Kesehatan Umum

Tips Memesan Minuman yang Sehat di Kedai Kopi

dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid, 06 Jan 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Perhatikan hal-hal berikut ini supaya minuman yang Anda pesan di kedai kopi mendatangkan manfaat baik untuk kesehatan.

Tips Memesan Minuman yang Sehat di Kedai Kopi

Penikmat kopi semakin meningkat dari waktu ke waktu. Khususnya, bagi anak muda, minum kopi di kedai kopi bukan sekadar kebutuhan semata, melainkan telah menjadi gaya hidup sehari-hari.

Beruntunglah jika Anda adalah penikmat kopi. Sebab kopi telah terbukti memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Berbagai studi mengungkapkan bahwa mengonsumsi kopi 250–700 mililiter sehari dapat menurunkan risiko penyakit hati, beberapa jenis kanker, dan stroke.

Kendati begitu, tak jarang, manfaat sehat tersebut tercemar oleh berbagai zat yang kerap menjadi campuran kopi. Alih-alih menyehatkan, memesan kopi yang tidak tepat malah dapat mendatangkan risiko penyakit, seperti obesitas, diabetes, dan kolesterol tinggi.

Nah, supaya minuman yang Anda pesan di kedai kopi memberikan manfaat baik, berikut tips yang perlu diperhatikan:

1. Kopi hitam pahit, menu paling murah dan sehat

Zat yang sering ”mencederai” manfaat baik kopi adalah gula, krimer dan sirup. Oleh karena itu, cara paling mudah dan murah untuk mendapatkan minuman menyehatkan di kedai kopi adalah dengan memesan kopi hitam pahit tanpa tambahan apa pun.

Anda bisa memesan secangkir kecil espresso shot, secangkir americano panas atau cold brew.

2. Selektif dalam memilih jenis susu

Jika Anda hobi mencampur kopi dengan susu, pilihlah jenis susu yang tepat. Anda wajib menghindari susu kental manis (condensed milk). Jenis campuran tersebut lebih banyak mengandung gula dibandingkan susu. Akan lebih baik jika memilih susu rendah lemak (low-fat milk) atau susu kedelai sebagai campuran kopi yang Anda konsumsi.

3. Gunakan ini sebagai pengganti gula dan sirup

Gula dan sirup merupakan zat yang mutlak dihindari. Sebab, keduanya sama-sama dapat menambah kandungan gula dan kalori pada kopi yang Anda konsumsi. Pemanis buatan pun tak sepenuhnya aman.

Maka, untuk menambah cita rasa pada kopi, sebaiknya Anda mengganti gula atau sirup dengan kayu manis bubuk, almon bubuk, atau madu murni.

4. Hindari whipping cream

Sebagian orang menyukai kopi yang menggunakan whipping cream. Apakah Anda juga? Jika ya, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut.

Sebagai informasi, 50 gram whipping cream mengandung sekitar 130 kalori dan 10 gram lemak. Jadi, bisa dibayangkan jika setumpuk cream menghiasi kopi yang Anda konsumsi, tentu kadar kalori dan lemak yang akan ikut masuk ke dalam tubuh juga akan meningkat.

5. Jika ingin minuman manis, perhatikan aturan ini

Ada kalanya keinginan untuk menyeruput kopi dengan cita rasa yang manis sulit dihindari. Namun, Anda harus bisa mengendalikan keinginan tersebut. Anda sebaiknya hanya memesan minuman yang manis maksimal satu bulan sekali. Dan yang lebih penting, pesanlah dalam ukuran gelas terkecil (sekitar 100 mililiter) saja.

Minuman sehat selain kopi

Jika Anda tak menyukai kopi, masih ada alternatif minuman menyehatkan yang bisa Anda dapatkan di kedai kopi. Salah satunya adalah minuman cokelat. Tak kalah dengan kopi, cokelat pun memiliki manfaat menyehatkan. Studi menemukan bahwa cokelat bisa menurunkan risiko hipertensi dan penyakit jantung koroner.

Supaya minuman cokelat menyehatkan, pesanlah secangkir cokelat hitam (dark chocolate) tanpa pemanis. Untuk menetralisir rasa pahit, Anda bisa mencampurkan susu rendah lemak pada takaran yang disesuaikan.

Selain cokelat, teh hijau juga bisa menjadi alternatif yang aman dan menyehatkan. Teh hijau terbukti mampu menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung koroner. Tak hanya itu, kandungan antioksidan cathechin dalam teh hijau juga bermanfaat untuk meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak.

Memesan secangkir teh hijau hangat bisa jadi ide bagus untuk Anda yang tak suka kopi. Mencampur teh hijau dengan susu soya juga bisa memberikan sensasi rasa yang menarik untuk dicoba.

Jadi, apakah Anda hendak ke kedai kopi hari ini? Jangan lupa untuk memperhatikan dan mempraktikkan tips yang telah disampaikan di atas agar kesehatan tubuh Anda selalu terjaga.

[NB/ RVS]

kafeinTeh hijaucokelatminumankopikedai kopi

Konsultasi Dokter Terkait