Sukses

5 Cara Atasi Perut Kembung Jelang Haid

Tak hanya jerawatan dan emosian, perut kembung juga bisa muncul jelang haid. Jangan makin emosi, ini cara mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Jelang haid, ada beberapa gejala yang umum dialami wanita, seperti timbulnya jerawat, perasaan menjadi sensitif, nyeri payudara, nyeri otot, termasuk perut kembung. Perut kembung ini rasanya bisa seperti berat badan yang bertambah atau perut terasa kencang, bahkan tampak bengkak. Meski bisa hilang dengan sendirinya, tapi tetap saja kondisi ini bisa bikin tak nyaman. Tenang, ada cara untuk mengatasi perut kembung jelang kedatangan tamu bulanan ini.

Penyebab perut kembung muncul saat siklus haid adalah karena “ulah” hormon estrogen dan progesteron yang mengalami fluktuasi, atau saat lapisan rahim menebal. Jika terjadi kehamilan, telur yang sudah dibuahi akan menempel di lapisan rahim yang menebal. Jika tidak terjadi kehamilan, lapisan rahim yang menebal tersebut akan dikeluarkan tubuh, sehingga terjadilah menstruasi.

Penyebab lainnya perut kembung pada siklus menstruasi juga bisa disebabkan oleh gen, tipe vitamin dan mineral yang dikonsumsi, pola makan tinggi garam, serta kafein dan alkohol.

Biasanya, perut kembung dapat muncul sebelum haid dan akan hilang beberapa hari setelah haid berlangsung. Mungkin perut kembung tak bisa dicegah, tapi ada beberapa cara alami dan sederhana untuk mengurangi dan mengatasi keluhan ini.

1. Minum banyak air

Saat perut kembung, banyak minum air mungkin adalah hal terakhir yang ingin Anda lakukan karena takut menambah efek penuh pada perut. Namun, dikutip dari Healthline, minum banyak air khususya jelang haid justru diajurkan. Dengan minum minimal 8 gelas air putih sehari, rasa tak enak pada perut akan mereda dengan sendirinya.

2. Hindari konsumsi kafein dan alkohol

Meski gejala perut kembung yang muncul sebelum haid bisa diredakan dengan mencukupi kebutuhan cairan, tapi jangan masukkan minuman berkafein dan beralkohol ke daftar minuman Anda. Banyak ahli yang percaya bahwa alkohol dan kafein bisa memperparah gejala pramenstruasi alias PMS, termasuk perut kembung.

Jika Anda kesulitan untuk melewatkan secangkir kopi pada pagi atau siang hari, cobalah untuk sementara menggantinya dengan minuman yang mengandung lebih sedikit kopi, seperti teh.

3. Manfaatkan kunyit

Minuman atau jamu yang berbahan dasar kunyit juga bisa menjadi solusi. Menurut dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc, dari KlikDokter, kunyit terbukti bermanfaat untuk kesehatan sistem perncernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, serta menjaga kesehatan organ intim.

Tak hanya itu, selain bisa mengurangi efek lemas, nyeri otot, dan memperlancar menstruasi, kurkumin yang dikandung kunyit juga dipercaya mampu meringankan gejala kembung yang kerap muncul jelang haid.

4. Perhatikan asupan makanan

Untuk meredakan perut kembung sebelum haid, pola makan juga perlu diperhatikan. American Heart Association merekomendasikan para wanita untuk membatasi asupan garam harian tak lebih dari 2.300 mg.

Jika perut kembung melanda, sebaiknya hindari makanan cepat saji yang umumnya tinggi garam. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran. Anda juga bisa mengganti nasi putih dengan oatmeal. Hindari mengonsumsi protein yang didapat dari daging olahan, seperti kornet atau sosis. Lebih baik konsumsi kacang-kacangan untuk mendapatkan asupan protein yang lebih sehat.

5. Berolahraga

Kondisi perut kembung yang tidak nyaman akan semakin terasa mengganggu jika Anda hanya mendiamkannya. Cobalah untuk tetap bergerak aktif secara teratur, misalnya berenang, bersepeda, yoga, atau sekadar berjalan kaki.

Anda juga bisa melakukan beberapa latihan kardio dan latihan membangun otot beberapa kali dalam seminggu untuk mendapatkan kebugaran yang optimal. Olahraga yang dilakukan secara rutin berperan penting untuk mengurangi gejala pramenstruasi, termasuk perut kembung.

Jika kelima cara di atas sudah dilakukan tetapi perut kembung tak juga hilang beberapa hari setelah haid, atau bahkan makin buruk hingga mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, segera konsultasikan ke dokter. Perut kembung yang parah bisa jadi indikasi adanya kondisi medis tertentu.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar