Sukses

7 Kebiasaan Jorok yang Mungkin Anda Lakukan

Meski terdengar menjijikkan, faktanya kebiasaan-kebiasaan jorok ini umum dilakukan orang. Apa saja itu?

Klikdokter.com, Jakarta Tidak ada manusia yang sempurna. Faktanya, banyak orang memiliki kebiasaan jorok dan kesenangan yang “berdosa”, meski itu dianggap menjijikkan secara sosial. Mulai dari mengabaikan kebersihan diri sendiri, suka mengupil, mengendus kaus kaki bekas pakai dan lain-lain.

Banyak dari kebiasaan tersebut yang dilakukan tanpa disadari karena sudah sangat biasa dilakukan oleh orang yang bersangkutan. Berikut ini beberapa kebiasaan jorok yang sering dilakukan orang, seperti dikutip dari Reader’s Digest:

  1. Tidak cuci muka sebelum tidur

Berdasarkan penelitian, sebanyak 40,1 persen wanita dan 58,9 persen pria tidur tanpa cuci muka. Bagi Anda yang sering pakai makeup, sebaiknya sisihkan waktu untuk mencuci muka sebelum tidur. Ingat, bekas riasan, debu, dan asap dapat menyumbat pori-pori jika tidak Anda bersihkan. Hal ini kemudian bisa menimbulkan jerawat dan masalah kulit lainnya.

  1. Membaui celana dalam yang telah dipakai

Pernah mencoba membaui celana dalam Anda untuk memastikan mereka masih bisa dipakai ulang? Ternyata, sekitar 31 persen wanita dan 44,3 pria pernah melakukannya, menurut survei terbaru dari Online Doctor yang dilakukan terhadap 1.500 orang Eropa dan Amerika. Saran dari ahli kesehatan: lebih baik ganti celana dalam Anda dengan yang baru meski belum tercium bau tak sedap.

  1. Memecahkan jerawat

Rasanya memang puas jika berhasil memecahkan jerawat. Menurut data, sekitar 93,6 persen wanita dan 91,3 persen pria hobi meletuskan jerawat mereka. Padahal berdasarkan penjelasan medis, kebiasaan jorok ini dapat memicu sejumlah risiko tinggi seperti luka dan infeksi. Daripada dipecahkan, lebih baik tahan dan obati dengan cara yang lebih baik.

  1. Menikmati bau kentut sendiri

Sekitar 94,1 persen wanita dan 92,7 pria mengaku mendapatkan kepuasan dengan mengendus bau kentut mereka sendiri. Tapi ketika orang kentut, Anda pasti akan menutup hidung rapat-rapat. Penjelasan ilmiahnya adalah 1) Orang cenderung menyukai hal yang “familiar” dengan dirinya dan 2) Manusia secara alamiah menghindari bau kentut orang lain untuk melindungi diri dari bahaya – sebuah mekanisme pertahanan biologis.

  1. Mencium tangan setelah menyentuh alat kelamin

Terdengar menjijikkan, tapi ini fakta yang tak terbantahkan. Sekitar 54,2 persen pria Amerika dan 54,8 wanita Amerika memiliki kebiasaan mencium tangan setelah menyentuh alat kelamin sekitar guna memastikan semua baik-baik saja. Banyak yang meyakini bahwa kebiasaan jorok ini dilakukan untuk memastikan kebersihan dan tidak adanya bau yang menyengat.

  1. Mengendus ketiak

Ini adalah kebiasaan jorok yang tak terelakkan. Sebanyak 96 persen wanita dan 93,9 persen pria mengaku sering mencium ketiak mereka sendiri. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah ketiak mereka bau atau tidak. Terkadang kebiasaan jorok ini dapat menolong, sehingga Anda bisa bergegas ke pasar swalayan untuk membeli deodoran atau parfum.

  1. Mengupas kulit mati

Anda tak sendirian. Banyak orang sering mencabut kulit mati atau kering mereka, karena terasa sudah bukan menjadi bagian tubuh. Sebagai antisipasi, biasakan untuk mengolesi kulit Anda dengan pelembap agar kulit lebih segar dan tidak mudah kering.

Kebiasaan jorok manakah yang sering Anda lakukan? Jika Anda merasa kebiasaan jorok itu sudah merugikan kesehatan, cobalah kurangi. Apalagi jika Anda senang memencet jerawat dan mengupas kulit kering, lebih baik periksakan ke dokter. Biarkan dokter ahli yang menanganinya daripada mengatasinya dengan tangan Anda sendiri.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar