Sukses

Badan Lemas Usai Liburan, Atasi dengan 5 Cara Ini

Bukannya tumbuh semangat baru, tapi justru badan lemas yang didapat setelah liburan. Cepat atasi dengan cara-cara ini.

Klikdokter.com, Jakarta Konsep dari liburan memang menyenangkan. Namun, kenyataannya libur panjang seperti libur Natal dan Tahun Baru juga bisa menguras pikiran dan tenaga, bikin stres dan badan lemas. Tak heran, banyak orang yang butuh liburan setelah liburan! Ini sering terjadi, lo! Jangan khawatir, badan lemas usai liburan bisa dengan mudah diatasi.

Penyebab kelelahan dan stres pasca liburan bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya aktivitas liburan yang terlalu padat (seperti mengunjungi lima tempat dalam sehari), pemilihan waktu berangkat dan pulang yang kurang tepat (misalnya berangkat dengan penerbangan pertama, atau pulang dengan penerbangan terakhir), masih disibukkan dengan beban kerja saat berlibur, hingga kurang tepat dalam menentukan tempat liburan (misalnya ingin relaks tapi justru Anda pergi mendaki gunung).

Jika Anda mengalami kondisi-kondisi yang disebutkan di atas, bisa jadi Anda tak akan merasakan manfaat liburan untuk kesehatan. Tak hanya badan lemas karena kelelahan, semangat pun bisa menurun. Jangan khawatir, dilansir dari laman Lifehack, cegah dan atasi badan lemas usai liburan dengan cara-cara ini.

  1. Pulang sehari lebih cepat

Baiknya, pesan tiket pulang liburan sehari lebih cepat dari tanggal Anda harus kembali beraktivitas. Ini dapat memberikan tubuh dan pikiran untuk beradaptasi untuk kembali ke rutinitas harian.

Pulang sehari lebih awal juga memungkinkan Anda untuk membongkar isi koper, menyortir oleh-oleh, atau cek email kerja sebelum kembali ngantor. Perencanaan ini memberi Anda ruang untuk “bernapas” dan mengurangi kecemasan dan stres akibat beban kerja yang menanti.

  1. Menikmati setiap detik waktu liburan

Tujuan dari berlibur supaya Anda keluar dari rutinitas harian, relaks, dan menikmati diri. Jadi, saat Anda berlibur ke tujuan yang sudah lama Anda nantikan, nikmati setiap detik momen liburan. Jangan sibuk cek email atau apa pun yang berhubungan dengan pekerjaan. Ingat, liburan adalah relaksasi dan bersenang-senang!

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Tidur cukup

Karena salah satu tujuan dari liburan adalah untuk me-recharge semangat dan energi, jadi jangan menjadwalkan aktivitas yang terlalu padat saat liburan, misalnya mengunjungi lebih dari lima tempat dalam sehari. Memulai aktivitas terlalu pagi, kembali ke hotel bisa lewat tengah malam. Ini sering kali terjadi pada orang-orang yang waktu liburannya terlalu singkat.

Karenanya, hindari membuat jadwal aktivitas liburan yang terlalu padat. Meski sedang liburan, kualitas tidur juga perlu diperhatikan. Jangan sampai begadang tiap malam.

“Istirahat yang cukup dapat mengurangi rasa lelah dan memberikan kesempatan sel-sel tubuh untuk melakukan regenerasi. Milikilah pola tidur yang baik, yakni tidur dan bangun di jam yang sama setiap hari, selama 7-8 jam. Hindari begadang karena akan membuat badan lemas,” kata dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, menambahkan.

  1. Relaksasi bukan berarti Anda jadi malas-malasan

Liburan memang untuk relaksasi, tapi bukan berarti Anda jadi malas-malasan. Tubuh juga butuh aktivitas untuk membantu memerangi stres dan tetap berenergi. Cobalah untuk menyelipkan latihan fisik di sela liburan, sesederhana bersepeda mengelilingi hotel atau lingkungan sekitar Anda menginap, memanfaatkan kolam renang hotel, atau sekadar berjalan-jalan.

  1. Perhatikan pola makan

Meski sedang libur, tapi pola makan sehat tak boleh libur. Boleh saja menikmati makanan mewah, berlemak, tinggi kolesterol, atau minuman beralkohol. Namun, jangan sampai berlebihan. Imbangi dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur.

“Buah dan sayur kaya akan vitamin, mineral, serta antioksidan. Semuanya itu bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh agar Anda tidak mudah sakit. Serat yang tinggi dalam buah dan sayur pun baik untuk pencernaan serta dapat membuat Anda tidak mudah lapar dan lemas,” kata dr. Sepriani.

Semoga tips di atas bisa membantu Anda mencegah dan mengatasi badan lemas dan menurunnya semangat usai liburan. Jangan sampai sepulangnya liburan, Anda justru butuh liburan lagi! Kunci penting agar dapat meraih manfaat liburan yang sebenarnya adalah perencanaan matang, menikmati tiap detiknya tanpa terganggu urusan kerja, tidur cukup, tetap aktif, serta tetap berpijak pada pola makan sehat.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar