Sukses

Jus Tomat, Minuman Ampuh Usai Olahraga Berat

Selain air putih, air kelapa, atau minuman isotonik, Anda juga bisa minum jus tomat usai melakukan olahraga berat. Ini alasannya.

Klikdokter.com, Jakarta Berolahraga secara rutin adalah cara untuk menjaga berat badan tetap ideal serta kesehatan secara keseluruhan. Anda direkomendasikan untuk berolahraga minimal dua kali per minggu, paling tidak 30 menit tiap sesinya. Nah, ada yang menganjurkan Anda untuk minum jus tomat usai berolahraga intensitas berat. Kenapa, ya?

Meski direkomendasikan para ahli, tetap saja banyak orang yang tidak menjadikan olahraga sebagai kebiasaan. Salah satu alasannya adalah tak menyukai rasa nyeri dan kelelahan selesai latihan. Tak hanya itu, banyak juga yang komplain tentang rasa sakit setelah berolahraga atau delayed-onset muscle soreness (DOMS). DOMS adalah rasa nyeri dan tidak nyaman yang terjadi setelah melakukan latihan fisik yang tidak biasa dilakukan (intensitas tinggi).

Kaitan antara olahraga dan jus tomat

Jika nyeri dan kelelahan otot ini dapat dikurangi, menurut penelitian, nantinya banyak orang yang akan berkomitmen terhadap olahraga secara rutin. Nah, di sinilah jus tomat dapat membantu.

Dilansir dari Very Well Fit, hasil penelitian klinis menunjukkan bahwa minum jus tomat sebelum berolahraga dapat mengurangi rasa sakit dan kelelahan, dan berpotensi meningkatkan performa atlet.

Tomat dan jus tomat mengandung nutrisi super. Jenis sayuran ini diketahui kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan likopen.

“Makin merah warna tomat, makin pula kandungan likopen di dalamnya. Likopen diperlukan tubuh memerangi radikal bebas,” kata dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter.

“Warna merah tomat juga mencerminkan tingginya kandungan beta karoten. Keduanya memegang peranan kunci dalam menjaga kesehatan jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar likopen dan beta karoten yang rendah pada tubuh dapat meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung di kemudian hari,” lanjutnya.

Likopen juga terbukti dapat meningkatkan performa atletik, sekaligus menaikkan kesehatan dan kebugaran tubuh secara keseluruhan. Minum jus tomat sebelum berolahraga juga dikatakan dapat mengurangi kadar kimia berbahaya akibat dari stres oksidatif (kerusakan pembuluh darah dan organ tubuh akibat gerakan radikal bebas yang labil dan tak terkendali).

Anggap saja likopen sebagai “tim pembersih inflamasi” saat Anda berolahraga. Olahraga yang intensitasnya tinggi dapat meningkatkan level oksigen (stres oksidatif) dan bahan kimia lainnya yang berpotensi merusak jaringan otot, sel, bahkan DNA. Antioksidan- khususnya likopen - telah terbukti dapat mengurangi peradangan akibat reaksi kimia secara signifikan.

Khasiat jus tomat lainnya yang sayang untuk dilewatkan

Selain untuk diminum sebelum olahraga, konsumsi jus tomat secara rutin juga dapat membantu:

  • Melindungi diri dari penyakit jantung. Likopen dapat mengurangi biomarker kimia seperti homosistein, untuk menurunkan risiko penyakit jantung koroner.
  • Melawan kanker. Jus tomat mengandung likopen dan karotenoid lainnya. Kandungan tersebut dapat mengecilkan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara, kanker prostat, dan kanker paru.
  • Meredakan inflamasi. Penelitian menemukan bahwa konsumsi jus tomat paling tidak segelas sehari dapat secara signifikan mengurangi inflamasi atau peradangan akibat kimia. Kesehatan tubuh meningkat, risiko terkena kanker pun berkurang.
  • Detoksifikasi. Jus tomat adalah detoks alami yang dimaksudkan untuk membuang racun berbahaya dari dalam tubuh. Jus tomat juga diperkaya senyawa klorin dan sulfur, yang terbukti dapat meningkatkan organ hati dan fungsi ginjal untuk mengeluarkan racun dari tubuh.
  • Meningkatkan kesehatan mata. Jus tomat beta karoten, lutein, dan zeaxanthin. Ketiga fitonutrien tersebut dapat mempromosikan kesehatan mata, sekaligus menurunkan risiko degenerasi.
  • Meningkatkan kerja saluran cerna. Jus tomat juga terbukti bisa memperbaiki fungsi lever untuk pencernaan yang lebih baik, menstimulasi pergerakan usus besar, serta mempromosikan kesehatan usus.

Jika Anda malas berolahraga karena menghindari rasa nyeri dan ketidaknyamanan pada otot pasca berolahraga, khususnya olahraga intensitas tinggi, jus tomat adalah solusinya. Minum jus tomat sebelum berolahraga bisa membantu Anda mengurangi nyeri usai berolahraga berat. Jangan lupa juga untuk tetap memprioritaskan air putih untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama berolahraga supaya tidak dehidrasi.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar