan lutein dan zeaxanthin. Selain itu, sayuran hijau merupakan sumber vitamin C yang ramah mata. 

Beberapa contoh sayuran hijau yang bisa Anda pilih, seperti bayam, kubis, sawi, dan kangkung.

  1. Ubi Jalar

Seperti halnya wortel, ubi kaya akan beta-karoten. Ubi jalar juga merupakan sumber antioksidan vitamin E.

  1. Daging Sapi

Daging sapi kaya akan zink. Menurut para ahli, zink dapat membantu menunda hilangnya penglihatan yang berkaitan dengan usia dan degenerasi makula

Organ mata sendiri mengandung kadar zink yang tinggi, terutama di retina dan jaringan pembuluh darah yang mengelilingi retina.

Artikel Lainnya: 5 Kunci agar Mata Selalu Sehat

  1. Telur

Telur merupakan sumber lutein dan zeaxanthin yang sangat baik. Kedua kandungan ini dapat mengurangi risiko kehilangan penglihatan terkait usia. 

Telur juga menyimpan zink, vitamin C, dan vitamin E di dalamnya yang bermanfaat untuk daya penglihatan. 

  1. Air Putih

Cairan yang penting bagi kehidupan ini juga vital bagi kesehatan mata. Mengonsumsi cukup air dapat mencegah dehidrasi, yang pada akhirnya mampu mengurangi gejala mata kering.

2 dari 3 halaman

Cara Melindungi Kesehatan Mata

Selain pola makan, kebiasaan Anda setiap hari juga berpengaruh terhadap kesehatan mata. Salah satu hal yang perlu Anda terapkan untuk menjaga kesehatan mata adalah "rule of 3D" yang terdiri dari distance, duration, direction. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, terlebih ketika menggunakan gawai atau perangkat elektronik lainnya.

  • Distance

Anda harus memperhatikan distance atau jarak antara mata dengan gawai, agar tidak terlalu dekat atau terlalu jauh. Ingat, gawai membuat mata terlalu berusaha untuk tetap fokus dan lebih mudah menimbulkan mata lelah.

  • Duration

Untuk duration, sebaiknya hindari penggunaan gawai lebih dari 2 jam. Berikan mata waktu untuk istirahat sekitar 15 menit dengan melihat jauh.

  • Direction

Selain itu, direction juga merupakan faktor yang penting. Upayakan pandangan mata lurus sejajar dengan gawai. Tidak disarankan menggunakannya sambil tiduran.

Deretan makanan yang telah dipaparkan di atas sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata Anda. Tidak sulit untuk menemukan semua makanan tersebut di sekitar Anda. Jadi, rawatlah mata Anda sebaik mungkin dari kerusakan dengan mengonsumsi makanan-makanan tersebut.

Jika masih memiliki pertanyaan seputar kesehatan mata atau masalah medis lainnya, silakan berkonsultasi dengan dokter melalui Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[FY/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar