Sukses

Kenali Manfaat Wortel untuk Kulit Anda

Tak hanya identik dengan kemampuannya dalam meningkatkan kesehatan mata, wortel juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan kulit Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Sudahkah Anda mengonsumsi wortel hari ini? Ya, wortel merupakan salah satu sayur berwarna jingga yang dikenal mengandung berbagai macam sumber vitamin serta mineral. Saat ini, banyak orang mengenal wortel baik untuk kesehatan mata. Namun ternyata, wortel juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit Anda, lo.

Menurut dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, kandungan dalam wortel juga bisa dikaitkan dengan penurunkan risiko kanker, terutama kanker paru-paru. Beta-karoten yang banyak dimiliki wortel disebut memiliki efek melindungi dari serangan kanker.

Lantas, bagaimana dengan manfaat wortel untuk organ lainnya, terutama kulit?

Segudang khasiat wortel untuk kulit

Wortel mengandung vitamin C yang memiliki sifat penyembuhan, sehingga membantu kulit pulih lebih cepat dari luka luar dan trauma. Vitamin C nyatanya membantu produksi kolagen dalam tubuh, yakni sejenis protein yang sangat penting untuk menjaga elastisitas kulit.

Jangan lupakan pula kandungan beta-karoten dalam wortel. Tak hanya mengatasi kanker, beta-karoten juga melindungi serta mengondisikan kulit agar lebih kebal terhadap sengatan matahari.

Selain itu, wortel juga kaya akan antioksidan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat, Anda bisa membuat masker wajah dengan mencampurkan parutan wortel dan madu, lalu oleskan dengan lembut pada permukaan kulit Anda. Mudah, bukan?

Untuk menghilangkan jerawat, noda dan bekas luka, minum jus wortel adalah pilihan terbaik Anda. Sifat antiinflamasi pada wortel diketahui mampu membantu merevitalisasi serta mengencangkan kulit tubuh Anda.

Jika Anda memiliki riwayat masalah kulit seperti ruam atau psoriasis, menambahkan jus wortel ke dalam daftar diet, dapat meningkatkan penampilan kulit Anda. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa khasiat wortel pada kulit begitu signifikan.

Bagaimana dengan kulit wortel? Jangan salah, bagian ini juga krusial dan tak boleh Anda lewatkan. Kulit wortel bermanfaat dan membantu kulit Anda mempertahankan kelembapannya dengan kandungan kalium yang mumpuni.

Perlu Anda ketahui, kekurangan kalium dapat menyebabkan kulit kering, sehingga kandungan kalium yang tinggi pada wortel akan membuat kulit Anda tetap lembap dan sehat. Cara paling efektif untuk mendapatkan manfaat ini adalah meminum jus wortel.

Pentingnya konsumsi wortel dalam batas wajar

Menurut Hans Fisher, PhD, seorang professor dari Rutgers University, rutin mengonsumsi wortel dapat melindungi Anda dari penyakit mata seperti katarak, rabun dan masalah mata lainnya.

Apalagi, wortel baik untuk kesehatan kulit Anda. Kini, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan perawatan kulit, karena wortel bisa sangat membantu. Campuran vitamin A dan beta-karoten dalam jumlah tinggi membuat kulit terlihat sehat dan cerah.

Jadi, jangan ragu untuk menambahkan lebih banyak wortel ke dalam makanan Anda, ya. Meskipun wortel memiliki beragam manfaat, ingatlah untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Hal ini disampaikan oleh dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter.

“Wortel memang kaya akan vitamin A yang baik untuk mata dan kulit. Namun, jika setiap hari Anda mengonsumsi wortel dalam jumlah banyak, kulit Anda dapat berubah warna menjadi oranye,” jelasnya.

Meski demikian, Anda tak perlu cemas. Warna kulit Anda akan kembali seperti semula setelah mengurangi jumlah wortel yang Anda konsumsi. Untuk menjaga kesehatan kulit, Anda cukup mengonsumsi jus wortel sekali dalam sehari. Dan jangan lupa, tetap imbangi dengan rutin berolahraga agar tubuh senantiasa sehat dan bugar.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar