Sukses

5 Kunci Konsisten Jalankan Resolusi Sehat di Tahun Baru

Anda mungkin selalu membuat resolusi sehat menjelang Tahun Baru. Agar lebih konsisten menjalankannya, lakukan cara-cara berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Sudah memasuki Tahun Baru, bagaimana dengan resolusi sehat Anda? Setiap orang sering membuat resolusi menjelang tahun yang baru, termasuk resolusi sehat. Mungkin Anda juga. Anda ingin lebih rajin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, atau tidur cukup setiap harinya.

Hanya saja, resolusi kerap tinggal resolusi. Tidak ada yang tersisa, termasuk semangat untuk hidup sehat. Semangat itu pun sering gugur, bahkan ketika Januari belum lewat. Namun, Anda tidak harus menjadi salah satu dari orang-orang kebanyakan yang meninggalkan rencana kebugaran begitu gagal menerapkannya di awal tahun.

Anda dapat mengikuti berbagai cara berikut ini, agar tetap konsisten menjalankan resolusi sehat di tahun baru.

1. Pastikan memiliki tujuan yang terukur

Jangan hanya muncul di pusat kebugaran dan berkata, "Saya ingin lebih bugar". Rencana itu tidak jelas dan tidak terukur. Anda juga tidak boleh mengaitkan tujuan Anda dengan sesuatu yang berhubungan dengan fisik, seperti ingin perut six-pack atau lebih berotot.

Menurut Nick Ebner, C.P.T., pelatih pribadi dari New York, Amerika Serikat, lebih memiliki tujuan kinerja yang pasti adalah kunci utama. Jadikan tujuan Anda terukur, seperti pergi ke gym 3 kali seminggu atau pastikan untuk berolahraga selama total 180 menit dalam seminggu.

Semua hal tersebut juga tergantung bagaimana Anda memulainya, Anda mungkin perlu mengubah asupan nutrisi, tidur, dan kebiasaan gaya hidup lain untuk mencapai tujuan ini, tetapi Anda pun juga membutuhkan strategi.

2. Jangan terburu-buru untuk melihat hasilnya

Tiga faktor yang berperan terbesar dalam hasil dari olahraga adalah usia, riwayat olahraga atau pelatihan sebelumnya, dan konsistensi. Jika Anda seorang mantan atlet muda dan sedang berlatih 3-5 kali per minggu, hasilnya dapat ditampilkan dalam 2-4 minggu. Juga, jika Anda lebih muda, hasilnya juga bisa terlihat dengan cepat.

Namun, jika Anda berusia 45 tahun, sebelumnya Anda tidak pernah berolahraga dan memiliki pola makan yang buruk selama 20 tahun terakhir, hasilnya mungkin akan memakan waktu lebih lama. Dengan menjalankan secara konsisten, hasilnya akan datang lebih cepat.

3. Catat setiap kemajuan

Cara lain untuk tetap konsisten adalah mencatat setiap kemajuan dari hasil olahraga rutin Anda. buat jurnal olahraga atau program lain untuk mengetahui apakah yang Anda lakukan berhasil atau tidak. Tempelkan foto perkembangan bentuk tubuh Anda di dinding kamar untuk memotivasi diri agar lebih semangat lagi untuk berolahraga.

4. Efektif dengan latihan berdurasi singkat

Frekuensi berolahraga, makanan yang dikonsumsi, dan tidur cukup sangat memengaruhi hasil olahraga Anda. Anda bisa mendapatkan hasil baik meski durasi olahraga singkat. Anda hanya perlu melakukannya lebih sering.

Di sisi lain, Anda dapat melihat perubahan komposisi tubuh jika Anda memberi makan tubuh dengan asupan yang tepat. Sementara itu, tubuh Anda juga akan berubah ketika Anda kurang tidur. Jadi, jika Anda tidur kurang dari 7-9 jam setiap malam, Anda mungkin tidak akan mendapatkan keuntungan yang optimal dari resolusi sehat tersebut.

5. Cheating day boleh, tapi jangan sering-sering

Bagi Anda yang menjalani diet, Anda pasti pernah melakukan cheating day atau hari dimana Anda keluar dari jalur diet Anda. Cheating day pada dasarnya boleh dilakukan, tapi jika akhirnya membuyarkan diet Anda, lebih baik kurangi. Buat sedikit perubahan dengan mengurangi cheating day, kemudian lihat hasilnya. Jika itu berhasil, lanjutkan.

Anda sudah menyusun daftar resolusi sehat di Tahun Baru? Kelima hal di atas adalah cara jitu agar Anda tetap konsisten dengan resolusi sehat Anda. Jangan sampai resolusi sehat yang sudah disusun tinggal kenangan. Pastikan Anda melakukannya dengan baik, tidak perlu muluk-muluk, lakukan perlahan-lahan saja tapi hasilnya jelas. Misalnya, mulailah dengan joging ringan di sekitar perumahan. Bila sudah terbiasa, Anda dapat menambah jarak sedikit demi sedikit. Selamat mencoba!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar