Sukses

3 Panduan Resolusi Tahun Baru untuk Keluarga

Kesehatan tak hanya milik Anda sendiri, namun juga seluruh anggota keluarga. Wujudkan lewat 3 resolusi tahun baru ini.

Klikdokter.com, Jakarta Resolusi di tahun baru sebenarnya bukan monopoli satu orang saja di dalam keluarga. Resolusi seharusnya juga dijalankan oleh seluruh anggota keluarga. Perlu diingat  bahwa resolusi bisa disusun dan dilaksanakan dengan sederhana. Menurut dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter, satu hal yang mesti Anda lakukan adalah membangun keyakinan secara kuat dalam menjalankan resolusi Anda.

“Tak perlu bingung, apalagi memikirkan biaya yang harus dikeluarkan. Ini karena sebagian besar tindakan yang menjadi resolusi kesehatan tak melulu mahal. Yang perlu Anda perhatikan adalah komitmen dan konsistensi, agar resolusi kesehatan yang sudah Anda tentukan tak sekadar basa-basi belaka,” ujarnya.

Sekarang, Anda dan seluruh anggota keluarga bisa menyusun resolusi tahun baru dengan panduan seperti yang diuraikan di bawah ini:

1. Resolusi tahun baru untuk anak dan remaja

Resolusi tahun baru bagai anak dan remaja patut diperhatikan dengan saksama. Pasalnya, usia anak hingga remaja adalah masa-masa emas pertumbuhan. Salah satu kegiatan penting yang harus dimasukkan dalam resolusi untuk anak dan remaja adalah aktivitas fisik, seperti berolahraga, atau bermain bersama teman.

Dalam resolusi tersebut asupan nutrisi yang penting bagi kesehatan anak dan remaja juga harus diprioritaskan. Selain itu, anak dan remaja juga harus memiliki resolusi untuk menghindari terlalu banyak mengonsumsi makanan yang manis dan tinggi kalori. Menghindari konsumsi alkohol serta rokok, juga perlu untuk dicanangkan dalam resolusi yang dibuat untuk remaja.

Di masa remaja, perkembangan mental juga patut diperhatikan. Masalah yang terjadi di sekolah perlu dibicarakan dengan orang tua atau guru untuk lebih meringankan beban mentalnya. Hal Ini pun bisa dimasukkan ke dalam resolusi tahun baru bagi remaja, agar perkembangan mentalnya bisa lebih sehat.

2. Resolusi tahun baru khusus orang tua

Sebenarnya, resolusi tahun baru buat orang tua dan usia anak serta remaja sama saja. Namun khusus bagi orang tua, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti kiat mengasuh buah hati hingga memikirkan kesehatan secara lebih mendalam.

Bagi para pria atau ayah, perlu untuk membuat resolusi menghindari kebiasaan merokok serta minum alkohol. Selain itu, perlu juga untuk menjadwalkan pemeriksaan kesehatan secara regular untuk mendeteksi dini penyakit yang mungkin bisa saja datang di kemudian hari.

3. Resolusi tahun baru untuk seluruh anggota keluarga

Kini, saatnya mencatat resolusi tahun baru secara keseluruhan untuk semua anggota keluarga. Mulai terapkan aturan sehat di rumah seperti dilarang mengonsumsi makanan yang tinggi gula dan lemak. Biasakan menyantap hidangan yang dimasak secara langsung, bukan olahan.

Lalu buat pula resolusi untuk memanfaatkan waktu setidaknya 30 menit untuk bermain bersama di luar. Carilah kegiatan yang dapat melatih fisik bersama. Catat semua ativitas yang dilakukan bersama tersebut dan dokumentasikan. Cara ini berguna untuk melakukan evaluasi di akhir tahun. 

Ketiga panduan resolusi di atas sangat berguna jika Anda  terapkan kepada seluruh aggota keluarga. Jadi semuanya bisa merasakan perbedaan yang positif setelah menjalankan resolusi yang dibuat bersama untuk menyambut tahun baru.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar