Sukses

Olahraga Saat Haid, Amankah bagi Kesehatan?

Olahraga memang penting, namun amankah jika dilakukan saat sedang haid? Yuk, cari tahu kiatnya agar Anda tak salah langkah.

Klikdokter.com, Jakarta Anda memang dianjurkan untuk berolahraga setidaknya dua sampai tiga kali dalam kurun waktu seminggu. Hal ini perlu dilakukan untuk meningkatkan fungsi tubuh tertentu, membantu membakar lemak bagi yang ingin memperbaiki bentuk tubuh, serta menjaga kesehatan secara keseluruhan. Tapi, bagaimana bila Anda tengah haid?

Banyak wanita yang sengaja tidak berolahraga selama haid atau menstruasi dengan alasan untuk menjaga kelancaran siklus haidnya. Padahal, olahraga saat haid diketahui mampu mengurangi sejumlah keluhan yang biasa dialami wanita saat menstruasi.

Fakta seputar olahraga dan haid

Dilansir dari Healthline, haid adalah periode waktu yang kompleks dari sudut pandang hormonal. Baik progesteron dan estrogen berada pada titik terendah selama seluruh fase siklus menstruasi, sehingga kemudian membuat wanita merasa lelah dan kurang energik.

Namun sebenarnya, haid adalah saat yang tepat untuk mencoba beberapa latihan baru yang sesuai. Sebab, berolahraga di saat haid nyatanya justru memberikan banyak manfaat sebagai berikut:

  1. Mengurangi gejala PMS (Premenstrual syndrome)

Jika Anda mengalami kelelahan dan perubahan suasana hati pada hari-hari menjelang menstruasi dan selama siklus Anda, olahraga aerobik yang teratur dapat mengurangi gejala-gejala ini.

  1. Meningkatkan hormon endorfin

Olahraga dapat meningkatkan hormon endorfin dalam taraf tinggi, sehingga mampu meningkatkan suasana hati dan benar-benar membuat diri merasa lebih baik. Catat, salah satu manfaat utama olahraga selama haid adalah pelepasan endorfin yang baik untuk tubuh.

  1. Memberikan lebih banyak kekuatan

Sebuah studi menemukan bahwa dua minggu pertama dari siklus menstruasi, memungkinkan Anda untuk mengalami peningkatan kekuatan yang lebih besar karena rendahnya tingkat hormon wanita. Inilah waktu yang tepat untuk mengasah fisik lewat olahraga.

  1. Meningkatkan suasana hati

Olahraga mampu meningkatkan suasana hati dan meningkatkan sirkulasi tubuh. Sehingga keluhan kram, sakit kepala, hingga sakit punggung terkait menstruasi pun berkurang.

  1. Mengatasi periode menyakitkan

Jika Anda mengalami menstruasi yang menyakitkan, juga disebut dismenore, Anda tahu betul betapa tidak nyamannya hal tersebut. Berita baiknya, latihan seperti jalan kaki ringan dapat membantu Anda mengatasi gejala ini.

1 dari 2 halaman

Agar tetap aman berolahraga saat haid

Berdasarkan pemaparan dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, Anda yang sedang berada dalam periode haid dapat memilih olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh. Selain joging, cobalah aktivitas seperti aerobik di rumah.

“Latihan aerobik juga bermanfaat saat haid dan juga bagi kesehatan secara umum. Hal ini disebabkan karena aerobik dapat mengoptimalkan kadar oksigen di dalam tubuh,” ujar dr. Vita.

Merasa sulit untuk bergerak saat puncak rasa sakit tiba? Lebih lanjut, dr. Vita menyarankan agar Anda melakukan olahraga yang lebih ringan seperti peregangan. Cara ini bisa Anda lakukan saat mengalami gejala haid yang sangat berat, sehingga tidak dapat melakukan aktivitas olahraga lain.

Lakukan peregangan saat berdiri atau berbaring, dibarengi dengan mengatur napas secara teratur. Setelah melakukan semua hal tersebut, perhatikan pula poin-poin di bawah ini agar olahraga Anda lebih nyaman:

  • Gunakan pakaian yang nyaman dengan ukuran yang tidak terlalu ketat, sehingga Anda dapat mudah bergerak.
  • Pastikan Anda memakai pembalut yang terasa nyaman. Pilih pembalut dengan ukuran panjang untuk menghindari kebocoran saat bergerak.
  • Cukupi asupan air putih saat berolahraga. Asupan air putih yang baik saat olahraga dapat mencegah gangguan dehidrasi yang akan memperparah gejala haid Anda.

Nah, kini Anda telah mengetahui, bahwa berolahraga di saat haid merupakan hal yang baik dan dapat menunjang kesehatan. Jadi, mulai sekarang Anda tak perlu takut untuk memulainya. Yuk, lakukan dari sekarang!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar