Sukses

Kulit Makin Awet Muda dengan Konsumsi Ini

Selain mengandalkan produk perawatan kulit, optimalkan dengan konsumsi makanan ini agar kulit makin tampak awet muda.

Klikdokter.com, Jakarta Melihat mereka yang berusia di atas 40 tahun tapi masih memiliki kulit seperti usia 20-30-an kadang bikin iri. Memang kadang butuh upaya lebih agar kulit senantiasa tampak muda sehat. Banyak wanita yang mengandalkan produk perawatan kulit atau terapi kecantikan agar tampak awet muda. Tak salah, kok! Namun, agar efeknya makin maksimal, menutrisi kulit dari dalam juga sama pentingnya dengan konsumsi jenis makanan yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Produk perawatan kecantikan dan berbagai prosedur estetika untuk mendapatkan kulit awet muda kadang bisa menguras isi kantong. Namun, jangan patah semangat. Makanan di bawah ini bisa membantu Anda mendapatkan kulit yang awet muda.

  • Kimchi

Makanan ini merupakan salah satu rahasia awet muda masyarakat Korea. Kimchi merupakan sayuran (seperti lobak, sawi putih, dan timun) yang difermentasikan. Makanan ini dinilai bermanfaat bagi tubuh karena kaya akan probiotik.

Bicara soal probiotik yang dimiliki kimchi, mungkin Anda berpikir bahwa makanan tersebut hanya baik untuk kesehatan pencernaan. Nyatanya, dilansir dari Reader’s Digest, probiotiknya juga bisa membantu mengurangi efek kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Menurut Anthony Youn, MD, FACS, seorang ahli bedah plastik wajah holistik dan pemilik Youn Plastic Surgery Amerika Serikat, mengonsumsi kimchi dapat membantu penyembuhan kulit, sehingga Anda terhindar dari permasalahan kulit yang membandel.

  • Teh hijau

Dari Jepang, teh hijau yang diminum setiap hari merupakan senjata warganya untuk selalu terlihat awet muda. Tak hanya diminum, beragam produk perawatan kulit pun banyak memanfaatkan teh hijau sebagai bahan dasarnya. Ini karena teh hijau mengandung antioksidan yang sangat tinggi, sehingga bisa menetralkan segala radikal bebas yang bisa merusak kesehatan kulit, membuat kulit jadi tampak kusam dan tua.

Untuk Anda yang sehari-harinya sering terpapar sinar matahari, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi teh hijau 2-3 cangkir setiap hari agar dapat secara maksimal memerangi radikal bebas.

  • Kacang almon

Meski secara tak langsung kacang bisa memicu permasalahan kulit, utamanya munculnya jerawat, tapi ini tidak berlaku pada kacang almon. Kacang almon merupakan salah satu lemak sehat terbaik yang terbukti dapat meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Tak cuma lezat dan cocok untuk dijadikan camilan, kacang almon juga dapat melembapkan kulit, meningkatkan elastisitasnya, serta membantu meregenerasi sel kulit.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  • Dark chocolate

Dark chocolate memang tak sepopuler milk chocolate. Mungkin karena rasanya yang cenderung pahit. Namun, dark chocolate memiliki manfaat lebih karena mengandung antioksidan flavonol. Antioksidan tersebut dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet, sekaligus melawan radikal bebas penyebab penuaan dini. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, pilihlah dark chocolate yang kadar kakaonya lebih dari 60 persen.

  • Kefir

Kefir berasal dari hasil fermentasi susu, terutama susu kambing. Kefir sudah lama terkenal di beberapa negara Eropa dan Asia, tapi makin meluas ke Amerika Serikat karena meningkatnya minat orang-orang dengan probiotik dan kesehatan usus. Tak hanya itu, kefir juga dimanfaatkan untuk perawatan wajah.

Sama seperti susu dan yoghurt, Anda bisa mencampurkan kefir ke dalam smoothie atau sebagai dressing salad. Khususnya untuk wajah, kefir juga banyak diaplikasikan dalam bentuk masker, krim, dan produk perawatan kulit lainnya.

“Probiotik aktif yang dimiliki kefir dapat menstimulasi kulit untuk memproduksi bahan-bahan antipenuaan, seperti kolagen, asam hialuronat, dan antioksidan,” kata dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter. Tak hanya itu, kefir juga mengandung asam amino yang penting untuk hidrasi kulit. “Kulit yang terhidrasi dengan baik akan mengurangi kerutan,” tambahnya.

  • Minyak zaitun

Selain dapat mencegah stroke dan melindungi diri dari penyakit jantung, minyak zaitun juga baik untuk kulit. Minyak zaitun mengandung antioksidan seperti vitamin E dan polifenol, yang mana keduanya dapat mencegah kerusakan kolagen. Kerusakan kolagen ini bisa mengakibatan timbulnya kerutan di kulit. Tak hanya itu, polifenol juga terbukti bekerja dengan baik dengan tabir surya untuk mencegak kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet, serta mencegah kanker kulit.

Itu dia beberapa jenis makanan yang bisa Anda tambahkan ke menu harian agar kulit tampak makin awet muda. Meski hasilnya tidak instan, tapi dengan mengonsumsi makanan di atas dan mengombinasikannya dengan variasi makanan sehat lainnya secara konsisten, perlahan perubahan positif akan Anda rasakan. Tak hanya pada kulit, tapi juga pada tubuh secara keseluruhan.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar